Berburu Barang Jadul di Pasar Barang Antik Kota Lama Semarang

0
286
Televisi jaman dulu yang keren juga ya kalau dilihat hari gini.

Semarang menjadi salah satu kota dengan segala eksotismenya. Beberapa kali ke Semarang yang selalu ngangenin adalah Kota Lama. Ulasan dan kisah tentang Kota Lama ini memang spesial banget. Yang pernah datang ke Kota Lama, pasti ingin datang lagi dan lagi.

Eh, tahukah Kamu di Kota Lama ada hal lain yang bisa dikepoin juga? Nggak hanya bangunan kuno dan artistiknya saja. Bagi Kamu yang suka dengan barang antik, Kota Lama menyimpan beragam masa lalu. Nah, lho, ada yang koleksi barang jaman dulu hingga mengingatkan kita dengan mbah ataupun kakek nenek?

Namanya saja, barang antik, barang jaman dulu banget yang susah-susah gampang gitu kalau mau nyari lagi. Di Kota Lama, ada tempat khusus untuk menjual benda dan barang antik ini. Namanya Pasar Barang Antik Kota Lama Semarang. Benda jadul dan kuno seperti itu bisa Kamu temui di sini. Hem, apa saja ya?

Sebelum ubek-ubek benda-benda jadul, jangan sampai keliru tempatnya ya! Kota Lama terletak di kawasan Kota Lama Semarang. Pasar barang antik ini tepatnya ada dalam Galeri Industri Kreatif di Gedung Perusahaan Perdagangan Indonesia. Kalau Kamu tahunya Gereja Blenduk, nah, pasar ini tepat berada di belakang gereja.

Mau cari barang jadul apa saja ada lho. Termasuk setrika jadul, panci hingga pisau, lengkap.

Sebelumnya pasar barang antik ini berada di samping Taman Srigunting. Akhirnya mulai dipindah sekitar Mei 2019. Menyusuri pasar yang penuh dengan barang jadul memang istiwewa banget. Walaupun aku bukan kolektor barang antik, tapi melihat dan mengamati secara detail barang yang dijual sangatlah menyenangkan.

Memasauki pintu depan, kamu bakal disuguhi beragam bentuk televisi jaman dulu kala lengkap dengan tabungnya yang besar. Ada pula yang memiliki wadah berupa meja besar. Jangan heran kalau beratnya wow banget. Ada yang kecil, ada pula yang sedang dan besar.

Beragam area musik jaman dulu juga ada, hihihi. Sebelum ada Youtube ataupun MP3, terlebih dulu ada beragam kaset berpita. Mau cari kaset jaman tahun 80-an hingga 90-an? Harus pintar memilih ya guys. Kasetnya penyanyi tenar seperti Nike Ardilla, Euis Darliah, hingga Tommy J. Pisa, Obbie Messakh dan lagu-lagu barat yang hits juga ada.

Nyetelnya pakai apa? Jangan khawatir, ada recorder untuk membuat kaset ini bisa bunyi. Aneka bentuk tape recorder dan radio jadul juga lengkap. Poster-poster penyanyi keren masa lalu kulihat ada beberapa yang unik sekali.

Buku dan poster lama ada banget. Tinggal pilih deh.

Ada juga majalah dan buku-buku kuno, komik serta stiker yang mengingatan masa lalu. Banyak keramik mungil untuk hiasan ruang tamu. Tahu model kaca jaman dulu tidak? Nah, di sini juga ada lho!

Mungkin  buat yang lahir di era millennial tidak mengalami yang namanya setrika arang. Adanya sekarang ini setrika listrik. Tinggal dicolok, ditunggu sebentar langsung bisa digunakan. Jaman dulu yang namanya setrika arang harus menyusun arangnya dulu, membuat api di arang jadi bara api, setelah aman baru bisa digunakan. Setrika jadul ini bisa diangkut juga kalau mau.

Banyaknya barang yang tersedia memungkinkan kamu untuk bisa memilih dan memilah mana yang disukai. Beberapa pengunjung yang merupakan kolektor barang antik pasti suka banget berada di sini karena ada banyak barang antik yang bisa dipilih. Lampu zaman kuno serta beberapa aksesoris yang jadul banget bikin kita tidak bisa tak meliriknya.

Lukisan, kruistik, beragam pahatan, gelas, cangkir, piring hingga barang pecah belah ada juga. Pokoknya tinggal pintar memilih dah harganya pun bervariasi. Pokonya kamu tidak akan bosan di pasar barang antik ini. Kalau ke Kota Lama, tak afdol rasanya kalau tidak mampir ke pasar penyedia barang jadul ini. Tidak akan bosan deh, swear…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.