Batu Dua Wisata Dirgantara Kabupaten Sumedang

0
2315
Tugu Batu dua
Tugu Batu dua.

“Kota leutik camperenik
Najan leutik tapi resik
Ngaliwat Cadas Pangeran
Mmmh, kota Sumedang

…”

Begitulah lirik pada lagu yang berjudul Sumedang Karya Doel Sumbang, Sumedang kota leutik camperenik ini bila diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Sumedang Kota kecil yang menarik, walaupun lagu ini merupakan lagu yang sudah lama tapi masih relevan dengan keadaan Kabupaten Sumedang saat ini karena Sumedang Kota kecil yang menarik tentunya banyak ketertarikan di Kabupaten Sumedang diantaranya adalah keindahan alam di Sumedang yang membuat anda penasaran jika tidak mengunjungi Sumedang.

Salah satunya adalah tempat wisata Batu Dua Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu, Objek wisata Batu Dua ini merupakan salah satu objek wisata hits di Sumedang, kenapa tidak? Disini merupakan objek wisata dirgantara di kabupaten Sumedang, dalam hal olahraga dirgantara disini tempat kegiatan paralayang mulai dari tingkat nasional hingga internasional.

Tugu Batu dua
Tugu Batu Dua dan Jalan Menuju Puncak.

Di Objek wisata Batu Dua ini pernah diselenggarakan kegiatan PON (Pekan Olahraga Nasional) selain itu juga kegiatan Pra Piala dunia Paralayang pernah diselenggarakan disini, Bukit dengan ketinggian 930 mdpl ini selain digunakan untuk olahraga paralayang juga tentu memiliki pemandangan yang indah, melihat hamparan waduk Jatigede dari ketinggian dan Pemandangan Sumedang yang indah memang menjadi unggulan disini. Kondisi seperti ini membuat objek wisata disini menjadi diminati untuk berfoto diatas ketinggian dengan latar hamparan luas Waduk Jatigede.

Tugu Batu dua
Jalan menuju Lokasi.

Objek Wisata Batu dua ini memiliki akses yang mudah dengan  jalan dengan kondisi bagus, memang dulu jalan disini jelek tapi sekarang bagi anda yang akan ke objek wisata Batu dua ini tidak perlu khawatir karena jalan yang bagus, mungkin hal ini karena disini pernah diadakan event nasional hingga internasional baik akses maupun fasilitas juga lengkap. Mulai dari warung hingga gazebo tempat berkumpul terseda disini. Tapi tetap bagi anda yang pertama kesini diharap berhati-hati karena jalan yang menanjak saat memasuki lokasi. Tiket masuknya pun terbilang murah terakhir kali saya kensana hanya perlu membayar Rp. 5.000.

Tugu Batu dua
Bukit Kemiri (objek wisata dekat Batu dua).

Akses menuju lokasi mudah karena dari jalan raya Situraja-Wado apabila anda berasal dari daerah Sumedang kota atau Bandung, akses jalan menuju lokasi ada disebelah kiri, jangan khawatir karena ada plang yang menunjukan lokasi menuju Objek Wisata Batu dua ini atau bisa bertanya warga sekitar apabila anda sudah memasuki wilayah kecamatan Cisitu karena dari sana lokasinya lumayan tidak jauh atau bisa juga gunakan google maps, bagi anda yang naik angkutan umum bisa turun di pangkalan ojeg Kasongambang untuk menuju atas (Lokasi Objek Wisata Batu Dua).

Tugu Batu dua
Jalan Ke Puncak Batu Dua.

Objek wisata Buah dua ini berdekatan dengan makam Prabu Tajimalela selain itu juga karena sudah ramai disekitan objek wisata ini banyak objek wisata baru yang dikelola oleh masyarakat setempat, jika anda menuju objek wisata Batu Dua ada semacam tempat berfoto yang terbuat dari bambu disana bertuliskan bukit kemiri batu dua yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Seperti biasa apabila anda traveling ke objek wisata terutama yang berlatar alam bebas, ada yang tidak boleh anda lakukan disana yaitu membuang sampah sembarangan, melakukan vandalisme atau hal-hal yang dapat merugikan pengunjung lain disana karena selain berwisata juga kita harus bisa menjaga kelestarian alam, atau anak cucu anda tidak akan bisa merasakan keindahan alam yang anda nikmati saat ini, apalagi objek wisata batu dua ini merupakan objek wisata yang dikunjungi wisatawan nasional dan macanegara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.