Backpackeran Menaiki Kereta Semarang-Yogyakarta dengan Rp. 18.000

0
648
Transit di Stasiun Solo Balapan.

Banyak jalan menuju Roma, begitulah sebuah pepatah mengatakan. Hal tersebut memiliki arti, ada banyak sekali pilihan perjalanan kehidupan yang dapat dipilih dalam menggapai suatu tujuan. Nah, pepatah tersebut sangat cocok untuk mendefinisikan perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta. Semarang – Yogya memang cukup dekat jika dilihat dari peta. Semarang terletak di daerah pantai utara, dan persis di selatannya, yaitu kota Yogyakarta. Kedua kota tersebut hanya dibatasi oleh sebuah pegunungan.

Memang cukup banyak pilihan perjalanan murah yang dapat dilalui oleh seorang backpacker yang ingin berangkat dari Semarang ke Yogyakarta. Namun, semuanya tergantung selera dan waktu masing-masing.

Pada saat itu ada 3 pilihan perjalanan yang dapat aku pilih untuk mencapai Yogyakarta dengan murah meriah dari Semarang, yaitu dapat menggunakan kendaraan pribadi, bus, ataupun kereta. Ketiga pilihan perjalanan tersebut cukup aku rekomendasikan.

Bagasi yang Dapat Digunakan untuk Menyimpan Barang.

Tapi, kali ini aku akan merekomendasikan perjalanan yang lebih murah, nyaman, dan tepat waktu. Tenang, ternyata perjalanan Semarang – Yogyakarta dapat ditempuh seharga Rp 18.000 saja! Bagaimana caranya? Jawabannya adalah dengan menggunakan kereta lokal.

Jangan sampai tertukar dengan kereta Joglosemarkerto yang seharga Rp 60.000, dengan tujuan Semarang – Yogyakarta melalui Solo. Kali ini berbeda, kereta lokal hanya dapat dipesan langsung ke stasiun, atau bisa juga dipesan melalui aplikasi mobile KAI Access. Pembelian tiket kereta lokal tidak dapat dilakukan pada aplikasi booking tiket selain aplikasi KAI Access. Satu hal yang membedakan dari kereta api biasa, yaitu dengan kereta lokal maka harus melakukan transit dengan berganti kereta di Stasiun Solo. Mari kita bedah satu per satu.

Semarang-Solo (KALIJAGA)
Suasana di dalam Kereta Kalijaga Jurusan Semarang-Solo.

Dari Semarang, aku memesan tiket kereta api Kalijaga (lokal) menggunakan aplikasi KAI Access. Kereta tiba di Stasiun Solo Balapan dengan keberangkatan pukul 09:00, dengan tiket seharga Rp 10.000. Perjalanan memakan waktu 2 jam 44 menit dari pukul 09:00-11:44. Pemberangkatan dari Stasiun Semarang dapat dilakukan baik dari Stasiun Semarang Poncol yang juga melalui Stasiun Tawang, sehingga kalian dapat memesan langsung di Stasiun Tawang.

Karena aku memesan melalui aplikasi, awalnya aku bingung mengapa aku tidak bisa mencetak tiket saat akan check in di stasiun. Ternyata jika memesan melalui aplikasi, tiket tidak perlu dicetak, tidak perlu juga melakukan check-in. Cukup membuka tiket online yang memiliki barcode, dan tunjukan saat memasuki pemeriksaan tiket di gerbang peron. Tidak lupa untuk menunjukkan kartu identitas yang dicantumkan.

Keretanya sama seperti kereta api umum jarak jauh dengan bangku 2-3 yang saling berhadapan. Seperti standar kereta api ekonomi jarak jauh, terdapat AC pada setiap gerbong, 2 stop kontak di setiap blok tempat duduk, dan toilet. Bahkan ada gerbong kantin khusus bagi yang ingin makan atau minum. Tempat duduknya juga sudah dibagikan otomatis saat memesan, jadi sudah ada kursi-kursinya tersendiri yang duduknya harus sesuai dengan nomor kursi.

Pokoknya kereta lokal Kalijaga ini sangat nyaman untuk ukuran kereta lokal dan pastinya tepat waktu. Sayangnya, jika memang benar-benar ingin langsung ke Yogyakarta, kereta ini hanya ada keberangkatan satu kali dalam satu hari pada jam yang sama.

Setelah kurang lebih 2,5 jam perjalanan, kemudian aku turun untuk transit di Stasiun Balapan Solo.

Solo-Jogja (PRAMEKS / PRAMBANAN EKSPRES)
Suasana di Dalam Kereta Prameks.

Dari Stasiun Balapan Solo menuju Stasiun Yogyakarta berganti dengan Kereta Prameks. Nah, karena waktu itu aku memang berniat untuk sedikit berjalan-jalan, maka aku tidak membeli tiket Solo-Yogyakarta yang paling cepat.

Kereta Prameks keberangkatan Solo-Yogyakarta memiliki 10 kali jadwal keberangkatan. Mulai dari pukul 05:10, berselang setiap 2 jam 10 menit, hingga keberangkatan terakhir pukul 18:40. Untuk keberangkatan transit lebih baik memesan tiket pada pukul 12:15, sehingga ada cadangan waktu sekitar 30 menit untuk makan siang di daerah stasiun.

Tiketnya juga sama, aku memesannya melalui aplikasi KAI Access dan tidak mendapatkan bukti fisik tiket. Mekanismenya hampir sama dengan Kereta Kalijaga dengan hanya hanya Rp 8.000 saja!

Tampak dari luar memang keretanya tidak sebagus dan se-modern kereta api pada umumnya. Kereta ini lebih mirip dengan KRL, namun pada versi yang lebih jadul.

Toilet yang Terdapat di Kereta Prameks.

Dalam satu gerbong kereta ini memiliki kurang lebih 13 kursi yang saling berhadapan. Tapi ternyata tidak semua berhadapan, bahkan aku mendapatkan kursi yang menghadap dinding. Bangkunya juga lebih sempit dan tidak senyaman kereta sebelumnya. Terdapat gantungan-gantungan pegangan pada besi-besi di atas yang berarti penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk diperbolehkan berdiri. Tipsnya saat kereta baru datang, segeralah naik, agar mendapatkan tempat duduk.

Walaupun seperti KRL, namun kereta ini dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi seperti kereta jarak jauh lainnya. Kamar mandinya tidak terlalu istimewa, yah standar seperti kamar mandi umum kereta pada umumnya, selain itu tentu saja tingkat kebersihannya tidak bisa kamu bandingkan dengan kamar mandi hotel.

Gerbongnya sendiri tidak memiliki AC, entahlah jika di gerbong lain juga memilikinya atau tidak. Tetapi, waktu itu aku mendapat gerbong yang tidak ada ACnya. Namun, jendela yang terdapat pada dinding gerbong dapat dibuka, sehingga angin sepoy-sepoy dapat masuk untuk mensirkulasikan udara.

Transit di Stasiun Solo Balapan.

Oh iya, untuk perjalanan menuju Yogyakarta sendiri jika kamu berniat turun di kota, maka kamu bisa memesan hingga Stasiun Lempuyangan ataupun yang lebih dekat dengan Malioboro, kamu bisa turun langsung di Stasiun Tugu Yogyakarta. Perjalanan dengan kereta ini memakan waktu hingga kira-kira 1,5 jam.

Nah, begitulah tips backpacker ke Semarang – Yogyakarta dengan murah meriah, hanya sebesar Rp 18.000 saja! Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.