Asin, Pedas, Gurih, dan Bikin Nagih: Baso Aci

0
746
Baso Aci juara.

Baso aci memang akhir-ahir ini telah menjadi menu yang paling dicari oleh semua kalangan. Apalagi di musim hujan seperti ini, baso aci terus menjadi incaran pembeli. Aslinya, makanan ini berasal dari Garut, Jawa Barat. Aroma rempah dari kuah kaldunya yang khas membuat makanan ini cepat menjadi favorit di berbagai daerah, khususnya di Jabodetabek. Mulanya, baso aci sering diperjualbelikan di Bandung. Kepopulerannya di Bandung membawa nama baso aci hingga ke banyak daerah di Indonesia. Untuk itulah, banyak outlet berdiri dengan menu andalannya adalah basi aci, termasuk Baso Aci Juara.

Kuah kaldunya memiliki campuran rasa antara asin, pedas, gurih, segar, dan asam. Cita rasa itulah yang membedakan dengan cita rasa bakso pada umumnya yang mengandalkan kuah kaldu dari daging sapi atau daging ayam. Selain kuah, tekstur baso aci di dalamnya pun tidak kalah menggodanya. Teksturnya kenyal karena sebagian besar bahan bakunya berasal dari tepung aci. Kemudian, lidah pecinta baso aci semakin dimanjakan dengan variasi menu di dalamnya, yaitu pilus cikur, cuangki lidah, siomay mini, batagor mini, dan tahu aci. Namun, ada pula yang menambah variasi ceker dan tulangan.

Baso aci paket juara 1 tanpa sambal.

Hal inilah yang kemudian membuat lahirlah Baso Aci Juara yang menyajikan aneka menu baso aci. Secara spesifik, di outlet ini, kalian akan disuguhkan dengan pilihan menu berdasarkan nomor paket. Ada paket juara 1 dengan variasi isian berupa 6 baso aci, pilus cikur, 2 cuangki lidah, siomay mini, batagor mini, tahu aci, ceker, dan tetelan daging. Untuk paket juara 2, semuanya sama kecuali varian isi berupa tetelan daging. Nah, bagi yang tidak suka dengan isian ceker dan tetelan daging, kalian bisa memilih paket juara 3.

Di sini, menu take away yang disediakan berupa paket instan seduh sendiri. Pembeli bisa menyeduhnya di rumah. Untuk penyuka pedas, kalian bisa memilih menu paket jagoan pedas. Varian isinya masih sama. Isian yang paling membedakan hanyalah tambahan sambal ekstra pedas, ekstra kacang, dan kuah merah membara. Bahkan, paket jagoan pedas ini terdiri atas banyak level, yaitu dari level 1 sampai 5. Menu lainnya yang bisa dicoba adalah baso cuanki original dan baso spesial. Khusus dua menu itu, memang menu yang paling berbeda dari menu baso aci pada umumnya.

Suasana di dalam kedai baso aci juara yang penuh warna merah, pelambang kuah merah baso aci.

Perpaduan antara kaldu dan isian di dalamnya semakin menambah cita rasa gurih di dalamnya. Kaldunya dipadu dengan tumbukan kacang sehingga menjadikan kuahnya semakin khas. Setelah semangkuk baso aci ini terhidang di hadapan kalian, aduklah secara merata sebelum menyantapnya agar semua bagian dalam mangkok mengambil peran untuk penciptaan rasa baso aci yang enak. Keruh dan pekat menjadi ciri khas dari baso aci ini selain rasa gurihnya. Kalau kurang pedas dan kurang asam, kalian bisa menambahkan sambal dan jeruk nipis yang disajikan di atas meja. Racik hingga kalian menemukan rasa yang pas di lidah kalian.

Untuk harga, baso aci di outlet ini dibanderol dengan harga terjangkau. Meskipun lebih murah di warung biasa atau membeli baso aci instan, baso aci yang bisa dinikmati selagi hangat hanyalah baso aci yang dimakan di tempat. Kisaran harganya berada antara Rp19.000—27.000. Jam bukanya pun setiap hari dari pukul 10.00—23.00. Sayangnya, baso aci di sini sering habis sebelum waktunya tutup. Jadi, pastikan kalian membeli dan menikmatinya lebih awal, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.