7 Tips Mengunjungi Grand Palace Biar Trip Kamu Happy Ending

0
273
Grand Palace Bangkok.

Ketika traveling ke Bangkok, rasanya belum lengkap kalau tidak mampir ke Grand Palace. Meski tidak wajib, tapi bekas istana raja ini terasa sayang untuk dilewatkan. Bangunan komplek istana ini begitu megah dan anggun. Tak heran kalau Grand Palace menjadi icon wisata di negara Thailand dan menjadi destinasi wajib bagi siapa pun yang berkunjung ke Bangkok. Entah berapa kali mengunjungi Bangkok, paling tidak pernah satu kali mengunjungi istana yang terletak di pusat Kota Bangkok ini.

Grand Palace merupakan komplek bangunan istana yang dibangun pada tahun 1782, pada masa pemerintahan King Rama 1. Selama 150 tahun (hingga tahun 1945), Grand Palace menjadi pusat pemerintahan kerajaan Thailand sekaligus sebagai tempat tinggal raja. Istana ini diperluas beberapa kali dengan bangunan-bangunan tambahan yang dibangun seiring waktu perkembangannya. Sekarang ini Grand Palace sudah tidak lagi menjadi tempat tinggal raja. Tapi sesekali Grand Palace masih digunakan sebagai tempat menggelar upacara dan ritual kerajaan, termasuk menyambut tamu kenegaraan.

Selain menjadi objek wisata, di dalam Grand Palace juga terdapat kuil Buddha bernama Wat Phra Kaer. Kuil berwarna emas yang dibangun pada tahun 1785 ini sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Buddha Thailand. Itu juga sebabnya orang Thailand lebih sering mengenal nama Wat Phra Kaew daripada nama Grand Palace.

Grand Palace buka setiap hari mulai jam 08.30 – 15.30 waktu setempat. Harga tiket masuk dikenakan biaya sebesar 500 Bath. Cukup mahal memang, hampir sekitar 200 ribu rupiah. Tapi tiket masuk ke Grand Palace ini juga sudah termasuk tiket untuk Wat Pho, kuil di mana terdapat patung Buddha Tidur atau Reclining Budha sepanjang 46 meter.

Luas Grand Palace ini sekitar 500 x 300 meter, dengan total 35 bangunan di dalamnya. Ditambah dengan cukup banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke komplek istana ini, tak jarang akhirnya gagal mengelilingi keseluruhan komplek istana karena sudah terlalu lelah. Karenanya, untuk menghindari hal itu, berikut ini ada beberapa tips agar kunjunganmu ke Grand Palace Bangkok bisa puas.

Siapkan Uang Sebesar 500 Bath
Kenakan topi atau payung untuk menghindari teriknya matahari.

Tiket masuk ke Grand Palace ini memang tidak bisa dibilang murah. Tak sedikit wisatawan yang memilih cukup hanya berada di luar komplek istana saja demi berhemat budget. Karenanya kalau memang kamu berniat berkunjung ke Grand Palace, siapkan budget 500 Bath dalam anggaran perjalananmu sebelum kamu mulai berangkat.

Datang Pagi Hari

Grand Palace dibuka sejak pukul 8.30 pagi. Ketika aku tiba jam 8.00 pagi, ternyata sudah cukup banyak wisatawan yang menanti dibukanya Grand Palace. Karenanya untuk menghindari lebih ramai lagi, usahakan untuk datang sepagi mungkin. Mungkin kamu bisa jalan-jalan dulu menikmati suasana sekitar Grand Palace.

Kenakan Pakaian yang Sopan
Kenakan pakaian yang sopan.

Ini penting sekali untuk diingat. Ada aturan pakaian saat memasuki komplek istana ini. Pastikan pakaian kalian tidak terbuka dan panjangnya di bawah lutut. Ini berlaku perempuan dan laki-laki. Biasanya jika mengenakan pakaian yang terbuka atau kurang panjang akan dipinjamkan kain atau sarung untuk menutupinya. Tak masalah sih, tapi kan jadi membuat foto kurang kece untuk pamer outfit of the day-nya.

Sarapan Terlebih Dahulu

Komplek istana ini sangatlah luas. Ada baiknya kamu mengisi perut dengan sarapan terlebih dahulu agar punya cukup energi untuk mengelilingi komplek istana meski suasana cukup ramai.

Bawa Air Minum dan Pelindung Kepala

Bangkok memiliki suhu yang cukup panas. Apalagi bila hari samakin siang, panas matahari akan dirasa cukup terik. Sebaiknya kamu tak lupa membawa air minum untuk mengindari dehidrasi. Selain itu bawa juga pelindung kepala seperti topi atau payung. Kalau aku lebih senang membawa topi daripada payung. Selain lebih cantik saat difoto, tidak perlu khawatir akan mengganggu orang lain. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya juga ya.

Waspada Terhadap Scammer

Selain terkenal akan wisata kuliner, belanja, dan budayanya, aksi penipuan di Bangkok juga cukup beken. Biasanya aksi scam ini dilakukan oleh supir taksi atau supir tuk tuk. Mereka akan meminta harga tertentu (cukup murah biasanya) untuk mengantarkan sampai tempat tujuan, tapi dengan syarat kamu akan dibawa kebeberapa tempat lain terlebih dahulu. Biasanya kamu akan dibawa ke tempat toko perhiasan.

Di Grand Palace tak jarang bentuk scam serupa ada juga. Biasanya para supir itu akan menghampiri wisatawan yang hendak berkunjung ke Grand Palace, kemudian mereka akan bilang kalau saat ini Grand Palace sedang tutup dan menawarkan untuk jalan-jalan dulu menggunakan jasa mereka sampai jam Grand Palace buka. Perlu banget diingat kalau Grand Palace itu hampir selalu buka setiap harinya. Kalau kamu ragu, sebaiknya tanyakan pada petugas resmi.

Just Enjoy Your Trip!

Yang namanya perjalanan memang tak selalu mulus sesuai rencana. Tak peduli sudah sedetail apa rencana perjalanan yang kamu buat. Tapi kuncinya, nikmati saja perjalanan itu. At the end pasti akan tetap merasa bahagia kok. Sebarkan senyum manis dalam setiap foto perjalananmu.

Nah itu tadi 7 tips mengunjungi Grand Palace Bangkok. Sudah ada rencana ke Bangkok dalam waktu dekat ini? Jangan lupa untuk berkunjung ke Grand Palace ya. Have fun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.