Belajar Ekowisata dan Konservasi di CMC Tiga Warna Malang Yuk!

0
467
Pantai Gatra CMC tigawarna.

Saat ini berwisata ke pantai memang menjadi daya tarik masyarakat apalagi bagi para anak muda, semuanya berbondong–bondong ke pantai salah satunya untuk menikmati panorama senja. Berbicara wisata pantai tentunya destinasi yang dapat menjadi rekomendasi adalah wisata pantai di Malang lebih tepatnya daerah Malang Selatan yang masuk ke dalam Kabupaten Malang. Di Malang selatan ini berjejer rapi pantai dengan ciri uniknya masing-masing. Untuk masalah keindahan tidak perlu diragukan, tentunya tidak kalah dengan pantai yang ada di Bali.

Salah satu wisata pantai yang unik dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi ialah Clungup Mangrove Conservation. Dimana di dalam kawasan Clungup Mangrove Conservation ini ada beberapa pantai yang dapat dikunjungi yaitu pantai clungup, pantai gatra, pantai mini, pantai batu pecah, pantai tiga warna dan beberapa pantai lagi tapi saya lupa namanya hehe. Clungup Mangrove Conservation ini berada di bawah pengelolaan Yayasan Bakti Alam. Berbeda dari beberapa pantai lainnya kawasan wisata ini berbasis konservasi, untuk berkunjungnya pun teman-teman harus reservasi terlebih dahulu fungsinya untuk pembatasan pengunjung yang merupakan salah satu upaya untuk melindungi ekosistem yang ada agar tidak mengalami tekanan berlebih. Nah jika teman-teman tertarik berkunjung teman-teman dapat pergi ke daerah Malang Selatan. Lokasi pantai ini terletak di Desa Sumbermanjing Wetan, tepatnya sebelum pelabuhan perikanan pantai pondokdadap Sendang biru. Untuk lebih mudah teman-teman dapat menggunakan aplikasi maps.

Sistem reservasi ini berlaku berlaku ketika teman-teman akan berkunjung ke Pantai Tiga Warna karena disana terdapat ekosistem terumbu karang. Biasanya pengunjung melakukan snorkeling di Pantai Tiga Warna. Untuk sistem reservasi ini teman-teman akan ditemani oleh seorang guide. Satu rombongan dikenakan biaya Rp. 100.000, nah untuk lebih jelasnya seperti apa temen-temen dapat menghubungi pihak pengelola atau mengunjungi media sosialnya di @cmctigawarna.

Pantai Gatra CMC tigawarna.

Jika teman-teman ingin berkunjung ke Pantai Clungup dan Pantai Gatra saja, kalian tidak perlu reservasi terlebih dahulu karena sistem reservasi hanya berlaku untuk kunjungan ke Pantai Tiga Warna. Biaya masuk ke Pantai Clungup dan Gatra sekitar Rp. 10.000 belum biaya parkir. Karena pantai ini berbasis konservasi, di pos 2 teman-teman akan di cek barang bawaannya dan di daftar mana saja barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah. Konsekuensinya setelah di list teman-teman tidak boleh membuang barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah tadi sembarangan di dalam kompleks wisata karena sudah ada datanya atau jika tidak teman-teman akan dikenakan sanksi. Untuk peraturan lebih legkapnya seperti apa akan dijelaskan saat teman-teman berada di pos 2.

Bagaimana tertarik belajar konservasi sambil berwisata? Kawasan wisata ini sangat cocok sekali menjadi rekomendasi. Oh iya sebaiknya kalian juga menerapkan hal yang sama yaitu tidak membuang sampah sembarangan ketika berkunjung ke tempat wisata lain ya guys.

Bermain kano di pantai Gatra CMC tigawarna.

Oke lanjut ke wisata apa aja yang bisa dinikmati yaa. Di Pantai Clungup selain menikmati panorama air pantai kalian dapat mengenal berbagai macam tumbuhan mangrove yang tumbuh di sekitar pantai karena ada papan namanya. Nah jika di Pantai Gatra kalian bisa menikmati indahnya air pantai yang biru sembari bermain kano karena juga disediakan jasa penyewaan kano. Tidak perlu khawatir tenggelam karena juga disediakan pelampung dan diawasi oleh penjaga pantai.

Tidak hanya itu katanya akhir-akhir ini juga ada wahana tambahan yaitu banana boat, nah temen-temen bisa langsung cek sendiri aja yah karena waktu saya ke sana masih belum ada. Buat yang suka camping, Pantai Gatra juga memperbolehkan bagi yang ingin camping. Kalian bisa membawa tenda sendiri atau menyewa jika persediaan masih ada. Untuk masalah fasilitas umum, pantai ini sudah sangat lengkap mulai dari toilet umum , mushola dan tempat makan.

Oh iya setiap hari kamis kawasan wisata berbasis konservasi ini melakukan tutup kunjungan fungsinya untuk pemulihan ekosistem. Jadi buat temen-temen yang ingin berkunjung bisa pantengin terus sosial medianya terkait info lebih lanjut di @cmctigawarna.

Salam konservasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.