5 Toko Roti Legendaris di Bandung yang Laris Manis

0
331

Bandung memang sudah terkenal sebagai surganya wisata kuliner selain wisata adat budaya. Jenis makanan yang menjadi buruan wisatawan yang traveling ke kota ini pun beragam, dari makanan yang sedang viral hingga makanan jadul.

Kalau kamu berencana jalan-jalan atau liburan ke Bandung minggu ini, coba deh berkunjung ke toko-toko roti legendaris di Bandung. Saking terkenalnya, toko-toko ini pun masuk dalam travel intinerary dan travel blog Indonesia.

Inilah nama-nama toko roti yang bisa kamu kunjungi saat singgah di Bandung.

Roti Sidodadi
Roti Sidodadi (Instagram.com/jogjabikinlaper)

Jika kamu berkunjung ke toko roti Sidodadi, siap-siap untuk mengantri, ya, karena pengunjungnya selalu banyak. Toko ini sudah berdisi dari sejak tahun 1954. Hebatnya, meski sudah berumur puluhan tahun tapi rasa aslinya tetap mereka pertahankan sampai sekarang. Roti Sidodadi memiliki tekstur yang padat dan pastinya mengeyangkan. Aneka rasa roti dijual di sini tapi yang menjadi produk unggulan adalah roti rasa stroberi, cokelat, smoked beef atau keju. Yang unik dari toko roti ini adalah penyajian rotinya yang dibakar menggunakan arang. Toko ini juga menyediakan kue-kue tradisional yang tentu saja lezat.

Lokasi toko Roti Sidodadi ada di Jalan Otto Iskandardinata, no. 255. Buka mulai pukul 09.00 pagi dan tutup pukul 07.30 malam.

Roti Gempol
Roti Gempol (Instagram.com/feed.meh.up)

Jika dibandingkan dengan toko Roti Sidodadi, toko Roti Gempol berumur lebih muda karena berdiri pada tahun 1991. Yang memburu kuliner di sini tak hanya warga Bandung tapi juga para wisatawan dari luar Bandung. Kekhasan toko roti ini terletak pada bahan utama yang digunakannya, yaitu gandum. Ukuran roti Gempol lumayan besar dan juga tebal. Tekstur rotinya kasar karena bahannya menggunakan gandum.

Asyiknya lagi, di sini para pengunjung bisa melihat cara penyajian, pemanggangan hingga pengisian filling roti. Roti Gempol lebih enak disantap saat masih panas karena tekstur luarnya yang kasar berubah jadi renyah tapi bagian dalam tetap lembut.

Alamat toko roti Gempol ada di Jalan Gempol Wetan No. 14. Buka mulai pukul 07.00 pagi hingga 08.00 malam.

Roti Cari Rasa
Roti Cari Rasa (Instagram.com/ikrasmara)

Toko yang terkenal dengan roti bumbu bakarnya ini identik dengan kota Bandung. Kalau kamu sedang jalan-jalan ala backpacker di kota Bandung dan merasa kelaparan di pagi hari, mampirlah ke toko roti ini, yang ada di daerah Pasar Kosambi. Toko ini sudah mulai beroperasi dari mulai pukul 06.00 pagi. Selain di Kosambi, toko roti Cari Rasa juga bisa dijumpai di jalan Jendral Ahmad Yani dan Babakan Sari, Kiaracondong. Roti bumbu bakar dan roti isi selai adalah menu yang ditawarkan toko Roti Cari Rasa.

Roti Djie Seng
Roti Djie Seng (Instagram.com/hesti_santoso)

Dibandingkan dengan Toko Roti Sidodadi, Toko Roti Dji Seng berdiri beberapa tahun lebih lama, tepatnya sudah ada sejak tahun 1950. Yang membedakan dari toko roti jadul lainnya adalah cara penjualannya. Toko roti ini menggunakan jasa penjual keliling untuk menjual rotinya. Biasanya, para penjaja roti di daerah Bandung akan sudah mengambil roti di pabrik dari mulai pukul 06.00 pagi. Sementara untuk mereka yang berkeliling di Cimahi dan Bandung Barat, akan mendatangi pabrik dari mulai pukul 01.00 pagi supaya bisa mulai jualan pukul 05.00 pagi. Roti favorit dari roti Djie Seng adalah roti cokelat dan roti susu. Kamu juga bisa mendatangi langsung pabriknya untuk bisa menikmati roti Djie Seng.

Roti Sumber Hidangan
Roti Sumber Hidangan (Flickr.com/Rhonita Andarini

Jika sedang jalan-jalan di Jalan Braga, mampirlah ke toko roti Sumber Hidangan. Toko roti ini umurnya lebih tua dari toko roti Sidodadi maupun Djie Seng. Toko ini sudah ada semenjak tahun 1929 saat jalan Braga masih dipadati oleh orang-orang Belanda. Tak hanya tempatnya yang dibiarkan tetap asli, bahkan nama-nama makanannya pun masih menggunakan bahasa Belanda, seperti ananastaart, bookepot, ontbijtkoek, , saucjisbrood, kreentenbrood. Kemasan roti ini tidak menggunakan plastic tapi kertas. Roti ini juga memiliki rasa dan aroma yang khas yang berbeda dari roti kekinian.

Kalau kamu mengklaim sebagai food enthusiast, pastikan untuk mencicipi roti di toko-toko roti ini.

 

Penulis: Siti Hasanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.