Bagasi Berbayar, Cari Tahu Aturannya di Berbagai Maskapai

0
471
(sumber: unsplash.com)

Biasanya setiap pembelian tiket penerbangan, calon penumpang sudah mendapatkan jasa bagasi gratis. Namun belum lama ini kebijakan beberapa maskapai mulai memberlakukan bagasi berbayar. Maka, tak heran jika bagi sebagian besar orang ikut terkejut dengan kebijakan bagasi berbayar. Sebelum kamu pelesir ke kota atau negara yang kamu inginkan, kamu bisa intip nih beberapa kebijakan maskapai penerbangan terkait dengan bagasi berbayar. Gak mau dong biaya pelesir mendadak bengkak hanya karena kelebihan bagasi?

Lion Air

 

Untuk kebijakan bagasi bagi maskapai Lion Air dan Wings Air, setiap penumpang dibolehkan membawa satu bagasi kabin dengan berat maksimum sebesar 7 kg dengan ukuran maksimum 40 cm x 30 cm x 20 cm serta barang pribadi baik itu tas atau laptop. Harga yang ditentukan untuk bagasi check-in pun tergantung dari jarak tempuh penerbangan. Maka, pastikan bagasimu sudah sesuai dengan regulasi yang ditentukan dan untuk kelebihan bagasi, kamu bisa membeli voucher bagasi.

 

Citilink Indonesia

Jika kamu akan terbang menggunakan Citilink, maskapai ini masih memberikan free bagasi sebesar 20 kg untuk penerbangan domestik. Namun lain halnya jika kamu akan pelesir ke luar negeri menggunakan Citilink, kamu hanya mendapat free bagasi sebesar 10 kg dan bagasi kabin maksimal sebesar 7 kg. Namun tidak perlu khawatir jika kamu ternyata perlu membawa bagasi besar, untuk kamu yang memilih rute internasional dengan member Supergreen, Garudamiles dan penumpang yang membeli green seat, akan mendapat gratis bagasi sebesar 10 kg. Member Citilink Citisport pun mendapat 20 kg bagasi untuk perlengkapan olahraga serta ekstra 10 kg bagasi.

 

Airasia

Untuk kamu yang akan menggunakan Airasia, kamu hanya bisa menggunakan bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg saja. Kamu pun dapat membawa bagasi maksimal seberat 15 kg, namun jika kamu membawa bagasi lebih dari nominal yang ditentukan, kamu bisa intip mengenai kelebihan bagasi di situs resmi Airasia saat memesan tiket dan kamu akan melihat beberapa paket yang ditawarkan untuk berat bagasi tambahan mulai dari 5, 10, 15, dan 25 kg.

 

Garuda Indonesia

Maskapai Garuda Indonesia telah menetapkan aturan jika kapasitas bagasi yang didapatkan bagi calon penumpang akan berdasarkan kelas yang dipilih. Jika calon penumpang membeli first class, maka kapasitas bagasi yang didapat sebesar 50 kg. Untuk kelas bisnis, kapasitas bagasi yang akan didapat sebesar 30 kg, dan jika kamu memilih Garuda Indonesia untuk penerbangan internasional, maka kamu akan mendapatkan bagasi dengan kapasitas 40 kg. Untukmu yang memilih kelas ekonomi, kamu akan mendapat kapasitas 20 kg untuk penerbangan domestik dan 30 kg untuk penerbangan internasional. Sementara untuk bagasi kabin, setiap calon penumpang mendapat maksimal 7 kg bagasi kabin.

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.