Backpackeran dari Semarang Menuju Lombok dengan Biaya Murah!

0
419
Menikmati sunset dari atas kapal.

Kata siapa liburan itu mahal? Jika ada teman, keluarga, bahkan orang lain yang bilang, “Liburan itu mahal lohh, apalagi liburannya ke Lombok, bisa-bisa pulang liburan jadi gembel.” Pasti kalian sering mendengar pernyataan-pernyataan seperti itu. Bukan kalian saja, saya juga sudah bosan mendengar hal seperti itu. Dikarenakan saya pribadi senang dengan yang namanya jalan-jalan, jadi saya tidak percaya sepenuhnya dengan pernyataan seperti itu. Dengan bermodalkan Mbah Google, saya mencoba mencari tahu informasi-informasi tentang perjalanan menuju Lombok dengan biaya yang terjangkau.

Lombok adalah destinasi impian saya dari awal masuk dunia perkuliahan. Sampai akhirnya saya bisa menginjakan kaki di Pulau Lombok, bahkan sampai dua kali. Saya merasa di dalam diri saya ada kegembiraan dan kebanggaan tersendiri. Setelah mencari informasi-informasi tentang transportasi menuju Lombok dirasa sudah cukup dan duit pun dirasa mencukupi untuk berangkat ke Lombok, saya pun mencari teman yang memiliki impian seperti saya agar di perjalanan saya ada teman bercerita dan mengejar impian bersama yaitu “Menginjakan Kaki di Pulau Lombok”. Untuk mengunjungi Lombok ada dua titik awal yang harus ditempuh menjadi pilihan, yang pertama Pelabuhan Lembar dan yang kedua Bandara Praya.

Siap-siap masuk ke kapal.
Transportasi Darat dan Laut

Dengan informasi yang sudah saya ketahui untuk menuju Lombok, saya menggunakan trasnportasi darat yaitu kereta api, dan transportasi laut yaitu kapal. Perjalanan saya dimulai dari Semarang bersama seorang teman menuju Surabaya menggunakan kereta api dengan harga tiket Rp 100.000 dan jadwal keberangkatan jam 08:11 WIB sampai Surabaya jam 12:24 WIB. Setelah sampai di Surabaya, langsung menuju Pelabuhan Tanjung Perak menggunakan Gocar dengan harga Rp 28.000. Nama kapal yang menuju Pelabuhan Lembar yaitu KMP Legundi. Kapal ini beroperasi hanya tiga kali dalam seminggu, yakni pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan jadwal keberangkatan jam 14:00 WIB, harga tiketnya yaitu Rp 87.000/orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak Rp 62.000.

Untuk waktu tempuh dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju Pelabuhan Lembar sekitar 20 jam. Menurut saya dengan harga kapal yang murah hal ini wajar, fasilitas yang diberikan oleh kapal cukup pun memuaskan dengan harga tiket Rp 87.000. Dengan waktu tempuh yang cukup lama, tenang saja kalian masih bisa mengakses internet, karena kapal melaju tidak terlalu ke tengah laut. Masih terlihat pulau dan sinyal cukup kencang.

Untuk total biaya transportasi dari Semarang sampai ke Pelabuhan Lembar, hanya menghabiskan uang Rp 201.000/orang, dan untuk biaya makan saya pribadi memberi anggaran Rp 15.000 sekali makan. Masalah yang sering kali muncul saat backpacker-an adalah mengelola keuangan, jadi harus benar-benar memerhatikan uangnya digunakan untuk apa saja bila perlu dicatat agar tau uangnya habis untuk apa saja.

Suasana di kantin.
Menikmati 20 jam di Atas Laut

Untuk saya pribadi, saya sangat menikmati waktu 20 jam di kapal. Pemandangan yang diberikan sangat indah. Pada saat sore hari menjelang malam, kalian bisa menikmati sunset. Tempat terbaik menikmati sunset terletak di bagian paling atas kapal. Selain itu, di sini juga kalian bisa menikmati pemandangan laut lepas. Sedangkan pada pagi hari, saat kapal melaju di samping bagian utara Pulau Bali, kalian bisa menikmati ke indahan Gunung Agung.

Hal yang paling saya suka, bisa berinteraksi dengan orang-orang yang ada di sekitar baik muda maupun tua. Terkadang saat ngobrol dengan orang yang lebih tua, saya mendapatkan banyak cerita-cerita yang unik dan seru dari pengalamannya. Sedangkan saat berbicang dengan orang yang masih muda atau sepantaran, kami saling berbagi cerita pengalaman. Dari interaksi dengan orang-orang yang ada di kapal, ada beberapa orang saling menukar kontak hp dengan saya, bahkan sampai saat ini masih saling menanyakan kabar melalui WhatsApp.

Suasana di kantin.
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan
  • Atur jadwal keberangkatan kereta atau bus menuju Surabaya, agar bisa sampai Pelabuhan Tanjung Perak sebelum keberangkatan kapal.
  • Perhatikan kondisi kesehatan kalian.
  • Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi.
  • Atur budget perjalanan kalian.
  • Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang trasnportasi menuju Lombok.
  • Tetap berhati-hati dalam melakukan perjalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.