Berburu Matahari Terbit di Bukit Panguk Kediwung

0
110
Semakin siang matahari semakin naik
Semakin siang matahari semakin naik

Berburu matahari terbit di Yogyakarta akan banyak dikaitkan dengan wisata Kebun Buah Mangunan yang berada di Imogiri. Latar pemandangan perbukitan yang hijau dan kabut yang tebal menjadi ciri khas dari Kebun Buah Mangunan. Jadi, jika musim liburan dan akhir pekan Kebun Buah Mangunan akan banyak dikunjungi wisatawan. Lokasi wisata yang terlalu ramai terkadang membuat sebagian orang tidak nyaman dan tidak puas untuk berfoto. Oleh karena itu, destinasi Bukit Panguk Kediwung dapat menjadi solusi untuk menikmati matahari terbit dan berfoto dengan latar pemandangan kabut.

Bukit Panguk Kediwung sendiri masih berada satu kawasan dengan Kebun Buah Mangunan. Destinasi ini menawarkan spot matahari terbit karena lokasinya yang tepat menghadap ke timur dengan pemandangan kabut tebal serta hijaunya perbukitan. Yang paling terpenting adalah tidak terlalu ramai sehingga bisa puas berfoto dan menikmati tempat wisata ini.

Banyak tempat duduk yang disediakan untuk menikmati matahari terbit
Banyak tempat duduk yang disediakan untuk menikmati matahari terbit

Informasi Wisata

Bukit Panguk Kediwung berlokasi di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Dari pusat Kota Yogyakarta dapat ditempuh kurang lebih 30 sampai 45 menit. Akses jalan menuju Bukit Pangguk Kediwung sudah bagus dan dapat dilalui dengan sepeda motor maupun mobil. Untuk menuju lokasi ini bisa mengikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Imogiri dan Kebun Buah Mangunan.

Harga tiket masuk untuk satu orang sekitar Rp 2.500 dan Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor sedangkan parkir mobil Rp 5.000. Waktu yang paling pas untuk berkunjung ke Panguk Kediwung adalah saat pagi hari untuk berburu matahari terbit. Fasilitas yang ada di wisata ini yaitu parkir mobil dan motor yang cukup luas, musala, kamar mandi yang jumlahnya banyak, warung-warung makan dan spot foto yang menarik. Selesai mengunjungi Bukit Panguk Kediwung, Anda bisa mengunjungi tempat wisata lain yang masih satu kawasan dengan lokasi ini. Tempat wisata terdekat lainnya yaitu Kebun Buah Mangunan, Jurang Tembelan, hutan pinus, rumah hobbit dan masih banyak lagi.

Spot foto favorit
Spot foto favorit

Menanti Matahari Terbit

Panguk Kediwung akan ramai dikunjungi saat pagi hari untuk menanti matahari terbit. Jika datang dari pusat Kota Yogyakarta Anda harus berangkat lebih pagi agar tidak telat melihat matahari terbit. Dibutuhkan perjuangan untuk berangkat dari pusat Kota Yogyakarta di pagi hari karena masih gelap, udara yang dingin serta jalanan yang naik-turun. Akan tetapi perjuangan tersebut tidak akan sia-sia karena indahnya matahari terbit berbarengan dengan kabut tebal dan hijaunya perbukitan. Semakin siang kabut ini akan hilang dan matahari semakin naik. Sembari menunggu matahari terbit kita juga dapat menikmati minuman hangat di warung yang berada di dalam wisata ini. Untuk dapat menikmati matahari terbit kita juga bisa duduk di bangku maupun ayunan yang banyak tersedia di lokasi ini. Jika ingin menikmati matahari terbit pastikan cuaca dalam keadaan tidak sedang hujan ya.

Berfoto di spot-spot foto
Berfoto di spot-spot foto

Berburu Spot Foto

Selain berburu matahari terbit, Panguk Kediwung juga menjadi tempat untuk beruburu foto. Di sini terdapat banyak spot foto dengan latar pemandangan kabut dan perbukitan. Untuk dapat berfoto di masing-masing spot dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 3.000 untuk satu orangnya. Tenang saja akan ada tukang foto yang bersedia mengarahkan gaya dan memfoto pengunjung yang datang. Beberapa spot foto yang menarik di Panguk Kediwung antara lain: spot foto kereta kuda, spot foto kupu-kupu, perahu kertas istana langit, kolam renang berbentuk hati dan masih banyak spot foto unik lainnya. Semua spot foto memiliki latar pemandangan bukit yang hijau dan kabut yang tebal.

Selesai berfoto dan menikmati matahari terbit sempatkan untuk mencicipi kuliner di warung yang ada di dalam lokasi ya harganya sangat ramah di kantong kok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.