Akan Berlimpah Festival Budaya di Bulan Agustus, Berikut Listnya!

0
1220
(sumber: flickr.com/chdg)

Agustus menjadi bulan sakral bagi seluruh masyarakat Indonesia. Selain menjadi saksi dari merdekanya Indonesia, Agustus menjadi bulan penuh dengan suka cita dari Sabang hingga Merauke. Dalam kalender event Kemenpar, akan ada belasan festival yang akan diselenggarakan. Tentu hal ini menjadi berita menyenangkan bagi para pelancong. Simak beberapa event di bulan Agustus ini.

POLEWALI MANDAR INTERNATIONAL FOLK & ART FESTIVAL

https://www.instagram.com/p/BJ0OMjKhEDr/

 

Bagi yang benar-benar ingin mengunjungi festival budaya, mungkin acara ini tepat untukmu. Festival ini menyuguhkan pertukaran budaya ini akan melibatkan banyak negara untuk unjuk kebolehannya. Acara ini pun dimeriahkan dengan berbagai workshop musik, tari, berbagai kuliner, hingga unjuk kebudayaan sentra industri tenun. Polewali Mandar International Folk & Art Festival diselenggarakan pada tanggal 1-6 Agustus, 2019, bertempat di Kabupaten Polewali Mandar.

DIENG CULTURE FESTIVAL

(sumber: flickr.com/chdg)

Siapa yang tertarik untuk datang ke Dieng Culture Festival? Salah satu daya tarik dari festival satu ini adalah memotong rambut anak-anak Dieng. Belum lagi terdapat beberapa acara menarik lainnya seperti festival Jazz di atas awan, serta pesta lampion dan kembang api, dan masih banyak lagi. Panorama cantik dari Dieng tentu menjadi faktor utama bagi pecinta festival dalam negeri. Acara ini digelar 3 hari berturut-turut, bertempat di Dieng, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Sudah siap untuk pesta lampion dan kembang api?

FESTIVAL BULELENG

 

Festival Buleleng atau para masyarakat lokal menyebutnya sebagai Bulfest diselenggarakan guna memperingati momentum kesenian Buleleng dan mengenalkan ragam budaya baik itu kesenian, maupun kuliner asal Buleleng. Festival budaya ini pun diselenggarakan di berbagai situs kota Buleleng seperti Tugu Singa Ambararaja, Jembatan Tua Pelabuhan, Puri Kanginan, dan Sasana Budaya. Acara ini pun diselenggarakan pada tanggal 2-6 Agustus 2019.

FESTIVAL MOROTAI

 

Kepulauan Maluku pun tidak kalah lagi dalam menyelenggarakan acara meriah, terkenal dengan kecantikan panoramanya, Kepulauan Morotai pun menyelenggarakan Festival Morotai setiap tahunnya. Festival ini pun dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara seperti Parade Budaya Bahari Pulau Morotai, Pekan Seni Morotai, Pekan Olimpiade Morotai, Festival musik dan tari tradisional, Festival Pesona Kirab Nusantara. Seluruh rangkaian acara diselenggarakan pada tanggal 4 hingga 5 Agustus 2019.

FESTIVAL BUDAYA LEMBAH BALIEM

 

Festival tahunan Lembah Baliem kembali digelar dan sudah bertahan selama 30 tahun lamanya. Tahun ini Festival Lembah Baliem akan kembali diselenggarakan di Distrik Welesi, Kabupaten Jayawijaya, Pegunungan Tengah, Papua. Festival ini pun dikhususkan untuk mempromosikan seni dan budaya Suku Dani sebagai salah satu warisan budaya nusantara. Kali ini Festival Lembah Baliem akan diselenggarakan pada tanggal 7 sampai 10 Agustus 2019.

Tidak hanya lima di atas, kamu pun dapat mengunjungi event lainnya yang diselenggarakan pada bulan Agustus:

  1. TOMOHON FLOWER FESTIVAL (7 – 12 Agustus 2019, Tomoohon, Sulawesi Utara)
  2. FESTIVAL SANDEQ RACE (7 – 13 Agustus 2019, Kabupaten Polewali Mandar)
  3. JAKARTA FASHION & FOOD FESTIVAL (8 Agustus – 8 September 2019, Mall Kelapa Gading, Jakarta)
  4. PASA HARAU ART & CULTURE FESTIVAL (9 – 11 Agustus  2019, Lemba Harau, Lima Puluh Kota)
  5. FESTIVAL CHENG HO (18 Agustus  2019, Semarang)
  6. GRAND KARNAVAL INDONESIA (18 Agustus  2019, DKI Jakarta)
  7. FESTIVAL TELUK AMBON (17-20 Agustus 2019, Ambon, Maluku)
  8. LAMPUNG KRAKATAU FESTIVAL (23 – 25 Agustus 2019, Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan)
  9. SANUR VILLAGE FESTIVAL (21 – 25 Agustus 2019, Pantai Matahari Terbit Sanur, Denpasar)
  10. FESTIVAL BUDAYA PASAR TERAPUNG (24-26 Agustus 2019, Sungai martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan)
  11. IRON MAN 70.3 (25 Agustus 2019, Kabupaten Bintan) 
  12. FESTIVAL DANAU TEKTONIK POSO (26 – 31 Agustus 2019, Kota Wisata Tentena, Poso)

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.