Aura Bung Karno di Gunung Menumbing (Rumah Pengasingan Bung Karno) Bangka

1
278
Aura Bung Karno di Gunung Menumbing
Sensasi ingin merasakan menjadi seorang pemimpin di rumah pengasingan Bung Karno.

Assalammualaikum wr.wb

“Pulau Bangka yang terkenal dengan keindahannya tak bisa terlepas dari sejarah panjang para pejuang kemerdekaan, salah satunya rumah pengasingan presiden pertama Republik Indonesia, Bung Karno”.

Halo sahabat TravelBlog, kembali lagi bersama saya Himawan Sutanto. Pada tulisan kali ini, saya akan menceritakan sedikit pengalaman di rumah pengasingan Bung Karno atau lebih dikenal kawasan wisata Gunung Menumbing. Saya sudah beberapa kali ke Bangka, namun baru pertama kali ke Bukit Menumbing ini. Saat disini terasa merinding melihat seisi rumah pengasingan Presiden pertama Republik Indonesia. Tidak hanya itu, saya juga merasakan aura pembangkit semangat yang terpancar dari lukisan wajah Bung Karno. Terlebih saat menatap lukisan Bung Karno yang sangat gagah, terlintas dipikiran bahwa suatu saat saya juga ingin menjadi seorang Presiden Republik Indonesia.

Rumah pengasingan Bung Karno
Lukisan yang memancarkan aura motivasi yang sangat besar untuk menjadi penerus Bung Karno.

Menurut pengelola setempat, Tejo, Pesanggrahan Menumbing tidak pernah direnovasi. Bentuknya masih utuh, hanya pernah dicat ulang dengan warna yang sama. Seluruh isi ruangan dan posisi perabotan di dalamnya tidak dipindahkan. Ada ruang tidur Presiden Pertama RI bersama Bung Hatta yang masih utuh seperti semula, terdapat juga kopiah dan sajadah yang biasa digunakan Bung Karno dan Bung Hatta. Di ruangan sebelah ada ruang kerja yang tersambung dengan ruang rapat yang lumayan besar. Di tempat ini para diplomat asing berkonsultasi dengan Bung Karno. Disini juga terdapat beberapa peninggalan seperti mobil Ford dengan plat nomor BN10, foto-foto para pemimpin bangsa dan surat Seokarno untuk istrinya Fatmawati.

Rumah pengasingan Bung Karno ini berbentuk seperti benteng, dan ketika berada diatasnya kita akan menikmati pemandangan yang indah. Terhampar selat Bangka yang cantik dengan pantai-pantainya. Lautan biru yang berkilauan dan hembusan angin dari pepohonan yang menyejukkan mata membuat kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang kesini. Tidak luput juga dari pandangan mata ketika berada disini, kita bisa melihat bangunan-bangunan yang ada di perkotaan. Sungguh indah sekali dan sangat disayangkan bila tidak datang kesini.

Rumah pengasingan Bung Karno Bangka
Jangan lupakan sejarah.

Gunung Menumbing ini terletak di Desa Air Belo, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Bagi wisatawan yang dari luar bangka, ada 2 jalur yang bisa digunakan untuk ke Bangka yaitu jalur udara dan laut.  Gunung Menumbing ini memiliki ketinggian sekitar 355 meter Dpl. Untuk menuju lokasi ini kita melewati pos atau pintu masuk wisata terlebih dahulu, setelah membayar Rp.5.000/orang barulah kita menaiki jalan yang ada. Disini hanya cukup untuk 1 kendaraan roda 4 jadi akan secara bergantian, ketika ada yang naik maka yang diatas dilarang untuk turun, begitupun sebaliknya. Untuk sampai keatas pun tidaklah lama, sekitar 15-20 menit karena sepanjang jalan sudah diaspal. Walaupun demikian, rutenya sendiri cukuplah membuat takut karena jalan yang menanjak dan banyak belokan. Tetapi itu semua akan terbayarkan ketika sudah berada diatas.

Mungkin itu saja tulisan saya pada kali ini. Untuk sahabat TravelBlog yang belum pernah kesini, mari direncanakan untuk kesini. Dan untuk yang sudah pernah kesini, apakah sahabat semua merasakan seperti apa yang saya rasakan? Silahkan sahabat semua tuliskan di kolom komentar yaa. Semoga sahabat semua menikmati tulisan saya. Dan kalau berkenan ayo bagikan juga tulisan saya ini ke sosial media sahabat semua agar semakin banyak yang mengetahui tempat ini.

Terimakasih

Wassalammualaikum wr.wb

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.