Beberapa Hal Asyik yang Bisa Dilakukan di Museum Bajra Sandhi, Denpasar

0
595
Berfoto di sekitar taman dan bangunan museum.

Pulau Bali menyimpan banyak monumen perjuangan yang mengisahkan tentang sejarah bangsa. Salah satunya adalah Monumen Bajra Sandhi yang terletak di Kota Denpasar. Meski bangunan ini menyimpan cerita sejarah bangsa, bukan berarti berkunjung ke monumen ini akan menjadi perjalanan yang menjemukan. Saya sendiri berkunjung ke sini bersama rombongan sekolah tempat Saya mengajar. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi monumen yang diresmikan tahun 2003 tersebut. Apa saja kegiatan itu?

Menikmati Aneka Jajanan di Sekitar Lapangan Renon.
Lapangan Renon Denpasar Bali.

Monumen Bajra Sandhi terletak di tengah-tengah Lapangan Renon, Kota Denpasar. Di sekeliling lapangan ini, ada banyak pedagang yang menjajakan dagangannya. Mulai dari es hingga berbagai makanan khas Bali. Beberapa diantaranya adalah bubur sagu dan bubur sumsum. Nah, sebelum masuk ke lokasi monumen, berwisata kuliner dan menikmati hidangan di pinggir lapangan juga bisa dilakukan. Menyeruput es doger yang segar bisa menjadi teman di tengah cuaca Kota Denpasar yang panas.

Berfoto di Depan Bangunan Monumen Bajra Sandi.

Tak lengkap datang ke monumen ini tanpa berfoto di depan monumen. Jika membawa ponsel atau kamera pribadi, maka kita bisa memotret bangunan monumen hingga puncaknya. Namun, apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, berfoto dengan menggunakan jasa tukang foto yang ada di sekeliling Lapangan Renon bisa jadi pilihan. Harga satu buah foto cetak untuk ukuran kecil adalah Rp5.000,-. Sedangkan untuk ukuran besar, satu buah foto dihargai Rp15.000,-. Harga ini termasuk pula pigura kertas sebagai pemanis foto.

Taman-taman di Halaman Monumen juga Bisa Menjadi Kenangan.
Taman yang cantik dengan aneka bunga.

Keunikan dari Monumen Bajra Sandhi adalah adanya taman yang cukup luas di bagian halaman. Saya terkesima dengan penataan taman yang ditata sedemikian rupa dengan aneka Bunga Kamboja, Bunga Melati, tanaman pohon seperti Palem yang kental akan nuansa kerajaan. Berfoto di sekitar taman, membuat video, hingga membuat momen istimewa seperti prewedding juga bisa dilakukan. Suasana teduh dan nyaman akan membuat Saya betah. Namun, saat melakukan kegiatan ini, harap tetap berhati-hati dengan anak tangga yang kadang tak terlihat di sekitar taman.

Belajar Sejarah Melalui Diorama Jadi Lebih Menarik.
Diorama masa Kerajaan Bali.

Tujuan utama pengunjung datang ke museum ini adalah untuk melihat linimasa perjuangan rakyat Bali. Tidak dipungkiri, Bali telah menjadi salah satu tenpat di Indonesia yang gigih dalam merebut dan mempertahankan wilayah Indonesia. Sejak zaman prasejarah, masyarakat Bali telah terbentuk. Linimasa perjuangan itu dengan apik digambarkan melalui diorama yang terdapat pada lantai 2.

Salah satu diorama yang cukup menarik perhatian saya adalah diorama mengenai Perang Puputan. Perang ini sendiri merupakan perang antara rakyat Bali menghadapi Belanda. Penggambaran suasana Perang Puputan tampak sangat nyata. Bangunan yang rusak, rakyat dan tentara kompeni yang berguguran sangat apik digambarkan sehingga dapat dijadikan pelajaran bahwa usaha untuk meraih kemerdekaan sangatlah sulit.

Menikmati Kota Denpasar dari Puncak Monumen.
Lapangan Renon Denpasar Bali

Satu hal yang menjadi khas dari monumen ini adalah adanya bangian puncak yang disebut Utamaning Mandala. Pada bagian ini, kita bisa melihat lansekap Kota Denpasar dari ketinggian. Gambaran Kota Denpasar sebagai kota metropolitan Bali akan terhampar dengan jelas. Bangunan modern yang berpadu dengan khazanah bangunan lokal seperti pura dan bentar menjadi warna tersendiri. Hamparan perbukitan yang indah menjadi pelengkap dari perpaduan unik itu. Mengambil momen perpaduan dua unsur berbeda tersebut juga bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Nah itulah beberapa hal yang bisa dilakukan di Monumen Bajra Sandhi Denpasar. Jadi, liburan ke Bali tak melulu ke wisata alam namun juga bisa ke wisata sejarah dengan masih bisa menikmati alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.