Bandara Kertajati dan Segala Kemegahannya

0
531
Tampak luar Bandara Kertajati saat malam hari.

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya bulan Juli, saya berkunjung ke Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Kecamatan Kertajati merupakan salah satu Kecamatan di Majalengka yang memiliki suhu daerah yang cukup panas dan berangin. Salah satu yang menjadi keistimewaan Kecamatan Kertajati adalah Bandara Kertajati.

Bandara Kertajati diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018. Hal ini terhitung sangat baru dan tentunya Bandara ini masih dalam tahap peningkatan kualitas setiap harinya. Saat saya berkunjung ke sana, jam penerbangan yang disediakan oleh Bandara Kertajati masih minim. Untuk penerbangan dalam negeri hanya terdapat 1-3 penerbangan dan belum adanya penerbangan luar negeri. Hal unik dari Bandara ini adalah bagaimana pengumuman yang disampaikan pada calon penumpang menggunakan 3 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Sunda.

Jalan menuju Bandara Kertajati sangat bagus. Akses untuk memasuki Bandara masih dibuka untuk publik, baik yang berkendara roda empat maupun roda dua. Setiap pengunjung Bandara dikenakan karcis yang berbeda. Waktu itu, saya menggunakan kendaraan roda dua dan dikenakan biaya Rp 2.000 untuk setiap jamnya. Penerangan menuju Bandara Kertajati cukup banyak, para pengendara tidak perlu takut melewati jalan menuju Bandara meskipun jalanan yang cukup sepi, karena volume kendaraan yang lewat cukup rendah.

Detail bangunan Bandara Kertajati.

Sepengamatan saya ketika berkunjung ke Bandara Kertajati, maskapai penerbangan yang terlihat “parkir” untuk mengangkut penumpang ada beberapa, seperti Garuda Indonesia, Citi Link, dan Lion Air. Tetapi, karena memang jam terbang di Bandara ini belum banyak, maka pesawat yang tersedia juga belum banyak.

Berbicara mengenai bangunan, Bandara ini memiliki bangunan yang didominasi dengan warna putih, silver, dan abu-abu. Penerangan pada gedung bandara juga sangatlah terang, sehingga menciptakan kesan yang elegan dan mewah pada bandara ini. Bandara ini belum dilengkapi dengan ketentuan yang ketat, di mana orang-orang masih bisa keluar-masuk ke Bandara ini tanpa harus membawa tiket pesawat yang sudah dibeli.

Bandara ini memiliki 2 tempat parkir terbuka untuk kendaraan beroda empat dan beroda dua. Parkir kendaraan beroda dua ditempatkan di bagian luar bandara, sementara parkir kendaraan beroda empat ditempatkan di bagian dekat dengan gedung bandara. Di Bandara ini juga terdapat minimarket yang menyediakan makanan dan minuman kemasan serta makanan dan minuman instan.

Bagian parkir Bandara Kertajati.

Bandara Kertajati dilengkapi dengan keamanan yang mumpuni. Saat memasuki Bandara, saya melihat sebuah posko keamanan yang didirikan di pintu masuk Bandara. Selain itu, untuk fasilitas umumnya masih bagus dan terawat. Mushola dan toiletnya dikelola dengan baik dan terdapat pekerja yang senantiasa stand by untuk membersihkan musholla maupun toilet tersebut. Hal ini tentunya membuat para pengunjung Bandara ini nyaman dan senang.

Bandara Kertajati masih dibuka untuk umum karena masih banyak masyarakat Majalengka maupun dari luar Majalengka yang berwisata ke sini. Mereka membawa keluarga dan sanak saudara untuk melihat Bandara baru yang dibangun di Majalengka. Saat saya berkunjung ke Bandara Kertajati, saya melihat banyak sekali wisatawan yang datang hanya untuk melihat-lihat. Bandara Kertajati terlihat lebih indah saat malam hari karena lampu-lampu yang melimpah dan susana yang berangin. Hal ini berbeda ketika kita berkunjung ke sini saat siang hari. Bandara ini terasa begitu panas dan cukup tandus karena kondisi sekitar Bandara yang cukup kering.

Bagi kalian yang penasaran dengan Bandara baru di Kertajati, Kabupaten Majalengka ini, saya sarankan untuk datang dan melihatnya secara langsung. Bandara ini keren!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.