Belanja Suvenir Murah Meriah di Central Market Malaysia

0
188
Pintu Gerbang Central Market.

Sepertinya, budaya memberi oleh-oleh buat kerabat, sahabat, dan teman dekat telah mengakar dalam masyarakat Indonesia. Sayangnya, bagi orang-orang dengan budget terbatas, budaya ini menjadi masalah. Untuk itu, saya mau berbagi tips dan tempat belanja yang murah meriah untuk berburu oleh-oleh khas Malaysia di Kuala Lumpur.

Di pusat Kuala Lumpur, dekat dengan Masjid Jamek dan Dataran Merdeka, ada tempat belanja yang murah dan ramah wisatawan backpacker yang berkantong tipis tapi ingin membeli oleh-oleh untuk dirinya sendiri dan keluarga sebagai kenang-kenangan. Tempat belanja itu bernama Central Market. Meskipun ada embel-embel market di belakang namanya, tempat belanja satu ini bukan pasar tradisional. Central Market terletak di sebuah bangunan yang cukup besar, luas, mewah, dan ada AC sehingga tidak perlu khawatir kepanasan saat belanja.

Bahkan, di Central Market ini, semua toko menyajikan barang-barang dengan sangat rapi. Banyaknya pengunjung tidak membuat suasana di dalam sana padat dan berdesak-desakkan. Semua pengunjung tetap aman dan nyaman. Namun, sebaiknya, kalian harus berhati-hati dengan meletakkan tas kalian di depan perut. Berhati-hati di keramaian itu sifatnya wajib karena belum tentu kalian akan aman 100% dari tindak kejahatan. Apalagi jika kalian ada di luar negeri dan membawa tas yang berisi paspor.

Lorong yang Penuh Kekayaan Budaya.

Central Market sejak dulu hingga sekarang masih dikenal sebagai pasar seni. Pusat belanja di Kuala Lumpur ini dibangun oleh Yap Ah Loy tahun 1888. Awalnya, pasar ini digunakan untuk berjual-beli kebutuhan sehari-hari seperti lauk-pauk, sayur-mayur, dan barang lainnya. Bangunan ini pun bentuknya dipertahankan dan mengalami perbaikan sehingga menjadi pusat budaya, seni, dan kerajinan tangan Malaysia. Maka, kalian jangan heran jika di sana banyak dijual kerajinan tangan dan seni berupa patung, tas, lukisan, dan pernak-pernik seni dari kayu atau anyaman.

Kekayaan seni di dalam bangunan ini begitu menonjol dan khas tiap lorongnya. Ada Lorong Melayu, lorong Cina, dan lorong India. Di tempat belanja ini, semuanya berpadu sangat harmonis. Barang-barang yang dijual pun sangat bervariasi. Tak hanya ada barang seni, tapi juga pakaian, makanan, camilan, dan alat kesehatan. Untuk harga, kalian bisa menawar di sini, tapi jangan terlalu rendah ya menawarnya!

Jika kalian ingin mencari oleh-oleh makanan berupa coklat dan lainnya, kalian bisa berburu di lantai dasar. Di situ banyak terjual cokelat dan camilan lain khas Malaysia. Kalian pun bisa sekalian memilih suvenir bagus-bagus seperti gantungan kunci, magnet kulkas, kotak pensil, dan sandal khas Malaysia. Bahkan kalian pun bisa menemukan gantungan kunci dan magnet kulkas bernuansa negara tetangga lain seperti Singapura dan Thailand. Jika merasa lapar, kalian bisa naik ke lantai paling atas. Di sana ada kantin untuk kalian bisa menikmati segarnya teh tarik selepas belanja.

Kerajinan yang Dijual.

Jika kalian penyuka parfum, bisa juga singgah di Central Market untuk mencari aroma parfum kesukaan kalian. Parfum yang dijual seperti orchid parfume juga ada. Kalian pun bisa membeli virgin coconut oil. Ada toko yang menjual dengan harga terjangkau. Bahkan teman saya sengaja membeli koper di sini karena harganya lebih murah daripada di Indonesia. Selain itu, oleh-oleh yang harus kami bawa pulang ternyata jumlahnya berlebihan sehingga harus menambah satu koper untuk menampung oleh-oleh kami bertiga.

Nah, pastikan kalian tidak lupa untuk mengambil foto di depan bangunan pasar seni ini. Di bagian depan, ada tulisan Central Market berukuran besar. Gerbang pintu masuk yang berwarna biru juga menambah keindahan bangunan pasar ini. Jadi, ambillah foto untuk kenang-kenangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.