Air Terjun Niagara Mini di Kota Kecil Bondowoso

0
376
Air terjun dengan ketinggian 6 m
Air terjun dengan ketinggian 6 m

Kota kecil Bondowoso yang terletak di ujung Provinsi Jawa Timur identik dengan wisata pegunungannya, lho. Salah satu yang sangat terkenal yaitu Air Terjun Niagara Mini. Wisata Air Terjun Niagara Mini versi Indonesia ini sudah sering dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri atau mancanegara. Kebanyakan para wisatawan setelah mengunjungi Gunung Ijen tidak ingin ketinggalan untuk menengok Air Terjun Niagara Mini.

Menikmati pemandangan Air Terjun Niagara Mini menjadi salah satu alternatif untuk melepas lelah. Hanya duduk menikmati pemandangan dan mendengar gemercik air sudah sangat nyaman. Selain itu, air terjun mini ini sangat terkenal dikalangan wisatawan. Daya tarik air terjun bertingkat dengan ketinggian sekitar 6 meter menciptakan air terjun yang menarik dan tentu saja aman untuk dikunjungi.

Keindahan Air Terjun Niagara Mini
Keindahan Air Terjun Niagara Mini

Lokasi Air Terjun Niagara Mini ini terletak di Kalianyar, Kecamatan Sempol. Lokasi yang strategis berada di samping pabrik pengolahan kopi arabica yang dikelola oleh PTPN XII sehingga mudah untuk dikunjungi. Akses menuju wisata ini mudah untuk dijangkau. Hanya saja jalannya masih ada yang belum beraspal sehingga kalian harus berhati-hati dan juga harus memperhatikan keamanan dalam berkendara. Jalan menuju wisata ini adalah jalan pegunungan sehingga melewati perbukitan. Tetapi, kalian tidak akan menyesal karena pemandangan selama perjalanan yang masih alami dan menyejukkan mata. Setelah sampai di wisata ini pun tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Biaya parkir yang hanya Rp 2.000 dan tiket masuk yang hanya Rp 5.000. Kalian bisa menikmati pemandangan yang sangat keren.

Air Terjun Niagara Mini ini memiliki kolam air panas buatan yang berada di dekat loket. Ya, beberapa jalur air tanah di sini memiliki kandungan belerang dan suhu yang lebih tinggi daripada sekitarnya. Hal ini karena memang lokasinya yang dekat dengan Kawah ijen. Tapi, air dari niagara mini memiki suhu yang sejuk ditambah udara yang segar. Tentu kalian bisa menikmati wisata ini dengan nyaman. Selain ada kolam air panas ada pula jembatan yang memang disediakan untuk para pengunjung untuk mengeksplor lokasi wisata ini. Beberapa pendopo juga ada di sekitar wisata. Agar pengunjung bisa menikmati dan bersantai sambil menikmati air terjun dengan karakteristik landai dan bertingkat ini. Pengelola dari Dinas Pariwisata Bondowoso juga banyak berbenah agar pengelolaan di wisata Air Terjun Niagara Mini ini semakin baik dan dapat lebih dikenal oleh para wisatawan.

Air yang sejuk dengan suasana pegunungan
Air yang sejuk dengan suasana pegunungan

Wisata yang mulai dikenal karena keunikannya ini banyak dijadikan sebagai background yang cocok untuk dijadikan foto seperti prewedding atau sekadar dibagikan di akun media sosial. Air Terjun Niagara Mini ini menjadi salah satu wisata unggulan Kabupaten Bondowoso. Ciri khas air terjun yang tidak terlalu tinggi namun lebar dan bertingkat menciptakan pemandangan air terjun yang berbeda dibandingkan yang lainnya yang identik dengan ketinggian dan alirannya yang deras. Banyak wisatawan yang tergoda untuk mengabadikan Air Terjun Niaga Mini ini. Sudah banyak spot instagramable yang menjadikan air terjun ini banyak dikunjungi. Namun, lebih baik untuk mengunjungi wisata ini tidak pada musim hujan karena akses pegunungan yang menjadi licin dan aliran air yang menjadi lebih deras.

Memang dibutuhkan perjuangan yang lebih untuk menikmati wisata Air Terjun Niagara Mini yang berada di kawasan wisata Gunung Ijen ini. Namun, perjuangan itu akan terbayarkan dengan keindahan Air Tejun Niagara Mini yang elok, air dan udara pegunungan yang sejuk. Jadi, kalian wajib untuk mengunjungi wisata ini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.