7 Tips Packing Buat Kamu Para Backpacker yang Tak Ingin Punggung Menanggung Beban Berat

0
1323
Tips Packing Wanita
Kemas printilan-printilan dengan baik akan sangat membantu.

Siapa disini yang tim ransel alias backpack? Ini samaan dengan saya. Dibanding membawa tas tentengan dan koper, backpack atupun ransel tetap jadi favorit. Alasannya? Sederhana sih, lebih keren dan mencerminkan diri sebagai seorang traveler sejati. Tapi, supaya punggung tak menanggung beban berat, ini dia tips packing yang ternyata ada teknik yang perlu kalian perhatikan:

1. Sesuaikan ransel dengan kebutuhan

Tips dan Info Packing
Ransel yang nyaman dan packing yang tepat juga kunci traveling asik.

Bukan asal pilih ransel yang keren karena tidak semua jenis ransel cocok untuk melakukan berbagai perjalanan. Ransel buat mendaki gunung tentu berbeda dengan ransel untuk pergi sekedar kemping ceria, atau hanya staycation di luar kota. Sebaiknya pilih ransel yang ringan, kuat, dan sesuai dengan tipe perjalananmu. Ransel yang water resistant, bantalan punggung empuk, dan sabuk penggendong di pinggang atau pengkait di dada untuk membagi beban penting untuk menjadi syarat ransel yang harus kamu pilih.

2. Belajar teknik packing

Ternyata packing juga ada ilmunya, yaitu tumpuan beban berada di daerah antara pundak dan pinggang, sehingga beban paling berat berada dekat dengan punggung, bukan berada paling atas atau paling bawah.

3. Klasifikasikan barang-barang kecil atau printilan di kantong tersendiri

Tips Packing Wanita
Kemas printilan-printilan dengan baik akan sangat membantu.

Say no untuk menjadikan ranselmu kantong ajaib dengan segala keperluan yang bercampur baur jadi satu tanpa sekat. Itu sama sekali tidak akan memudahkan dan bikin ribet saat kamu perlu untuk mencari sesuatu dengan cepat dan efisien. Untuk membantumu lebih praktis, sedikan kantong-kantong kecil semacam pouch untuk mewadahi printilan seperti underwear, charger dan segala alat kelistrikan, make up, alat mandi, alat sembahyang, dan obat-obatan.

Barang penting lainnya sebaiknya diletakkan di tas terpisah untuk memudahkan pengambilan di saat genting sekalipun dan menghindari membuka tas besar. Semisal dompet, kamera, charger, powerbank, ipod, tongsis, notesbook, pensil, dan lain-lain. Lebih oke kalau kantong yang digunakan water resistant seperti parasit atau plastik.

4. Posisikan beban berat di punggung

Ingat teknik packing nya, letakkan beban barang-barang berat di punggung. Seimbangkan antara kanan dan kiri demi kenyamanan. Letakkan barang yang sewaktu-waktu dibutuhkan di tempat teratas. Misalnya, jaket, topi, kacamata, atau obat-obatan.

5. Manfaatkan ruang kosong yang ada di ransel

Menggulung pakaian adalah cara yang tepat untuk mengurangi volume ruang, sehingga ruang yang lainnya bisa digunakan untuk barang lain yang perlu dibawa dan diletakkan di sisi-sisi yang tersisa. Jangan lupa, jika ada ruang-ruang seperti box atau yang lain, isi bagian dalamnya juga dengan sesuatu yang bermanfaat. Misalnya, yang pernah saya coba adalah saat mendaki gunung dan membawa beras dalam cooking set, maka saya menempatkan telur diantara butiran beras hingga padat.

6. Bawa alat mandi dan body care dalam kemasan kecil

Jika kalian merasa ini kebutuhan yang sangat personal, bawalah dari rumah dengan kemasan yang kecil untuk sabun, pasta gigi, dan shampo. Kemasan sachet juga sangat membantu. Sebetulnya bisa saja membeli keperluan di jalan. Namun, membawa dari rumah dengan kemasan yang praktis akan lebih banyak menghemat waktu dan menghindari kekhawatiran kalau jarang didapati toko serba ada atau mini market di lokasi tujuan. Handuk juga sebaiknya membawa ukuran kecil yang ringan.

7. Siapkan bag cover dan pengaman

Tips dan Info Packing
Tujuan perjalanan dengan bersepeda juga butuh persiapan ransel dan packing.

Barang-barang sudah aman dan siap angkut. Terakhir, siapkan bag cover yang bisa melindungi ransel dari kebasahan bila cuaca sedang tidak memungkinkan atau saat ransel tak sengaja diletakkan di area yang basah. Siapkan pula pengaman untuk resleting tas bila kamu berpotensi untuk berada di kerumunan orang atau berdesak-desakan. Tanda nama juga perlu bila ransel kamu sempat masuk bagasi pesawat untuk memperkuat ciri dan identitas.

Ransel sudah rapi, dan perjalanan siap dimulai. Dengan 7 tips packing di atas, dijamin perjalanan kamu terasa lebih menyenangkan karena kamu sudah tahu apa saja bekal yang kamu perlukan selama perjalanan dan tahu pasti jika suatu waktu membutuhkan sesuatu, kamu bisa sesegera mungkin memenuhinya. Safety trip dimulai dengan persiapan yang matang, termasuk urusan packing yang sering disepelekan banyak orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.