Aneka Biji Kopi Khas Sulawesi Tengah Di Barista’r Coffee

0
284
Aneka biji kopi yang dijual di Barista'r Coffee.

Matahari Kota Palu tengah bersinar terik ketika saya dan tiga orang teman berputar-putar mengikuti penujuk arah kami, google maps. Hampir saja kami menyerah dan memilih untuk pulang. Jalan ini seakan begitu panjang dan berliku-liku. Untung saja sebuah mesin roaster kopi berukuran besar, yang tengah terparkir di depan rumah bercat putih kuning memberikan tanda bahwa kami telah tiba di tempat tujuan, Barista’r Coffee. Beralamat di Grand Citra Residence blok E nomor 3, Jalan Sungai Manonda, Kecamatan Palu Barat, rumah yang kami datangi ini hanya terpisah 2 blok dari lokasi likuifaksi. Pantas saja sejak tadi kami melewati pemandangan bangunan rumah yang miring tak beraturan.

Barista’r Coffee merupakan salah satu rumah roasting biji kopi yang ada di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Nama Barista’r diambil dari singkatan nama pemiliknya, Barista R yang berarti Barista Reski. Reski sengaja menggunakan kata barista untuk nama rumah roasting miliknya, mengingat perkenalannya yang mendalam dengan kopi dimulai ketika ia belajar menjadi seorang barista.

Perkenalan Reski dan dunia para penyeduh kopi bermula pada tahun 2012. Waktu itu kedai kopi di Kota Palu belum seramai saat ini. Setelah mempelajari seluk beluk kopi dari sejak awal pertumbuhannya hingga siap disajikan di dalam gelas, Rezki mulai tertarik untuk membuat rumah roasting.

Awalnya Reski me-roasting kopi secara manual dengan peralatan sederhana. Kecintaannya pada kopi membuat Reski terus bereksplorasi dengan buah yang memiliki aroma khas ini. Melihat banyaknya peminat kopi, Reski mulai tertarik untuk meninggalkan zona nyaman, melangkah untuk naik tingkat dari barista menjadi barista plus pengusaha. Dari penyeduh kopi, menjadi penyuplai biji kopi.

Reski, owner Barista’r Coffee sedang menyeduh kopi.

Tahun 2018, Reski membeli mesin roasting dan mulai mempromosikan rumah roasting-nya. Berawal dari beberapa orang pelanggan, kini Barista’r Coffee telah menjadi penyuplai biji kopi khas Sulawesi Tengah untuk 40 kedai kopi yang ada di Kota Palu, dan beberapa kedai di luar kota. Selain memenuhi pesanan dari kedai kopi langganannya, Barista’r Coffee juga menjual produknya kepada para penikmat kopi mandiri. Mereka yang menyeduh untuk diri sendiri, keluarga, dan sahabat.

Terdapat berbagai jenis biji kopi di Barista’r Coffee. Untuk single origin arabika, ada empat pilihan yaitu biji kopi Dombu Sigi, Toraja Sapan, Napu, dan Mamasa. Sedangkan untuk fine robusta, Barista’r Coffee memberi tiga pilihan yang semuanya berasal dari Sulawesi Tengah, yakni biji kopi Donggala, Sigi, dan Napu.

Kecuali kota Palu, hampir seluruh kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah memiliki tanaman kopi. Melimpahnya komoditas kopi ini membuat Barista’r Coffee ingin fokus mempromosikan biji kopi dari daerah Sulawesi Tengah ke seluruh nusantara hingga mancanegara. Sesuai slogannya “Explore potensi kopi lokal Sulawesi Tengah -Indonesia”.

Proses roasting biji kopi.

Harga biji kopi di Barista’r Coffee bervariasi mulai dari Rp 30.000 untuk 200 gram robusta Donggala dan Sigi, serta Rp 40.000 untuk kopi Napu. Sedangkan untuk arabika, pembeli dapat membawa pulang kopi Dombu Sigi dengan membayar Rp 75.000 untuk kemasan 200 gram dan Rp 150.000 untuk kemasan 500 gram. Sedikit lebih mahal dari kopi Dombu Sigi, kopi Napu dijual seharga Rp 80.000 dan Rp 160.000 untuk kemasan 200 gram dan 500 gram.

Selain kopi dari Sulawesi Tengah, Barista’r Coffee juga menyediakan kopi jenis arabika dari Mamasa, Sulawesi Barat dan kopi Toraja, Sulawesi Selatan. Kedua jenis kopi ini dijual dengan harga yang sama. Rp 90.000 untuk 200 gram, dan Rp 180.000 untuk 500 gram.

Setelah berbincang-bincang cukup panjang tentang seluk beluk kopi, Reski menyuguhkan kami kopi Dombu hasil seduhannya. Aroma khas kopi memenuhi indra penciuman saya. Slurp! Air kopi masuk ke tenggorokan setelah sebelumnya meninggalkan jejak rasa di lidah. Ah, rasa kopi arabika terlalu kuat untuk pemula seperti saya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.