Belajar Tari Bersama Maestro Tari Gandrung, Mbok Temuk Misti

0
317
Sanggar Sopo Ngiro Milik Mbok Temuk.

Sudah pernah dengar Tari Gandrung? Tarian dari Banyuwangi ini mulai kondang ketika ada event Gandrung Sewu yang kini rutin dilaksanakan setiap tahunnya di Pantai Boom Banyuwangi. Penasaran akan detailnya tarian ini, saya langsung menuju Desa Kemiren, Kecamatan Glagah Banyuwangi untuk berkunjung ke Sanggar Tari Sopo Ngiro milik Mbok Temuk Misti.

Saya bertamu seusai maghrib ke kediaman beliau, tampak Mbok Temuk sangat ramah dalam menyambut tamu, saya dipersilahkan duduk dan dihidangkan segelas teh panas. Kami berbincang sedikit banyak tentang perjalanan beliau yang awalnya sejak umur satu tahun sudah sakit-sakitan dengan nama kecil Misti, lalu beliau dibawa ke tabib setempat bernama Tiah untuk disembuhkan. Ketika berobat dianjurkan untuk mengganti nama menjadi Temuk, dan Bu Tiah berkata bahwa Mbok Temuk ini nantinya akan menjadi penari gandrung kawakan. Singkat cerita, setelah berganti nama dari Misti menjadi Temuk, penyakit yang diderita hilang seketika dan ketika beranjak dewasa, beliau benar-benar menjadi penari gandrung.

Tari Gandrung sendiri merupakan tarian tanpa gerakan yang paten, atau biasa disebut dengan tayub di daerah-daerah lain. Bahkan dulunya, gandrung hanya dilakukan oleh penari laki-laki saja, namun seiring perkembangan zaman kini penari gandrung adalah perempuan.

Mbok Temuk dan Penghargaan Beliau.

Setelah menggandrung sejak umur 15 tahun, Mbok Temuk semakin dikenal dan sampai sekarang masih menari. Hanya saja sudah tidak semalam suntuk seperti dulu, “Selagi bisa, saya pasti akan iyakan tawaran untuk menari”, begitu ujar Mbok Temuk. Prestasi beliau sudah tidak main-main lagi, ketika saya telisik ke ruang tengah rumahnya terdapat banyak sertifikat penghargaan termasuk penampilan beliau yang sampai ke Frankfut, Jerman. Keahlian Mbok Temuk dalam hal kesenian sendiri bukan hanya melalui tari, namun beliau juga bisa menjadi seorang sinden.

Pada tahun 2015 silam, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan memiliki program “Belajar Bersama Maestro”. Terdapat sepuluh maestro berbagai tari nusantara, dan Mbok Temuk sendiri ditunjuk sebagai Maestro Gandrung untuk mengajari 15 pelajar yang terpilih.

Nah, dari sinilah Mbok Temuk menyulap halaman rumahnya sebagai Sanggar Tari dalam misi kebudayaan tersebut dan lahirlah Sanggar Sopo Ngiro. Sopo ngiro sendiri dalam bahasa jawa artinya siapa yang mengira, “Yaa.. siapa yang ngira mbak kalau saya akan punya sanggar seperti ini?”, ujarnya sambil tersenyum. Ketika program “Belajar Bersama Maestro” itu berakhir sanggar ini masih tetap ada.

Mbok Temuk Mengajari Tari Gandrung Kepada Anak-Anak.

Setelah banyak mengobrol kesana-kemari, saya pamit dan untuk kembali pada keesokan harinya, karena setiap hari Minggu Mbok Temuk melatih anak-anak sekitar untuk menari gandrung di sanggar miliknya.

Saya datang pukul 09:00 dan area sanggar sudah ramai suara anak-anak bersenda gurau, mereka sangat menyambut kehadiran saya di sana, dan mengajari saya bagaimana memakai sampur yang benar. Selain memotret, saya juga sempat mencoba mengikuti anak-anak ini menari tentunya dibina juga dengan sang maestro gandrung. Ternyata lumayan susah dan anak-anak ini sudah sangat lincah, mereka juga sangat antusias untuk belajar tari gandrung.

Dengan rutin mengajarkan tari ini kepada anak-anak dan pemuda, kini Mbok Temuk memiliki beberapa penerus untuk menari gandrung salah satunya Ayu pemudi asli Desa Kemiren, Banyuwangi. Untuk tari gandrung, era sekarang ini sudah ada gerakan patennya sehingga bisa diajarkan dengan cara menghafal, tidak gerakan bebas mengikuti gending seperti dahulu.

Kini Mbok Temuk kadang-kadang masih menari apabila raganya masih kuat, namun lebih banyak diserahkan kepada penerusnya dan Mbok Temuk sebagai sindennya. Pengalaman yang sangat beharga bisa berbincang dan belajar tari gandrung langsung dengan maestronya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.