Bayar Rp 5000 Saja Bisa Jelajahi Tanjung Inspirasi Karoso Ndaya Seharian!

0
141
Perahu penyebrangan ke Tanjung Karaso Ndaya.

Objek wisata Tanjung Inspirasi Karoso Ndaya  terletak di Desa Sausu Tambu, Kecamatan Sausu. Tempat tersebut menjadi wisata alam mangrove yang paling hits di ujung selatan Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Meski belum setahun dibuka, objek wisata ini sudah mampu menarik ratusan pengunjung, khususnya setiap akhir pekan. Akses yang mudah, pengelolaan yang baik, dan keindahan alamnya yang luar biasa menjadi beberapa alasan mengapa Tanjung Inspirasi Karoso Ndaya menjadi tujuan wisata paling ramai dikunjungi diakhir pekan.

Tanjung Inspirasi Karoso Ndaya hanya berjarak 52 km dari ibukota Kabupaten Parigi Moutong atau sekitar 2 km dari Jalan Trans Sulawesi menuju arah pantai. Akses jalannya  mudah dan penduduk sekitarnya pun ramah. Mereka juga mengerti konsep bagaimana cara menjual sektor wisata yang ada di  desa tersebut.

gazebo di sepanjang pantai tanjung Karoso Ndaya.

Pemerintah desa menyiapkan area parkir bagi para pengunjung. Untuk motor, biaya parkir  seharga Rp 2000, sedangkan untuk mobil seharga Rp 5000. Tenang saja, kendaraan Anda akan aman dijaga oleh pemuda desa setempat. Jarak daratan dengan Tanjung Inspirasi Karoso Ndaya sangat dekat. Cukup naik perahu sekitar 5 menit dengan membayar Rp 5000 per orang saja, Anda akan bisa sampai ke lokasi. Biaya sewa itu sudah termasuk biaya antar jemput lho! Murah meriah, bukan?

Ada tiga unit perahu yang disiapkan oleh pemerintah desa, dua perahu besar dan satu perahu berukuran sedang. Semuanya bersih dan terawat. Penumpang bahkan diajak mengelilingi hutan mangrove dengan perahu  sewaktu rute kembali ke darat.

Luas lahan yang dikelolah sekitar lima hektar. Di dalamnya banyak pohon jenis mangrove yang menjadikan tempat tersebut sangat sejuk. Oh ya, di sini juga ada enam unit cottage sederhana yang disiapkan lengkap dengan MCK. Setiap Jum’at, warga desa dari tiap dusun bergiliran untuk datang membersihkan. Tak heran jika tempat ini sangat bersih dan nyaman.  Sangat cocok juga untuk dijadikan camping ground. Luas dan banyak pepohonan. Yang paling penting keamananya terjamin.

Tempat duduk bagi para pengunjung di tengah hutan mangrove Tanjung Karaso Ndaya.

Di lokasi seluas lima hektar ini, ada puluhan spot foto yang instagramable. Mulai dari berlatar birunya laut lepas, gunung-gunung landai, hutan mangrove yang lebat, juga beberapa spot foto buatan yang digemari generasi kekinian. Contohnya dermaga berbentuk love atau hati, gerbang warna-warni menuju labirin buatan untuk memasuki hutan mangrove, dan tempat nongkrong di dalam lokasi hutan. Di sini  juga disiapkan spot mancing lho! Jadi, bagi yang punya hobi mancing bisa sekalian mencoba spot tersebut. Terbilang lengkap, bukan?

Kalau perut mulai lapar, ada beberapa penjual makan dan minuman ringan. Ada juga rumah makan yang menyediakan ikan segar. Selain itu, penangkaran kepiting bakau yang dikelolah oleh pemerintah desa juga menawarkan hidangan kepiting. Anda tidak perlu khawatir, harganya sama dengan dagangan yang dijual di luar area objek wisata alias tidak akan merobek kantong.

Hutan Mangrove di Tanjung Inspirasi Karoso Ndaya.

Bosan berkeliling hutan mangrove? Anda bisa langsung nyebur ke laut. Airnya jernih berpasir putih dengan ombak-ombak kecil yang bersahabat. Anda bisa berenang-renang sepuasnya tanpa dipungut biaya tambahan. Meski siang hari, masih akan terasa sejuk karena Tanjung Inspirasi Karoso Ndaya ini dikelilingi banyak pepohonan yang rimbun. Pokoknya Anda akan betah berlama-lama di sana. Tenang saja, setelah berenang sepuasnya jika ingin membersihkan diri menggunakan air biasa, Anda tinggal menghubungi pengelolahnya. Mereka ada di lokasi selama 24 jam untuk membantu pengunjung yang membutuhkan.

Bila ingin menginap dan membawa tenda sendiri, Anda tidak akan kesulitan mencari lokasi untuk mendirikan tenda. Lokasinya cukup luas bahkan bisa menampung 100 tenda. Selagi berkemah, Anda bisa sekalian merasakan sensasi hangatnya siraman mentari pagi di Tanjung Inspirasi Karoso Ndaya. Dijamin Anda tidak akan keberatan untuk kembali lagi ke sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.