Basah Seru di Kalisuci

0
248
Aliran air sungai.

Indonesia, terutama wilayah Yogyakarta bagian selatan yakni Gunungkidul, merupakan wilayah yang memiliki stuktur geologi berupa karst. Di wilayah gunung kidul, sobat travelers dapat menemui banyak sekali tebing-tebing dan gua yang terbentuk dari batuan karst. Dari sekian banyak gua yang ada di Kabupaten Gunungkidul, ada satu bentukan alam langka yaitu sungai yang mengair dalam sepanjang gua. Lokasi ini pun menjadi tempat wisata yang menarik dengan adanya fasilitas tubing dan kini tempat wisata tersebut dikenal dengan Kalisuci Cave Tubing.

Kalisuci Cave Tubing merupakan salah satu wisata yang menyajikan tantangan seru dan  dapat memacu adrenalin. Wisata ini merupakan wisata susur gua menggunakan ban dalam atau dikenal dengan dengan istilah tubing. Kalisuci tidak hanya merupakan gua, akan tetapi merupakan gua dengan sungai yang mengalir di dalamnya. View dari kalisuci ini sangat cantik karena memiliki air yang berwarna biru. Selain itu juga terdapat stalaktit dan stalagmit yang terdapat di sepanjang gua dengan struktur dinding gua yang unik. Terdapat juga celah-celah pada langit-langit gua dalam berbagai ukuran yang dapat membuat cahaya matahari masuk dan menjadikan pemandangan di dalam gua lebih eksotis.

Pintu masuk gua.

Penelusuran gua di Kalisuci Cave Tubing hanya dapat dilakukan dengan minimal empat orang dalam satu rombongan. Jadi saat sobat travelers datang ke sini, pastikan tidak sendirian ya. Setelah sobat travelers melakukan administrasi dan mendapatkan peralatan yang akan digunakan untuk penelusuran, sobat travelers akan turun menuju sungai. Tak perlu khawatir, untuk turun menuju sungai pun, jalan sudah berupa anak tangga yang mengarah langsung ke pintu gua. Jaraknya pun tidak terlalu jauh, sekitar 10 menit berjalan.

Dari atas, akan terlihat sungai yang mengalir dan berwarna biru. Setelah sampai di pintu gua, sobat travelers akan diberi instruksi oleh guide sebelum memulai penelusuran. Lama penelusuran dari awal hingga selesai membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan panjang lintasan sekitar 650 m. Ketika jumlah pengunjung sedang ramai, maka sobat travelers harus mengantri untuk masuk ke dalam gua. Biasanya ketika rombongan di depan sampai pada setengah perjalanan, baru rombongan di belakang dapat memulai perjalanan.

Aliran sungai dalam gua.

Kalisuci Cave Tubing terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses menuju lokasi ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun empat. Akan tetapi untuk transportasi umum menuju lokasi ini masih sulit ditemukan. Untuk dapat merasakan keseruan tersebut, sobat travelers cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 70.000 untuk setiap orang. Harga tersebut sudah termasuk sewa perlengkapan seperti pelampung, helm, pelindung lutut dan siku, serta guide yang akan mendampingi sobat travelers saat akan melakukan penelusuran gua. Harga tersebut juga sepadan dengan keindahan gua dan sungai bawah tanah serta keseruan bermain tubing yang sobat travelers dapatkan.

Saat berada di lokasi wisata, kami sempat berbincang-bincang dengan salah satu pengelola Wisata Kalisuci cave tubing, yaitu Mas Amin. Beliau megatakan bahwa wisata Kalisuci adalah salah satu dari tiga wisata sungai dalam gua di seluruh dunia yaitu di Meksiko dan Selandia Baru. Kalisuci ini berada di kawasan karst Gunung Sewu yang telah dilindungi dan diusulkan oleh International Union Speleology dan menjadi salah satu warisan alam dunia.  Selain itu, wilayah tersebut juga telah ditetapkkan sebagai kawasan ekokarst.

Wah, bagaimana sobat travelers, tempat wisata langka ini ternyata terdapat di negeri kita tercinta loh. Pastinya bangga kan? Jadi, yakin mau melewatkan kesempatan untuk melihat keindahan alam langka di negeri kita ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.