Asyiknya Menjajal Moda Raya Terpadu Jakarta

0
239
Suasana Stasiun Bundaran HI saat kereta baru saja tiba..

Saat liburan ke Jakarta beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk menaiki Moda Raya Terpadu (MRT). Moda transportasi ini menjadi andalan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain di Jakarta. Dengan MRT ini juga memudahkan untuk menjelajah tempat wisata andalan di kota ini seperti Bundaran HI, Blok M, dan tentunya kawasan Sudirman yang dikenal akan keindahan pedestriannya.

Untuk menaiki Moda Raya Terpadu, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Cara pertama adalah dengan membeli kartu single trip yang berlaku 7 hari dari tanggal pembelian. Kartu jenis ini sangat berguna bagi kita yang ingin mencoba MRT hanya saat berlibur ke Jakarta saja. Artinya, sangat cocok bagi pelancong yang jarang datang ke Jakarta. Jika kita merupakan warga Jakarta yang sering menggunakan MRT, maka kita bisa membeli kartu multi trip ataupun Jak Lingko.

Stasiun Fatmawati yang bersih dan nyaman.

Saya sendiri lebih memilih menggunakan kartu e-money bank tertentu lantaran menurut saya lebih mudah dan bisa digunakan untuk pembayaran lain seperti TransJogja dan Trans Semarang. Meski demikian, ada kelemahan jika kita menggunakan kartu e-money. Saat mengetap kartu ini di pintu masuk, kadangkala mesin sukar membacanya. Jadi, kita harus siap untuk mengetapnya lebih lama.

Pengalaman saat menaiki MRT sendiri sangat menyenangkan. Jadwal keberangkatan MRT yang teratur dan rentang waktu antara satu kereta dengan kereta lain yang cepat membuat saya nyaman. Saya hitung, hanya perlu menunggu sekitar 5 hingga 10 menit untuk menunggu kereta. Tidak seperti moda transportasi lainnya yang bisa memakan waktu hingga setengah jam.

Kereta MRT baru tiba di stasiun Fatmawati.

Saat memasuki kereta, suasana bersih dan segar langsung saya rasakan. Tak ada satupun sampah yang tercecer di lantai kereta. Petugas kereta seringkali menegur para penumpang yang kedapatan makan atau minum di dalam kereta. Ini adalah salah satu contoh larangan saat menaiki MRT. Semuanya demi kebersihan dan kenyamanan bersama.

Saya naik MRT ini dari Stasiun Fatmawati menuju Stasiun Bundaran HI. Dengan rute sejauh itu, saya hanya perlu menempuh waktu selama sekitar 25 menit. Sungguh jauh berbeda jika saya menaiki kendaraan lain seperti bus dan mobil yang bisa memakan waktu 1 jam lebih. Singkatnya waktu tempuh ini juga menjadi andalan saat menaiki MRT.

Jadi, jika berkunjung ke Jakarta, tak ada salahnya untuk mencoba moda transportasi ini. Jika ada kesulitan saat membeli tiket atau bingung mengenai arah rute, petugas MRT sudah siap melayani calon penumpang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.