Berburu Pecel Bunga Kecombrang yang Langka

0
1343
bahan sayur bunga kecombrang
Pecel itu menurut saya makanan asli Indonesia yang simple tapi tetap menimbulkan perpaduan rasa dari sayuran dan sambal kacang. Pokoknya lebih enak dari salad mayonaise. Makanan yang paling enak disajikan dengan mendoan hangat ini ternyata mempunyai ciri khas disetiap daerahnya. Pecel dari Blitar yang ada serundeng kelapa gurih dan rempeyeknya, dari Ponorogo yang dibungkus dengan daun jati, ada juga nasi pecel tumpang Kediri. Pecel yang menjadi tujuan wisata kuliner kali ini adalah pecel kecombrang. Khas Purwokerto, Banyumas. Dari namanya saja sudah terdengar unik dan membuat penasaran ya, bagaimana rasanya nanti silakan hunting sendiri ya.
Gambar tanaman kecombrang.

Bunga kecombrang ini bentuknya agak besar, bisa seukuran genggaman tangan kalau tumbuh subur dan sedang mekar. Bentuk asli tanamannya seperti jahe dan lengkuas. Karena memang masih satu marga. Warnanya merah tapi lebih ke merah muda. Dulu sekali penjual pecel bunga kecombrang ini sering menjajakan jualannya di stasiun Purwokerto, bahkan sampai masuk ke dalam gerbong kereta. Namun seiring perubahan peraturan stasiun yang melarang adanya pedagang asongan, penjual pecel bunga kecombrang pun ikut meredup.

Pengalaman saya mencari keberadaan makanan khas Purwokerto, Banyumas ini sudah jarang menjumpai warung atau rumah makan yang menawarkan menu ini. Mungkin karena semakin langkanya tanaman bunga kecombrang. Di pasar tradisional masih ada simbah – simbah yang setia melestarikan pecel cantik ini. Cantik karena perpaduan warna pink dari bunga kecombrang. Jika beruntung sahabat travelblogid bisa menemukan di sekitar tempat wisata Baturaden.

Pecel kecombrang.
Pecel kecombrang.

Harganya sebagaimana pecel pada umumnya, murah banget. Saya beli hanya menghabiskan sepuluh ribu rupiah saja sudah dengan mendoan hangat atau tempe kemul khas Banyumas. Yang belum tahu apa itu mendoan, jadi mendoan itu adalah irisan tempe tipis yang di celup di adonan tepung dan daun bawang kemudian di goreng. Kalau gorengan tempe biasa itu kecil, nah ini versi jumbonya. Paling nikmat memang disantap hangat – hangat dengan pecel. Dengan sambal kecap juga enak.

Bahan sayur bunga kecombrang yang sudah dikukus.
Bahan sayur bunga kecombrang yang sudah dikukus.

Dari segi rasa, sahabat travelblogid bisa menebak dari campuran sayur rebusnya. Seperti pada gambar di atas, ada kecipir, kacang panjang, kangkung, tauge, mentimun, dan yang paling utama irisan kelopak bunga kecombrang. Bagi yang baru pertama kali menikmati sajian pecel ini mungkin rasanya agak sedikit aneh di lidah. Ditambah aroma rempah dari bunga kecombrangnya yang sangat kuat. Tapi justru itu sensasi yang dicari saat hunting kuliner daerah kan ya. Menu baru, rasa yang asing di lidah dan pastinya berkesan. Rasa bumbu kacangnya disini tidak sepedas pecel Bledek Nganjuk, sehingga cocok untuk lidah semua orang. Selamat mencoba kuliner yang satu ini ya sahabat travel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.