Berburu Kuliner Sunda di Pasar Cihapit Bandung

0
409
Warung Mak Eha tampak ramai.

Siapa yang gak ngiler kalau mendengar kuliner Bandung? Mulai dari bakso aci, batagor, kue balok, cuanki, sampai mie kocoknya? Banyak banget kuliner khas kota kembang yang bisa Travelovers cicipi entah itu makanan berat atau kudapannya. Nah, kalo saya sih paling suka jajanan-jajajan yang ada di Bandung karena beragam dan seperti menemukan sesuatu yang baru aja gitu. Tapi kalo versi saya sih bukan jajanan kekinian seperti apa yang ada sekarang ya, tapi jajanan tradisional.

Dimana tuh tempat buat berburu jajanan tradisional Bandung?

Pasar!

Yes, pasar.

Kalau Travelovers terbiasa kulineran di kedai-kedai ataupun tempat yang udah kekinian, plis, cobain blusukan ke pasar seperti saya. Kali ini saya menemukan banyak jajanan di salah satu pasar di tengah Kota Bandung yaitu Pasar Cihapit. Selain jajanan, ada makanan apa aja sih?

Kue Balok Cihapit

Kue Balok Cihapit.

Sekarang udah marak banget nih kue balok dengan topping-topping kekinian seperti green tea, taro, ataupun yang lain. Tapi di area samping Pasar Cihapit, Travelovers akan menemukan kue balok tradisional yang hanya tersedia dua rasa yaitu original dan kismis dengan harga 2000 rupiah per bijinya. Yang jelas rasanya bener-bener otentik kue balok khas Bandung.

Surabi Cihapit

Gak jauh dari di penjual kue balok, tepat di pertigaan Pasar Cihapit ada penjual serabi yang saat itu cukup ramai. Digadang-gadang kedai ini sudah ada sejak 1991 loh, jadi salah satu kedai legendaris di Bandung nih. Saya rekomendasikan Travelovers untuk mencicipi serabi oncomnya. Harga serabi mulai dari 5000 rupiah sampai 12.000 rupiah saja, bisa makan di tempat atupun bungkus.

Gorengan Cihapit.

Aneka Gorengan

Di area depan Pasar Cihapit, Travelovers akan menemukan surganya jajanan gorengan. Mulai dari cakwe dan odading anget, ataupun gehu pedas dan pisang cokelat. Gorengan-gorengan tersebut harganya cuma 1000 rupiah perbijinya. Pilihan gorengan lainnya juga masih banyak kok seperti jamur goreng ataupun lumpia. Silahkan borong untuk camilan!

Bandros Cowboy

Lokasinya masih di area depan Pasar Cihapit, ada pedagang bandros bertajuk Bandros Cowboy Cihapit. Bandros sendiri adalah kudapan khas bandung dengan cita rasa gurih dengan rasa dominan kelapa. Tapi, Bandros Cowboy ini selain menjual yang original plus mentega juga menjual dengan padu-padan rasa masa kini seperti green tea, oreo, ovomaltine, silverqueen, dan lain sebagainya. Harganya mulai 8000 rupiah sampai 40.000 rupiah ya!

Warkop Cihapit di dalam Pasar Cihapit.

Tongkrongan Bergaya Kekinian di dalam Pasar Cihapit

Setelah berburu jajanan di depan ataupun samping Pasar Cihapit, bawa saja ke area dalam pasar karena ada dua tempat yang cocok buat nongki. Keren kan di dalam pasar ada tempat tongkrongan? Pastinya pasarnya bersih jadi nongkrong tetep nyaman. Ada Warkop Cihapit dan juga tempat ngeteh yaitu Akasa Bookstore yang menawarkan aneka ragam teh dari penjuru Nusantara.

Menyantap Kuliner Legendaris di Warung Bu Eha

Di pojokan pasar terdapat satu warung legendaris yang menarik hati. Pasalnya pasar ini sangat ramai pengunjung. Setelah saya telisik ternyata warung ini sudah ada sejak 1947. Menu-menu yang ditawarkan adalah kuliner khas sunda seperti perkedel, urap, kakap, dan lainnya dengan sistem makan prasmanan. Mak Eha sendiri masih aktif melayani pelanggan hingga saat ini. Fakta unik dari Mak Eha sendiri adalah beliau dulunya merupakan juru masak tentara pada masa Agresi Militer Belanda II sehingga sudah gak diragukan lagi kelezatan masakannya. Bahkan warung legendaris Mak Eha ini juga dulunya merupakan langganan dari istri Presiden Soekarno Ibu Inggit. Menunya beragam banget dengan harga mulai 6.000 sampai 30.000 rupiah saja.

Selamat kulineran!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.