Agar Bugar di Taman Ringin Budho

0
662
Adipura kebanggan kota Pare berada di tengah taman.

Kalian lagi program intensif English course di kampung Inggris Pare, Kediri? Butuh refreshing? Kalian bisa coba deh kunjungi tempat menarik yang murah meriah di Pare yaitu Taman Kota Pare. Jadi di Pare ini ada 3 taman kota yang cantik yaitu Taman Hutan Kota, Taman Kilisuci, dan Taman Ringin Budho.

Oke selanjutnya kita bahas yuk tentang salah satu taman Kota Pare yaitu Taman Ringin Budho!

Pare merupakan salah satu kecamatan di Kediri, Jawa Timur. Dari kediri, kalian bisa ke taman ini dalam waktu 30 menit menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak tempuh 25 Km. Tapi kalau kalian lagi stay di Pare, taman ini deket banget dengan tugu jam di jalan mastrip. Tugu ini adalah tugu legendaris yang berada di perempatan Pasar Lama Pare. Kalian nggak akan kesulitan menemukan Taman Ringin Budho ini apalagi identik dengan beringin besarnya. Taman Ringin Budho terletak di pinggir jalan, jadi aksesnya mudah dijangkau oleh masyarakat.

Selamat Datang di Taman Ringin Budho.

Ternyata Taman Hutan Kota Pare dan Ringin Budho sama-sama diresmikan pada tanggal 21 januari 2019. Namun Taman Ringin Budho ternyata sudah aja sejak dahulu namun taman yang dulunya alun-alun Kota Pare ini direnovasi menjadi taman yang lebih nyaman bagi masyarakat sebagai ruang terbuka hijau yang menarik. Renovasi ini juga tidak mengubah maskot yaitu arca Mbah Budho dan beringin besar yang berada di depan taman, selain itu juga ada adipura Kota Pare yang masih gagah berdiri. Biaya masuk taman ini gratis hanya cukup membayar parkir saja.

Ruang terbuka hijau ini memiliki beragam fasilitas yang menunjang kegiatan positif masyarakat Kota Pare. Salah satu yang menarik yaitu konsep taman fitness, dimana ada bebarapa alat fitness yang telah dimodifikasi dan menjadi lebih sederhana dari bentuk seharusnya yang memang terkenal mahal, sehingga alat fitness ini bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Taman Ringin Budho.

Alat fitness sederhana yang telah dimodifikasi.

Taman fitness ini juga memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan taman lainnya di pare karena jumlahnya yang cukup banyak dan design unik namun tetap memiliki manfaat yang hampir sama dengan alat fitness pada umumnya. Banyak masyarakat yang masih bingung cara menggunakannya sehingga banyak alat yang digunakan tidak sesuai dengan fungsinya, sehingga ada beberapa alat yang rusak karena salah digunakan. Selain alat fitness yang telah dimodifikasi, juga ada playground bagi anak-anak, sehingga kalian tidak akan bosan disini. Bagi kalian kaum milenial pasti sering mendengar skateboard atau sepeda BMX, nah disini juga ada fasilitas arena yang dapat kalian gunakan. Ada pula jogging track yang bisa kalian gunakan. Jadi kalian dapat memanfaatkan semua fasilitas ini agar lebih sehat dan bugar, selain itu juga bisa digunakan untuk kegiatan positif lainnya.

Kalian juga bisa menggunaka arena skateboard dan sepeda BMX.

Dahulu Taman Ringin Budho yang sebelumnya adalah alun-alun, banyak pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitarnya, karena memang lokasinya yang strategis dan berada di pertigaan Kota Pare yang merupakan wilayah keramaian. Sekarang pedagang tersebut telah diatur sedemikian rupa di food court yang berada di dalam taman. Sekarang wilayah yang ramai ini menjadi rapi dan tertata sehingga menjadi lebih nyaman untuk dikunjungi masyarakat. Fasilitas toilet dan parkir tersedia juga di taman ini, jadi kalian bisa menikmati fasilitas yang ada di taman ini dengan tenang. Berkunjung ke Taman Ringin Budho yang berada di lokasi strategis merupakan salah satu pilihan kalian untuk menikmati waktu kosong dan menikmati fasilitas yang ada di Taman Ringin Budho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.