Bendungan Sampean Baru: Wisata Instagramable di Bondowoso

0
301
Wisata Instagramable di Bondowoso

Bendungan dibangun untuk menahan laju air, meski begitu bendungan juga bisa menjadi tempat wisata. Seperti Bendungan Sampean Baru di Bondowoso. Terletak di Kecamatan Tapen, kamu butuh sekitar 45 menit dari pusat kota Bondowoso ke arah Situbondo untuk tiba di bendungan yang dibangun pada tahun 1979.

Meski bendungan yang memiliki tinggi 26 meter, panjang 670 meter, dan lebar 4 meter ini sudah ada cukup lama, tapi baru beberapa tahun terakhir ini menjadi populer sebagai destinasi wisata foto. Apa lagi kalau bukan berkat unggahan yang ada di Instagram. Beberapa kali melihat foto yang menawarkan pemandangan cantik berlatar bendungan ini, saat libur lebaran kemarin akhirnya aku pun minta diajak berkunjung ke Bendungan Sampean Baru.

Teriknya sinar mentari tidak mampu mengalahkan semangatku untuk berkunjung ke Bendungan Sampean Baru. Ketika acara silaturahmi ke beberapa sanak keluarga selesai dan belum beranjak siang, aku pun sontak mengatakan keinginan untuk main ke Bendungan Baru. Untungnya bapak mertuaku berbaik hati mau mengantarkan. Jadilah hari itu, dua motor berangkat ke arah timur. Aku dan suami, bapak mertua dan adik iparku.

Tantangan Menuju Bendungan

Hampir sekitar 45 menit sebelum akhirnya aku tiba di area parkir Bendungan Sampean Baru. Untung saja kondisi jalanan cukup baik, termasuk ketika sudah berbelok keluar dari jalan utama Bondowoso – Situbondo. Cukup nyaman, kecuali karena faktor cuaca.

Tempat parkir kendaraan agak sedikit jauh dari bendungan. Mungkin kalau tidak panas terik sebenarnya cukup asik. Bisa sambil foto di beberapa titik. Oh iya, untuk masuk ke Bendungan Sampean Baru ini tidak dipungut biaya masuk per orang, hanya biaya parkir sebesar Rp 3.000 per motor.

Melawan terik matahari hingga akhirnya aku tiba juga di bendungan. Mataku pun berbinar-binar. Enggak salah bila ada yang bilang kalau Bendungan Sampean Baru menawarkan pemandangan yang indah. Selain menawarkan pemandangan yang indah, bendungan ini memiliki konstruksi beton yang tertata rapi dan didesain dengan megah sehingga tampak instagramable. Hmmm ini adalah surganya para penyuka berfoto. Apalagi katanya bendungan ini buka 24 jam.

Bendungan Sampean Baru Kecamatan Tapen Bondowoso Jawa Timur

Harus aku akui, ternyata untuk bisa mendapatkan foto cantik di bendungan ini tidaklah mudah. Pertama kamu harus turun dulu ke bawah. Ketika musim hujan mungkin harus lebih hati-hati karena licin, mengingat tidak ada anak tangga. Seolah belum cukup sport jantung, kamu juga harus berani loncat-loncat di antara batu-batu yang ada. Karena tentunya hasil foto yang menarik diambil dari tengah waduk dan memperlihatkan keindahan waduk.

Menurutku waktu terbaik untuk berkunjung ke Bendungan Sampean Baru adalah sore hari kala senja siap menyapa. Bayangkan berfoto dengan lata belakang megahnya bendungan sambil ditambah semburat jingga. Sepertinya itu akan jadi foto yang sangat cantik untuk diunggah ke media sosial, seperti contohnya Instagram.

Wisata Instagramable di Bondowoso.

Bila ingin berkunjung ke Bendungan Sampean Baru, tak ada salahnya kamu menyiapkan bekal minuman dan cemilan dari rumah. Mengingat tidak ada yang berjualan di dalam sana, atau karena aku berkunjung masih dalam rangka hari raya, ya. Satu-satunya warung yang berhasil aku temukan berada di sekitar pos penjagaan yang juga merupakan tempat parkir kendaraan. Tapi jangan lupa, untuk selalu membuang sampah pada tempat sampah yang sudah disedikan ya. Piknik memang wajib, demi kesehatan jiwa, tapi menjaga kebersihan sudah tentu lebih penting lagi.

Kalian ada yang sudah pernah ke Bendungan Sampean Baru?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.