6 Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan Saat Staycation

0
615
Taman Bunga di Kampung Jambu.

Menurut saya, staycation ini lebih kepada menghabiskan waktu berlibur atau hanya berakhir pekan bersama keluarga. Tetapi, akhir-akhir ini banyak sekali anak-anak milenial yang menggunakan istilah ini sebagai cara untuk traveling bersama teman atau secara mandiri.

Lalu, apa ya sebenarnya arti dari staycation ini? Dan, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat ber-staycation ria?

Dari artikel yang saya baca pada englishforsma.com, kepopuleran dari staycation ini berasal dari Amerika Serikat sekitar sepuluh tahun yang lalu. Staycation berasal dari kata stay (stay-at-home) dan vacation yang berarti liburan tanpa bepergian. Sebagai gantinya, kamu hanya menghabiskan waktu di rumah dengan melakukan beberapa aktivitas bersama keluarga.

Dalam staycation ini juga, banyak keluarga yang kadang menghabiskan waktunya dengan pergi ke luar rumah, walaupun memang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah dan masih di kota yang menjadi tempat kamu tinggal. Nah, Travelovers, berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk lebih memaksimalkan staycation bersama keluarga atau mungkin bersama teman kamu:

Bermain di Taman Bunga

Belakangan ini, wisata bertemakan alam semakin banyak bermunculan. Biasanya, tempat-tempat wisata ini memilih perbukitan hijau atau hamparan perkebunan yang dihiasi dengan tanaman bunga yang berwarna-warni. Wisata taman bunga ini tersedia hampir di setiap kota. Keindahan warna-warni bunga yang tersusun rapi menjadi tempat yang instagramable untuk di bagikan ke sosial media kamu. Wisata taman bunga ini biasanya memiliki tiket masuk yang sangat terjangkau.

Dalam melakukan staycation ini, mendatangi tempat-tempat yang berbiaya rendah sangat dibutuhkan. Ya, seperti wisata taman bunga ini. Bukan hanya warna bunganya saja yang menjadi daya tarik, tapi yang terpenting dari mengunjungi taman bunga ini adalah kegiatan-kegiatan yang bisa kamu lakukan, seperti mengenal nama-nama bunga, merangkai bunga, atau bisa juga memetik buah-buahan.

Mengunjungi Museum
Museum Nasional Jakarta.

Travelovers, program sekolah untuk mengunjungi museum memang sudah banyak dilakukan. Program sekolah ini berupa study tour atau study field yang dilakukan saat libur sekolah. Tapi, mengunjungi museum bersama keluarga atau teman ini jarang sekali dilakukan.

Nah, untuk memaksimalkan staycation, mengunjungi museum bersama keluarga atau teman menjadi kegiatan yang harus dilakukan dalam daftar staycation kamu. Mengunjungi museum bisa dilakukan pada saat akhir pekan, ya. Selain untuk belajar sejarah, kebersamaan dengan keluarga atau teman menjadi hal yang sangat dibutuhkan saat mengunjungi museum ini.

Bersepeda

Berdasarkan sumber lain, staycation merupakan jenis traveling murah meriah, karena tidak membutuhkan banyak biaya. Jika kamu melakukan jenis traveling ini, kamu hanya perlu menjelajahi lingkungan di sekitar rumah yang menarik untuk menjadi spot traveling. Bersepeda sepertinya menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan dalam menjelajahi lingkungan di sekitar tempat kamu tinggal. Karena, bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga, jadi sambil ber-traveling kamu juga bisa semakin lebih sehat.

Selain, mengelilingi lingkungan sekitar kota tempat kamu tinggal, bersepeda juga bisa dilakukan di area car free day yang sudah banyak diadakan di beberapa kota besar. Di jamin kegiatan bersepeda kamu bersama keluarga atau teman semakin seru.

Menonton Film

Dalam staycation, kamu harus lebih mempertimbangkan biaya perjalanan harian di dalam kota. Dengan begitu, kamu bisa menikmati tempat-tempat wisata tanpa harus mengeluarkan biaya menginap.

Travelovers, sebelum mendatangi banyak tempat wisata, menonton film bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan saat akhir pekan. Oh iya, nonton film ini bisa dilakukan di bioskop atau juga di rumah dengan menggunakan tv satelit atau aplikasi layanan video secara gratis. Jadi lebih hemat, kan?

Membaca Buku
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Sekarang, sudah banyak jenis buku bacaan yang diterbitkan baik secara cetak ataupun digital. Pilihan genre-nya pun sudah disesuaikan dengan umur si pembaca. Travelovers, jika membaca buku adalah hobi kamu, membeli buku ke toko buku adalah pilihan yang tepat saat ber-staycation ria. Apalagi jika toko buku tersebut sedang mengadakan acara workshop atau kegiatan yang berkaitan dengan membaca, pasti lebih seru.

Selain itu, kamu juga bisa mendatangi perpustakaan di dekat rumah kamu. Sekarang ini banyak perpustakaan yang menyediakan berbagai fasilitas agar pengunjung lebih nyaman berada di perpustakaan dan betah berlama-lama untuk membaca. Mengunjungi perpustakaan di kota lain yang masih dekat dengan tempat tinggal kamu sepertinya bisa menjadi pilihan yang tepat saat ber-staycation. Karena, hal itu bisa menambah wawasan kamu juga.

Berolahraga Senam
Alun-alun Kota.

Akhir pekan lebih baik jika dihabiskan dengan berolahraga. Pada alun-alun kota di tempat tinggal kamu, pasti sering digunakan sebagai pusat olahraga untuk warga sekitar. Bukan hanya untuk jogging saja, tetapi beberapa komuitas atau kelompok sering mengadakan olahraga senam sehat untuk segala umur.

Tanah lapang yang ada di alun-alun biasanya dijadikan tempat berkumpul untuk mengadakan olahraga senam. Nah, kamu juga bisa bergabung bersama warga yang lainnya untuk berolahraga senam bersama keluarga dan teman.

***

Travelovers, itulah arti staycation dan kegiatan-kegiatan yang bisa kamu lakukan saat ber-staycation. Jadi, mulai dari sekarang cek tempat-tempat terdekat yang bisa kamu kunjungi agar staycation kamu lebih seru dan maksimal. Atau, kamu punya pilihan kegiatan sendiri?

Happy staycation!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.