Air Terjun Tlogo Muncar yang Sudah Tidak Sederas Dulu

0
128
Tampak air terjun dari jauh.

Berwisata sambil main air adalah salah satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan para traveler. Apalagi jika bermain airnya di air yang jernih dan turun langsung dari pegunungan ditambah suasana sejuk dan alam yang rindang di sekitar kawasan. Barangkali wisata air terjun di daerah Sleman yang satu ini bisa menjadi rekomendasi akhir pekan untuk liburan Anda sekeluarga. Namanya Air Terjun Tlogo Muncar dan berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Jadi, jika kalian sedang tidak ingin mendaki gunung, lebih baik bermain air saja di air terjun ini.

Lokasi Tlogo Muncar tidaklah jauh dari loket gerbang masuk utama. Kita tinggal jalan lurus mengikuti arah papan penunjuk jalan. Di sepanjang jalan, kalian akan menemukan payung-payung hias yang ditaruh di atas. Nuansa romantis akan terasa sekali. Apalagi angin berhembus sangat damai menyejukkan hati siapa saja yang mengunjunginya.

Air Terjun Tlogo Muncar ini memiliki sejarah yang panjang dan menyimpan kisah mistis di dalamnya. Sri Sultan HB VIII sering menggunakan air terjun tersebut sebagai tempat mandi para bangsawan. Acara ritual Keraton Yogyakarta juga berlangsung cukup khidmat di sana. Beberapa benda pusaka seperti keris sering dimandikan di air terjun di kaki gunung Merapi itu.

Jalan menuju air terjun.

Sementara dalam kepercayaan masyarakat sekitar, air terjun tersebut bisa membuang sial, mendatangkan jodoh jika belum dapat-dapat, dan konon juga bisa membuat wajah kita awet muda. Air Terjun Tlogo Muncar ini diyakini memiliki kekuatan magis dan barokah yang diturunkan oleh pendahulu-pendahulu keraton.

Tak jauh dari Air Terjun Tlogo Muncar, terdapat patung monyet ekor panjang yang sedang memegang pisang. Di bawah patung ada suatu tempat yang entah disebut apa. Yang jelas banyak uang koin di tempat itu. Tak hanya terdapat satu patung, tapi ada dua sampai lima patung. Uang koin itu menumpuk, tidak ada petugas yang mau mengambil, apa iya akan diambil jin? Apa jin menggunakan uang koin untuk bertransaksi di alamnya? Mungkin wisatawan masih mempercayai hal-hal mistis di kawasan air terjun itu sehingga mereka tidak berpikir panjang kemana uang koin itu akan berakhir.

Air Terjun Tlogo Muncar ini tidak sederas dulu. Volume airnya semakin berkurang karena berbagai sebab. Pertama karena gempa bumi yang cukup besar pada 2006 di daerah Yogyakarta. Gempa tersebut selain menelan banyak korban jiwa juga membuat bebatuan tebing air terjun bergeser dan membentuk celah yang menyebabkan air masuk ke dalam celah tersebut hingga perlahan-lahan volume air yang turun semakin berkurang drastis.

Tampak air terjun dari dekat.

Kedua karena erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam di mana banyak kawasan sekitar yang terbakar. Pepohonan semakin sedikit untuk menampung air dan banyaknya material erupsi Gunung Merapi yang menutup kawasan air terjun sehingga debit air terjun semakin berkurang lagi.

Saya mendapat informasi tersebut ketika membaca sebuah papan informasi di dekat Air Terjun Tlogo Muncar. Informasi tersebut membuat saya geleng-geleng, pantesan airnya sangat sedikit. Meski begitu, air itu cukup untuk cuci muka dan merendam kaki. Selain itu, ada beberapa kolam yang dibuat di sekitar air terjun. Kolam-kolam tersebut diisi ikan berwarna-warni.

Kalian juga bisa duduk-duduk menikmati Air Terjun Tlogo Muncar yang mengalir sedikit karena di sana tersedia tempat duduk buatan. Kita bisa sambil mengobrol atau makan camilan bersama keluarga atau teman. Namun, tetap harus berhati-hati karena di sekitar air terjun, monyet ekor panjang kadang muncul. Mereka suka mengambil makanan milik wisatawan. Kalau tidak diberi, bisa-bisa kalian dikejar.

Setelah puas menikmati sejuknya air terjun dan makan, kalian bisa puas berfoto-foto di sana. Bagaimana? Tertarik ke Air Terjun Tlogo Muncar? Siapkan saja kendaraan menuju ke Sleman dan uang Rp 5000 untuk tiket masuk per orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.