Ayo Berwisata Ke TRMS Serulingmas Banjarnegara

0
1533
Serulingmas Banjarnegara
Selamat datang di Interactive zoo Serulingmas teman-teman.

Halo teman – teman, kali ini Nania berada di Kota Dawet Ayu, Banjarnegara. Di pusat kota ada interactive zoo yang sangat terkenal. Baca terus yaa… ^_^

TRMS Selomanik atau Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas merupakan konsep objek wisata yang menggabungkan kebun binatang, waterboom, area bermain untuk anak–anak outbond, omah terwelu yang dalam bahasa Indonesia artinya rumah kelinci. Dan disediakan juga area panahan. Hampir seperti kebun binatang Mangkang. Perbedaannya di TRMS Serulingmas ini, pengunjung bisa sekalian berziarah. Di dalam kebun binatang terdapat makam yang mana letaknya berada di dekat kandang unta, berdekatan dengan batas tembok kolam renang.

Binatang di Serulingmas Banjarnegara
Orang utan yang sedang menyapa para pengunjung.

Kalau kebingungan kalian bisa ikuti petunjuk arah yang ada dimana–mana, hehe. Makam tersebut milik Ki Ageng Selomanik. Beliau adalah mantan komandan perang sekaligus sahabat Pangeran Diponegoro, dan juga penyeru agama Islam di Banjarnegara. Makam tersebut sudah ada sebelum kebun binatang ini didirikan. Sampai sekarang usianya sudah 30 dekade lebih. Karena menghormati jasa beliau, jadi tidak dilakukan pemindahan makam.

Harga tiket 15.000 rupiah di hari biasa. Kalau musim liburan akhir tahun dan sekolah ada kenaikan 5000 rupiah. Untuk anak dengan tinggi kurang dari 80cm tidak diwajibkan membayar tiket. Tiket tersebut adalah tiket terusan ke kolam renang. Jadi mau renang atau tidak harganya sesuai yang tertera di loket. Harusnya dibedakan sih ya. Tapi, kalau teman–teman merasa harga tiket terlalu mahal ada alternatif lain kok. Kalian bisa berkunjung kesini saat Minggu sebelum jam 8 pagi, karena harga tiketnya spesial hanya 5000 rupiah. Itu merupakan kebijakan dari pihak TRMS Serulingmas.

Tempat ini sangat teduh karena dipenuhi dengan pohon–pohon yang rindang. Namun, sepertinya beberapa kandang hewan kurang di tanami pohon. Jadi ada beberapa hewan yang bersembunyi di dalam ruangan kandangnya. TRMS Serulingmas ini sangat cocok untuk sarana edukasi bagi anak–anak. Koleksi hewannya cukup lengkap. Diperbolehkan memberi makan kelinci dan hewan lain dengan makanan khusus hewan yang sudah disediakan petugas kebun binatang. Bagi yang berani berinteraksi dengan ular, petugas TRSM Serulingmas mempersilakan menggendong ular piton yang tentunya jinak. Ada pawangnya juga kok, jadi bisa puas berfoto tanpa rasa takut.

Es dawet Banjarnegara
Es Dawet Ayu Banjarnegara yang menyegarkan dan mempercantik yang minum, hehe.

Setelah lelah berkeliling, saya memutuskan beristirahat di bagian taman. Disekitar taman juga ada rerumputan yang digunakan sebagai alas beberapa keluarga untuk menggelar bekal makanan mereka. Di depannya ada panggung hiburan, biasanya digunakan untuk event tertentu, pas saya kesini ada live music dan dipersilahkan untuk menyumbang suara bagi siapa pun yang ingin. Sambil menunggu yang lain, saya memesan es dawet ayu original. Yang menyajikan langsung orang Banjarnegara. Pas ditanya, “Kenapa dawet ayu namanya bu?”. Kata penjualnya, kalau suka meminumnya akan jadi lebih cantik. Saya langsung otomatis nambah satu gelas lagi.  Segar sekali rasanya, dan beda dari es dawet yang biasa keliling.

TRMS Serulingmas ini berlokasi di Jalan Selamanik No. 39, Kutabanjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah, teman–teman akan lebih mudah menemukannya dari alun–alun kota. Dari alun–alun ke barat, arah perempatan belok kanan kemudian ada pertigaan lagi belok kiri kemudian lurus, 500 meter lagi kamu sampai di lokasi. Butuh waktu ± 10 menit dari sana kalau menggunakan sepeda motor. Ada juga beberapa bis besar yang menuju kebun binatang ini.

Wisata Serulingmas Banjarnegara
Di monumen pengesahan Serulingmas.

Ayo teman–teman kunjungi TRMS Serulingmas! Karena selain refreshing kita juga bisa mendapat banyak ilmu tentang keanekaragaman satwa Indonesia yang ada di TRMS Serulingmas.

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 - 16.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.