7 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Mendaki Gunung Andong

0
201
Gerbang Pendakian Gunung Andong via Basecamp Sawit.

Bukan masyarakat Jawa Tengah jikalau tak mengenal Gunung Andong. Gunung setinggi 1.726 mdpl ini terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung Andong juga terbilang gunung yang ramah untuk pendaki pemula. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peminat dan pengunjung yang mendaki Gunung Andong dibandingkan dengan gunung lain di Jawa Tengah.

Gunung Andong juga masih satu gugusan gunung dengan Gunung Sindoro, Sumbing, dan Merbabu. Di antara semua gunung tersebut, Gunung Andong yang mempunyai ketinggian paling rendah. Namun jangan salah! Pesona puncak yang ditawarkan Gunung Andong juga tak kalah menarik dari gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah lainnya.

Beberapa hal yang mungkin wajib Anda ketahui jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Andong di antaranya adalah:

Persiapan Pendakian

Sebelum melakukan segala sesuatu, hendaknya memikirkan terlebih dahulu perencanaannya. Seperti halnya pada sebuah acara, pasti ada susunan acara yang dipersiapkan dan direncanakan terlebih dahulu sebelum melaksanakan acara. Pola seperti itu juga berlaku bagi pendakian.

macet saat pendakian.

Yang perlu dipersiapkan adalah kondisi fisik dan psikis serta teknis. Percuma apabila tubuhnya sehat tapi skill dan mental yang dipunyai pendaki terlalu lemah, atau dengan kata lain belum siap mendaki. Kemudian teknis, yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan barang bawaan seperti pakaian, tas keril, sepatu, sleeping bag (kantong tidur, agar tubuh tetap hangat), tenda, dan yang tak kalah penting adalah obat-obatan pribadi. Beberapa alat penunjang seperti kompor dan alat makan, bila diperlukan, juga sebaiknya dipersiapkan sejak awal. Karena bagaimanapun juga, pendaki tidak pernah boleh meremehkan gunung atau alam. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di sana. Oleh sebab itu, segala hal seperti di atas harus dipersiapkan secara matang.

Dan yang terkahir adalah doa serta restu dari orang tua.

Rute atau Basecamp Pendakian

Ada dua rute menuju basecamp pendakian Gunung Andong. Kita dapat lewat Basecamp Sawit atau Basecamp Pendem. Jika ditempuh dari Yogyakarta menuju Magelang, langsung menuju Pasar Ngablak nanti sudah ada gapura pendakian Gunung Andong, tinggal belok ke arah kanan. Setelah sampai di pertigaan makam Dusun Kenteng, Anda dapat memilih belok ke kiri atau ke kanan. Jika ke kiri akan meunuju Basecamp Sawit dan ke kanan untuk menuju Basecamp Pendem. Jalur pendakian yang paling ramai adalah via Basecamp Sawit.

Simaksi

Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) adalah registrasi masuk kawasan Gunung Andong. Mungkin untuk beberapa gunung di Indonesia juga sudah diterapkan sistem seperti ini apabila kawasan pendakian sudah dikelola oleh lembaga setempat.

Tarif masuk untuk pendaki lokal sebesar Rp 10.000 dengan rincian Rp 4.000 untuk Perhutani (sudah termasuk asuransi) dan Rp 6.000 untuk pemasukan kas Dusun Sawit. Kemudian, kita juga dikenakan tarif Rp 5.000 untuk biaya parkir sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Mata air di tengah perjalanan antara Pos 2 Watu Gambir dan Watu Wayang.
Jalur Pendakian

Sudah disinggung di awal bahwa Gunung Andong termasuk gunung di Jawa Tengah yang paling ramai didaki. Trek yang tidak terlalu berat menjadi pilihan bagi banyaknya pendaki memilih Gunung Andong. Bahkan, seringkali kita dapat menjumpai fenomena macet di jalan karena perjalanannya yang antre.

Tua, muda, pria, wanita, hingga anak-anak yang masih balita sering dijumpai juga turut melakukan pendakian di Gunung Andong. Mereka bahkan bermain-main di sepanjang jalan dan ikut berjalan sampai ke puncak. Maka julukan “Gunung Sejuta Umat” memang pantas disematkan kepada Gunung Andong ini.

Di sepanjang jalan dari pengecekan barang dan tiket registrasi menuju Pos 1 kita disuguhi anak tangga yang dapat menguras keringat lebih banyak. Memang, pendakian menggunakan tangga dinilai lebih capek dan membuat kaki pegal. Namun, anak tangga dapat mengurangi resiko licin dan tergelincir di saat hujan. Setelah mencapai Pos 1, maka kita akan mendapati warung yang tentunya juga menyediakan makanan serta minuman.

Fenomena lautan awan dari Puncak Andong.
Waktu Tempuh

Ada dua jalur untuk mencapai puncak dari Gunung Andong via Basecamp Sawit. Terhitung dari Pos 1 menuju Pos 2 ada jalur baru dan jalur lama. Yang membedakan adalah treknya. Trek jalur baru lebih menanjak, tetapi jarak tempuh dan waktunya lebih efektif. Selain itu, kita dapat menjumpai mata air di tengah perjalanan antara Pos 2 Watu Gambir dan Watu Wayang.

Estimasi waktu dari pengalaman saya mendaki Gunung Andong via Basecamp Sawit adalah:

Basecamp menuju Pos 1 : 30 menit

Pos 1 menuju Pos 2 : 15 menit

Pos 2 menuju Pos 3 : 15 menit

Pos 3 menuju puncak : 30 menit

Total = 1 jam 30 menit

Puncak

Setelah sampai puncak, maka Anda pasti akan merasa seperti di “pasar” karena saking banyaknya pendaki yang berada di puncak. Tempat mendirikan tenda berada  di pinggiran puncak. Namun bahkan tak jarang kita tidak mendapat tempat untuk mendirikan tenda yang sudah penuh sesak dihuni pendaki lain. Maka sebaiknya Anda mendaki pada hari-hari biasa untuk meminimalisir fenomena seperti “pasar” tersebut.

Selain itu, Gunung Andong mempunyai empat puncak yang berbeda. Keempat puncak tersebut adalah Puncak Andong, Puncak Makam, Puncak Jiwa, dan Alap-Alap. Dengan puncak tertingginya yaitu Puncak Andong.

Suasana seperti pasar di puncak.
Terdapat Warung dan Makam di Puncak

Jika mendaki via Basecamp Sawit, maka puncak pertama yang dicapai adalah Puncak Makam. Mengapa disebut Puncak Makam? Karena di kawasan tersebut terdapat makam dari Kiai Abdul Faqih atau yang dikenal dengan sebutan Ki Joko Pekik, tokoh yang dihormati masyarakat setempat.

Selain itu, jika kalian malas membawa banyak beban dan logistik dari bawah, Anda tak perlu khawatir akan kelaparan. Karena di puncak terdapat dua warung milik warga setempat dengan harga yang sesuai dengan usaha para pedagang menyediakan makanan di puncak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.