7 Hal yang Harus Kalian Siapkan untuk Pertama Kali Mendaki!

0
536
Jangan lupa untuk membawa matras sebagai alas.

Akhir-akhir ini kegiatan alam sangat populer di kalangan anak muda. Mulai dari jalan-jalan ke tempat instagramable, hingga kegiatan yang cukup meguras tenaga, yaitu mendaki gunung. Para influencer pendaki berhasil menarik perhatian para millenial untuk mengikuti jejaknya mendaki gunung. Sebenarnya, kegiatan pendakian sudah ada sejak zaman dahulu, namun, pada awal tahun 2019 mulai banyak kaum muda yang mencoba kegiatan mendaki gunung. Tidak dapat dipungkiri bahwa keindahan alam yang ada di gunung memang jarang sekali untuk dieksplorasi. Jangan niatkan kegiatan pendakian hanya untuk memperbaiki feeds instagram saja!

Untuk melakukan pendakian dibutuhkan persiapan baik dari segi fisik, mental, maupun logistik. Sebelum mendaki, tentu saja kalian harus memiliki tubuh yang sehat, dan sudah latihan fisik sebelumnya. Apalagi jika gunung yang kalian daki memiliki ketinggian yang cukup tinggi. Jika persiapan fisik dan mental sudah mantap, maka tak kalah penting yaitu persiapan logistik selama pendakian. Banyak terjadi kecelakaan baik ringan maupun berat ketika pendakian, maka dari itu untuk meminimalisir kejadian tersebut diperlukan persiapan peralatan yang matang. 7 barang ini wajib kalian miliki sebelum memulai pendakian.

Tas.
Pastikan menggunakan tas yang memadai untuk semua barang bawaanmu.

Rasanya melakukan pendakian tanpa membawa tas merupakan hal yang tidak mungkin. Seorang pendaki wajib memiliki tas yang pas untuk seluruh barang yang akan dibawa. Tas untuk kegiatan pendakian memiliki spesifikasi tersendiri. Pastikan tas yang kalian bawa memiliki ruang yang cukup untuk memuat seluruh barang dan memiliki bahan anti air atau memiliki rain cover agar terhindar dari basah.

Jaket.

Jaket adalah hal yang wajib dibawa oleh pendaki. Walaupun kalian melakukan pendakian di siang hari, jangan lupa membawa jaket, karena kita tidak tahu cuaca yang ada di gunung. Mungkin, ketika memulai pendakian cuaca begitu cerah, namun bukan tidak mungkin di tengah perjalanan nanti cuaca menjadi hujan dan dingin.

Sleeping Bag.

Sleeping bag mungkin untuk sebagian pendaki merupakan barang yang tidak begitu penting. Namun untuk kalian yang baru mendaki dan tidak tahan dengan suhu dingin maka lebih baik membawa sleeping bag.

Sandal / Sepatu.

Demi alasan keamanan saat pendakian, alas kaki wajib digunakan selalu. Kalian dapat menggunakan sandal maupun sepatu, namun pastikan sandal atau sepatu kalian aman dan memiliki standar untuk melakukan pendakian. Sandal atau sepatu yang kalian kenakan harus memiliki alas yang tidak licin, sehingga kalian tidak mudah terpleset ketika melewati track yang terjal.

Tenda.
Tenda adalah barang yang wajib dibawa.

Jarang sekali kegiatan pendakian yang tidak menggunakan tenda, paling tidak kalian akan menginap 1-2 malam. Untuk itu, kalian harus membawa tenda sesuai dengan jumlah rombongan kalian. Kalian juga harus mempelajari cara mendirilan tenda. Ada berbagai macam jenis tenda, tapi yang paling banyak digunakan oleh para pendaki adalah tenda dumb karena sangat simple dan mudah dibawa.

Kompor.

Kalian pasti tidak ingin kelaparan di tengah perjalanan, kan? Nah, kalian harus menyiapkan kompor lengkap dengan peralatan masak. Kompor yang dibawa pun berbeda dengan yang biasanya ada di rumah kalian, ya. Jika terasa lapar atau kurang energi, tidak apa-apa untuk berhenti sejenak makan perbekalan. Banyak kecelakaan yang terjadi akibat terlalu naif untuk bilang capek kepada rombongan sehingga memaksakan diri dan berakibat ke kelelahan.

Matras.

Ini merupakan barang yang kadang tertinggal padahal penting sekali untuk dibawa. Ketika kalian tidur dan melakukan kegiatan seperti memasak atau hanya duduk-duduk di depan tenda, kalian wajib membuka matras. Matras berguna agar baju kalian tidak kotor dan tidak dimasuki serangga. Selain itu, matras juga menghindarkan kalian dari tanah yang dingin sehingga kalian tidak masuk angin.

Barang-barang diatas bukan hal yang wajib kalian miliki, kalian bisa menyewanya di toko outdoor. Pastikan sebelum melakukan pendakian kalian sudah tahu medan atau ada teman yang pernah naik ke gunung itu agar kalian siap menghadapi medannya. Kalian juga bisa sharing dengan teman serombongan kalian untuk barang-barang tertentu. Utamakan keselamatan kalian, jangan mendaki namun tidak memiliki persiapan yang matang karena kebanyakan mendaki hanya untuk ajang pamer di feeds instagram. Happy travelling.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.