Berburu Oleh-Oleh Khas Ciwidey, Kabupaten Bandung

1
284
Kaus Bertuliskan Ciwidey.

Bandung memang memiliki banyak destinasi wisata yang favorit untuk dikunjungi, termasuk Ciwidey. Ciwidey terletak cukup jauh dari Kota Bandung, tepatnya di Bandung Selatan. Untuk itu, Ciwidey memiliki tipe oleh-oleh yang khas dan tidak bisa ditemui di daerah lain. Berikut ini adalah beberapa jenis oleh-oleh yang bisa kalian beli dan bawa pulang untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

Olahan Belerang
Sabun belerang.

Olahan belerang ini hanya bisa kalian temukan di tempat wisata Kawah Putih Ciwidey. Belerang itu dikelola oleh pengelola wisata menjadi beragam bentuk sehingga bisa dibawa pulang. Belerang itu dijadikan lotion, krim, bubuk, atau sabun. Bubuk belerang umumnya digunakan untuk masker. Kalian bisa menambah air dan mengaduknya sehingga bisa dijadikan masker saat malam hari. Bubuk ini dipercaya bisa membantu mengurangi masalah kulit seperti jerawat, kutil, atau penyakit lainnya. Bahkan, bubuk ini bisa membantu menghilangkan sel kulit mati.

Kopi Ciwidey
Kopi Ciwidey.

Kopi khas Ciwidey ini cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kopi ini memang khas karena memilik rasa fruity sehingga pernah menjadi kopi termahal saat acara pelelangan kopi di Amerika Serikat. Harga jualnya saja bisa mencapai Rp 2.000.000 per kilogram. Cukup mahal bukan?

Stroberi
Stroberi dan Makanan Olahan dari Stroberi.

Nah, karena Ciwidey daerah pegunungan, ada buah khas pegunungan yang cocok juga untuk dibawa pulang, yaitu stroberi. Tak hanya dijual di kedai-kedai pinggir jalan, stroberi ini juga dijual oleh banyak penjaja yang langsung menawarkan ke wisatawan yang sedang berjalan kaki atau duduk-duduk di pelataran parkir. Jika kalian tidak menyukai stroberi dalam bentuk buah segar, kalian bisa membeli makanan dari olahan stroberi seperti selai, permen jelly, hingga kerupuk stroberi.

Keripik Teh
Keripik Teh.

Keripik khas dari Ciwidey ini memang unik. Pasalnya, bahannya terbuat dari daun teh. Inovasi ini datang dari Perkebunan Teh Gambung Mekarsari, Bandung. Daun teh ini ditumbuk kemudian dicampur dengan tepung. Jadi, saat dimakan, sensasi gurih dari keripik semakin nikmat dan bikin ketagihan karena bergabung dengan sensasi aromah teh yang kuat. Daun teh yang dijadikan keripik ini dipilih dari bagian tengah pohon, daun yang pertumbuhannya sedang, tidak terlalu tua atau tidak terlalu muda (pada pucuknya).

Kalua Jeruk
Kalua Jeruk.

Kalua jeruk banyak ditemukan di semua sudut Ciwidey. Banyak toko menjual kalua jeruk ini. Oleh-oleh ini sudah populer sejak awal tahun 1990-an. Rasanya manis karena ini termasuk jenis manisan. Bahannya adalah gula dan kulit jeruk. Kulit jeruk yang pahit diubah menjadi makanan yang legit dan enak disantap. Bahkan, manisan kulit jeruk ini bisa mengurangi limbah sampah kulit jeruk yang umumnya dibuang oleh masyarakat.

Kalua jeruk ini termasuk makanan khas Ciwidey yang disukai oleh Bung Karno. Kalua jeruk ini dikenal luas berkat Eneh Sutinah. Bu Eneh adalah orang pertama yang membuat kalua jeruk. Tahun 1925, Bu Eneh mendirikan warung yang menjual kalua jeruk di rumahnya. Awalnya, Bu Ene hanya membuat kalua untuk camilan pribadi di rumah, tapi banyak orang berdatangan ke rumah Bu Eneh untuk membeli kalua jeruk ini. Akhirnya, resep pembuatan kalua jeruk ini diturunkan ke anak cucunya untuk terus dilanjutkan.

Kaus
Kaus Bertuliskan Ciwidey.

Oleh-oleh jenis ini diperuntukkan bagi kalian yang tidak menyukai membawa oleh-oleh berupa makanan. Sayangnya, harganya sangat mahal. Namun, jika harga cukup terjangkau buat pembeli, kalian bisa membawanya pulang untuk koleksi. Umumnya, kaos ini hanya disablon dengan tulisan Ciwidey Bandung atau gambar bangunan bersejarah di Ciwidey. Harga dibedakan berdasarkan jenis bahan kaus yang digunakan. Semakin berkualitas bahan kausnya, semakin mahal harga kaus yang dijual.

Kerajinan dari Rajut
Tas dan Dompet dari Rajut.

Selain kaus, oleh-oleh lainnya yang menarik untuk diberikan ke teman dan keluarga adalah kerajinan tangan dari benang rajut. Ada tas dan dompet dengan berbagai ukuran yang dijual. Perpaduan warna dan bentuknya pun sangat menarik. Untuk harga, tidak perlu khawatir, tas dan dompet rajut ini dijual dengan harga relatif terjangkau

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.