5 Tips Berfoto dengan Rusa di Ranca Upas Ciwidey Bandung

0
242
Sodorkan Makanan di Depan Muka Rusa.

Ciwidey, Bandung, memang terkenal dengan wisata alamnya, yaitu Kawah Putih Ciwidey. Namun, masih ada tempat wisata lainnya di sekitar Kawah Putih yang juga wajib kalian kunjungi saat ke Ciwidey karena hanya berjarak 100 meter. Tempat wisata itu bernama Ranca Upas. Dari namanya, orang sudah penasaran karena tidak menunjukkan tempat wisata yang spesifik, seperti pantai, gunung, atau kawah sekali pun. Ranca Upas juga sangat dekat dengan Kampung Cai Ranca Upas yang ada di sebelah kanan jalan.

Yah, Ranca Upas memang berupa hutan terbuka yang bisa dijadikan sebagai lokasi berkemah atau camping ground. Sayangnya, Ranca Upas bukan terkenal karena lokasi camping-nya, melainkan bagian penangkaran rusanya. Semua orang berbondong-bondong ke sini untuk berfoto dengan rusa. Tak hanya itu, sejumlah calon pasangan yang akan menikah juga memilih untuk melakukan foto pra-wedding dengan latar belakang pemandangan gunung.

Untuk masuk ke Ranca Upas, kalian akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Tiket itu belum termasuk makanan rusa. Kalian bisa membeli wortel atau kangkong sebagai makanan rusa seharga Rp10.000 per jenis makanan. Saat itu, saya memilih membeli wortel. Area Ranca Upas sangat luas dan fasilitasnya lengkap. Selain pemandangan gunung yang indah, ada fasilitas lain yang bisa dinikmati, yaitu kolam renang mini, lapangan tembak, penangkaran rusa, dan warung-warung makan. Kalian bisa sekalian berkuliner khas Bandung seperti bakso.

Area Penangkaran dengan Latar Belakang Pemandangan Gunung.

Untuk area penangkaran rusanya juga sangat luas. Rusa yang ada di sini berjenis kelamin betina dan jantan. Ada pula yang bertanduk dan ada yang tidak. Sayangnya, menurut saya, dari segi jumlah kurang untuk diperebutkan banyak pengunjung. Nah, sekarang saya akan berbagi tentang cara berfoto dengan rusa agar layak untuk diunggah di Instagram. Terutama agar tidak diseruduk oleh rusa ya. Ikuti tips berikut agar rusa-rusa itu bisa diajak berfoto dengan damai, sentosa, dan nyaman.

Enjoy and Keep Relax

Oke, jadi, rusa-rusa itu seperti anak kecil. Jika kita khawatir, takut, perasaan kita itu akan menular kepada mereka. Akhirnya, rusa-rusa itu malah lari-larian karena nggak nyaman sama kita. Bahkan, kalian bisa diseruduk saat berusaha berdekatan dengannya.

Arahkan Makanan di Depan Muka Rusa

Rusa kan bisa melihat dengan jelas, sayangnya dia tidak bisa fokus karena banyaknya pengunjung yang mendatanginya dan menyodorkan makanan kepadanya. Jadi, cara paling efektif agar rusa itu bisa dekat dengan kita ya arahkan makanan itu ke arah muka rusa. Pastikan orang lain sudah bersiap untuk memotret kamu ya karena rusa itu makannya sangatlah cepat. Kemudian, jangan memberikan makanan satu ikat kangkong, tetapi bertahap. Sedikit demi sedikit agar kalian bisa banyak mengambil foto. Untuk wortel, kalian bisa memotongnya jadi dua.

Makanan Rusa Seharga 10.000 per Ikat.
Sodorkan Makanan dengan Gaya Tarik Ulur

Cara tarik ulur ini sangat efektif untuk bisa berfoto dengan rusa. Cara ini bisa membuat rusa semakin mendekat. Kalian pun bisa menghemat makanan yang kalian beli karena memang rusa lahap sekali makannya. Namun, kalian tetap harus santai, tetapi tetap waspada ya. Pasalnya, rusa ini tubuhnya dipenuhi lalat sehingga kamu perlu berhati-hati.

Kameramu Harus dalam Kondisi Siap Memotret

Jika ingin mendapatkan foto seolah-olah memberikan makan kepada rusa, kalian harus siap dengan kamera kalian. Pastikan teman kalian sudah siap memotret dengan angle yang kalian inginkan. Jadi, selama kamu berjuang memberi makan rusa, teman kamu juga sedang berjuang memotret.

Rusa di Area Penangkaran Ranca Upas Ciwidey Bandung.
Cari Rusa yang Lagi Duduk Malas-Malasan

Rusa yang lari-larian dan lahap sekali makan adalah jenis rusa yang agresif karena mereka sedang lapar sehingga jika pengunjung menyodorkan makanan ke hadapannya, pasti langsung melahap tanpa babibu. So, cara paling mudah adalah mencari rusa yang lagi duduk-duduk. Rusa itu sudah kenyang sehingga dia memilih bersantai di atas rerumputan. Kalian bisa menghampirinya dan berfoto dengannya. Tersenyumlah bahagia ke arahnya sambil pura-pura memegang kepala atau tubuhnya.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.