Belalang Goreng, Kuliner Ekstrim Khas Gunung Kidul

0
522
Belalang Goreng Khas Gunung Kidul.

Mungkin awalnya kalian akan bergidik geli melihat penampakan belalang goreng ini. Terlebih setelah digoreng, penampakannya akan terlihat mirip dengan kecoa. Tapi tenang, jangan merinding dulu, yaa. Cobalah cicipi satu terlebih dahulu, saya yakin pasti ketagihan. Sebab, rasanya gurih dan renyah seperti udang.

Saya pun demikian, awalnya geli melihat penampakan belalang goreng ini. “Belalang, kok , dimakan?” pikir saya. Tapi siapa sangka, setelah mencoba satu, saya pun mulai ketagihan hingga tak terasa belalang di depan mata nyaris habis.

Kalau bisa sedikit saya gambarkan, rasanya itu gurih dan renyah. Saat pertama kali masuk ke dalam mulut ada sensasi yang menggelitik seperti memakan udang goreng tanpa dikupas kulitnya, lalu saat dikunyah itu crispy sekali. Benar-benar memiliki cita rasa yang khas dan tentunya bikin ketagihan.

Tidak hanya itu, selain rasanya gurih dan lezat, belalang goreng juga memiliki kandungan protein yang tinggi, bahkan kandungan proteinnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam atau daging sapi. Pakar ilmu gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Profesor Ahmad Sulaiman, menyatakan bahwa belalang merupakan hewan yang memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti, protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral. Namun, apabila kalian memiliki alergi terhadap makanan berprotein tinggi, maka mencicipi belalang goreng akan menyebabkan gatal-gatal pada kulit atau mulut.

Belalang Kayu Goreng.

Karena memiliki kandungan protein yang tinggi, belalang goreng memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Diantaranya, yaitu:

Mencegah penuaan dini.

Tingginya kandungan protein pada belalang goreng mampu membantu proses regenerasi sel dalam tubuh sehingga dapat menghambat proses penuaan.

Mencerdaskan otak anak.

Salah satu makanan yang berperan dalam membentuk kecerdasan anak adalah makanan yang kaya akan protein. Tentunya belalang goreng ini juga cocok dikonsumsi anak-anak agar kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan nutrisi pada belalang dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka, terutama luka yang disebabkan oleh sengatan hewan. Nutrisi yang terdapat pada belalang ini akan menetralisir racun di dalam tubuh sehingga dapat menghambat penyakit yang lebih serius.

Olahan Belalang Goreng.

Ada dua jenis belalang yang biasanya diolah oleh warga setempat, yakni belalang kayu dan belalang padi. Belalang kayu berukuran besar dan hidup di dahan pohon jati atau semak-semak sementara belalang padi berukuran kecil dan hidup di daun padi.

Oleh para petani, belalang dianggap sebagai hama tanaman yang dapat membuat padi gagal tumbuh sehingga petani mengalami gagal panen. Oleh karena itu, petani memanfaatkan hama tanaman ini untuk diolah menjadi panganan lezat dan bergizi tinggi.

Belalang Padi Goreng.

Proses pengolahan belalang goreng juga cukup sederhana. Cukup rendam belalang ke dalam air mendidih, lalu bersihkan bulu-bulu dan juga sayapnya. Setelah itu, rendam belalang bersih ke dalam bumbu racikan. Bumbu racikan yang digunakan pun sangat sederhana dan tanpa bahan pengawet, yaitu hanya garam, bawang putih dan penyedap rasa saja. selanjutnya belalang siap di goreng. Mudah, kan?

Meski tanpa menggunakan pengawet, olahan belalang goreng ini bisa bertahan selama kurang lebih satu bulan. Oleh karena itu, panganan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk saudara, tetangga, ataupun sahabat tercinta.

Penjual belalang goreng ini dapat dijumpai di sepanjang jalan menuju tempat-tempat wisata di Gunung Kidul, seperti di sepanjang Jl. Paliyan dan Semanu. Belalang goreng dijual dengan harga Rp. 35.000 per toples, dengan tiga varian rasa, yakni pedas, manis dan gurih.

Lucunya, ada pula yang dijual dalam keadaan masih hidup. Dalam hal ini belalang dijual secara rencengan. Harganya bervariasi tergantung jumlah belalang dalam satu renceng. Untuk belalang dengan jumlah 50 ekor dalam satu renceng, harganya sekitar Rp. 20.000-an.

Jadi, apakah kalian berani mencoba?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.