Belajar Budaya Betawi di Kampung Betawi Setu Babakan

0
371
Kuliner khas betawi seperti kerak telor tentunya nggak boleh ketinggalan dong untuk dicicipi.

Bosen main ke mall terus di Jakarta? Apalagi di jalanan semakin menjadi-jadi saja macetnya, yang tentunya polusi di Jakarta ini sudah tidak dapat terhindarkan. Kalau begitu, kira-kira menghabiskan akhir pekan untuk relaksasi ke mana, ya?

Untuk yang ingin mencoba wisata edukasi atau wisata budaya yang murah meriah dan aman di kantong, rekomendasi tempat satu ini bisa jadi alternatif one day trip untuk para pembaca. Ke mana lagi kalau bukan menyusuri kawasan budaya Kampung Betawi Setu Babakan yang berada di sudut ibukota dan jauh dari hiruk-pikuk kebisingan perkotaan.

Tempat ini sangat cocok untuk yang kangen banget sama angin sepoi-sepoi Jakarta. Selain relaksasi dari hectic-nya ibukota, kawasan Wisata Budaya Kampung Betawi ini juga akan memperkaya pengetahuan para pengunjungnya mengenai kebudayaan khas Jakarta yang tidak lain tidak bukan adalah betawi.

Kampung Betawi ini berada di perbatasan antara Jakarta Selatan dan Kota Depok, yakni di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kawasan wisata budaya ini juga ditumbuhkembangkan dengan kultur yang sangat khas Jakarta.

Apa saja kira-kira yang dapat dijumpai di kawasan ini? Kalian akan mendapatkan informasi seputar kesenian, adat istiadat, kuliner, pakaian, serta arsitektur khas Betawi.

Kawasan ini memiliki potensi lingkungan alam asri dan sangat menarik yang sulit dijumpai di tengah kebisingan kota Jakarta saat ini. Terdapat dua buah setu (danau) di dalam perkampungan betawi ini, yaitu Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong yang lengkap dikelilingi hijau dan rindangnya pohon-pohon khas betawi seperti kecapi, rambutan, dan lain sebagainya. Terbayang sepoi angin yang akan memanjakan pengunjung.

Kawasan Kampung Budaya Betawi ini memiliki daya tarik yang luar biasa, selain sebagai kawasan yang kental akan nuansa betawi di tengah hiruk-pikuk kota metropolitan, di kawasan ini pun menyuguhkan beberapa wisata yang dapat dinikmati para pengunjung.

Pertama, pengunjung dapat menikmati wisata air yang disuguhkan di kawasan ini di Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sekitar kawasan kampung betawi sambil menaiki getek, perahu kecil, dan juga sepeda air yang berbentuk seperti bebek.

Pagelaran Seni Tari menjadi agenda rutin setiap akhir pekan di kawasan Kampung Betawi Setu Babakan.

Lalu wisata budaya, para pengunjung yang datang dapat menemui serangkaian kegiatan yang dikemas dan ditampilkan di kawasan ini, tepatnya di sebuah arena teater terbuka. Serangkaian penampilan ini juga langsung ditampilkan oleh masyarakat betawi di sekitar kawasan ini, seperti pagelaran seni musik, seni tari, atraksi wisata, prosesi budaya upacara pernikahan, injak tanah, dan prosesi budaya khas betawi lainnya. Agenda kegiatan rutin ini biasa diadakan setiap akhir pekan, yakni hiburan Pagelaran Kesenian Reguler. Pagelaran ini akan dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu.

Kemudian yang tidak kalah menariknya, pengunjung juga dapat mempelajari seni membatik, seni teater tradisional, silat khas betawi, bahkan pengunjung pun dapat menyaksikan aktivitas masyarakat betawi secara langsung seperti bercocok tanam, budidaya ikan, memancing, membuat home industri seperti bir pletok, kerak telor, laksa, dan lain sebagainya sebagaimana masyarakat betawi lakukan setiap harinya.

Wisata budaya juga menampilkan pakaian adat masyarakat khas betawi.

Tidak ketinggalan, di kawasan ini juga lengkap banget nih, dengan wisata agronya. Di kawasan kampung betawi ini memiliki lokasi perkebunan yang berada di pelataran halaman rumah-rumah penduduk. Menariknya, bila musim buah datang tentu saja ranumnya buah-buahan khas Betawi yang sudah jarang ditemui di pasar tradisional ini sangat menggiurkan dan pengunjung juga dapat mencoba buah-buahannya, lho.

Untuk pembaca yang ingin berkunjung, kawasan ini dibuka pukul 09:00–17:00 dan tidak ada biaya masuknya. Cukup dengan membayar parkir saja, yaitu Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil kalian sudah dapat mengunjungi kawasan rekreasi edukasi yang sangat kebetawian ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.