5 Kebun Teh di Jawa Timur yang Bisa Jadi Referensi Travel Bucket List di 2019

0
212
Kebun Teh Kertowono
Pemandangan magis di Kebun Teh Kertowono, Lumajang. Sumber : cewealpukat.com.

Kalau temen-temen berasal dari Jawa Barat dan Jakarta, umumnya kawasan Puncak di Bogor sering banget jadi favorit. Nah, buat kita yang tinggal di Jawa Timur, ga perlu berkecil hati. Banyak banget dan bahkan teramat banyak destinasi indah di dataran tinggi yang bisa jadi pilihan untuk sejenak relaksasi dan menyegarkan pikiran dari rutinitas yang padat. Panasaran apa saja?

1. Agrowisata Kebun Teh Wonosari, Malang
Kebun Teh Wonosari Malang
Sejuknya suasana Kebun Teh Wonosari, Malang. Sumber : instagram.com/auliatiaruslan.

Malang memang identik dengan kawasan puncaknya Jawa Timur. Salah satunya adalah kebun teh yang berada di lereng Gunung Arjuno, Desa Toyomerto, Kecamatan Singosari. Kawasan agrowisata yang berada di ketinggian 1250 MDPL ini dikelola oleh PTPN XII.

Untuk menuju ke kebun teh yang hawanya sudah pasti sejuk khas pegunungan ini, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Untuk jasa transportasi umum, pilih saja transportasi dari arah Malang ke Surabaya. Selanjutnya, ganti armada setelah sampai di terminal Lawang menuju Wonosari. Jalan menuju ke destinasi wisata ini memang menanjak dan berkelok, namun masih mudah untuk dilewati.

Selain pastinya ada landscape yang bisa dinikmati sambil sesekali hunting foto yang instagenic, melakukan aktivitas seru lainnya juga bisa jadi pilihan, mulai dari flying fox, wall climbing, naik ATV, keliling menggunakan kereta mini hingga belanja oleh-oleh. Plusnya lagi, harga tiketnya murah, Rp. 8 ribu (Senin sampai Jumat) dan Rp. 12 ribu (akhir pekan). Kawasan ini buka dari pukul 07.00-17.00 WIB.

2. Kebun Teh Kertowono, Lumajang
Kebun Teh Kertowono
Pemandangan magis di Kebun Teh Kertowono, Lumajang. Sumber : cewealpukat.com.

Melipir sedikit dari Malang, kita menuju ke Lumajang. Kota yang bertetangga dengan Jember ini memiliki area kebun teh seluas 2267 hektar dan juga dikelola oleh PTPN. Kebun Teh Kertowono namanya. Berada 10 km dari arah utara kota Lumajang, tepatnya di Kecamatan Gucialit. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk bisa sampai ke Kecamatan Gucialit kalau berangkat dari Lumajang. Jalan Raya Gucialit adalah jalur tercepat untuk menuju kesini. Untuk menuju ke lokasi, sebaiknya pakai kendaraan pribadi (roda dua maupun empat) karena perlu menunggu kurang lebih 3 jam untuk mendapatkan angkutan umum.

Tempat ibadah, toilet, area parkir hingga tempat belanja adalah fasilitas yang bisa kita temui disini. Menariknya lagi, budget yang perlu disediakan untuk bisa masuk ke destinasi wisata yang buka dari pagi hingga sore ini hanya Rp. 5 ribu per orang.

3. Kebun Teh Gunung Gambir, Jember
Kebun teh Gunung Gambir
Jalan setapak menambah kenikmatan mengunjungi Kebun teh Gunung Gambir, Jember. Sumber : deskgram.net.

Jember ternyata juga punya kebun teh dan jujur saya sebagai orang jember baru tahu. Maklumlah ya, baru bener-bener pulkam dan berdomisili setelah merantau lama, hehe. Kebun Teh Gunung Gambir namanya. Berada di ketinggian 900 MDPL serta terletak di Lereng Gunung Argopuro, Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru. Jarak dari pusat kota Jember lumayan juga, sekitar 48 km. Untuk bisa sampai ke lokasi, kita harus melewati jalanan terjal dan berbatu. Lebih aman, sipakan fisik, kendaraan, dan juga mental ya.

Kalau berangkat dari Jember, langsunglah menuju arah barat melewati Sumberbaru atau mengikuti jalur Tanggul – Jatiroto, kemudian belok kanan. Sementara itu, kalau kita dari arah Surabaya, menujulah ke arah Pom Klakah belok ke arah timur dengan tujuan Randu Agung – Kaliduren. Selanjutnya, ambil arah menuju Desa Gelang hingga menemui kawasan PTPN XII Gunung Gambir.

Tarifnya cukup murah yaitu Rp. 10 ribu saja, kita sudah bisa masuk ke kebun teh. Bahkan, di area ini juga tersedia beberapa fasilitas, mulai dari penginapan, kolam renang, camping ground, lapangan voli hingga gedung pertemuan dan olahraga.

4. Kebun Teh Sirah Kencong, Blitar
Kebun Teh Sirah Kencong
Sepanjang mata memandang asli bikin segar di Kebun Teh Sirah Kencong, Blitar. Sumber : instagram.com/selpimaharanii.

Hamparan tanaman teh seluas 219 hektar di Wlingi, Blitar ini juga ga kalah memanjakan sejauh mata memandang. Kalau untuk foto-foto, ga usah ditanyalah ya, pasti hamparan hijaunya bikin ga sabar untuk langsung mengabadikan momen. Destinasi yang juga dikelola PTPN XII ini terletak di Desa Ngadirenggo dan berjarak sekitar 37 km dari kota Blitar. Untuk bisa sampai ke lokasi, ada dua jalur yang tersedia, melalui Desa Semen dan Tegal sari. Akses dari kedua wilayah itu pun sama, dimana kita akan melewati tikungan, tanjakan hingga turunan karena merupakan area pegunungan.

Tiket masuknya hanya Rp. 15 ribu. Spesialnya, ada beberapa destinasi wisata di dekat lokasi yang juga bisa kita kunjungi, seperti Air Terjun Sirah Kencong, Gua Kucing, Candi Sirah Kencong hingga Gunung Buthak. Seru kan?

5. Kebun Teh Jamus, Ngawi
Kebun Teh Jamus
Spot menarik untuk foto instagrammable di Kebun Teh Jamus, Ngawi. Sumber : instagram.com/tiara_dyah.

Tepat di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, ada juga hamparan tanaman teh yang kece. Kebun Teh Jamus dengan luas 478 hektar di Kabupaten Ngawi adalah destinasi wisata yang dimaksud. Borobudur Hills yang tingginya mencapai 35 meter adalah salah satu spot foto yang juga menjadi andalan disini.

Kebun teh ini berada di Desa Girikerto, Kecamatan Sine dan jaraknya sekitar 45 km dari Kota Ngawi. Untuk bisa sampai ke sini, kita bisa melewati Jalan Raya Solo – Surabaya kalau berangkat dari arah Solo maupun Sragen. Selanjutnya, menuju rute Tunjungan – Winong – Plosokerep – Sine. Dari Sine, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menuju ke arah Ngrambe.

Teruslah untuk belok kiri arah Ngrambe kalau sudah sampai di pertigaan (sebelum tanjakan Baron). Di persimpangan, ambil arah ke kanan menuju arah Jamus. Selain Sragen, bagi yang lewat Madiun, rute yang bisa diambil adalah Ngawi – Paron – Jogorogo – Ngrambe – Sine. Ambil jalan lurus saja sampai menjumpai lokasi.

Berbagai fasilitas seperti outbound, taman bermain, toilet, area parkir, kantin, hingga kolam renang tersedia di Kebun Teh Jamus. Menariknya lagi, cukup membayar Rp. 8 ribu untuk bisa masuk ke area ini. Tidak termasuk untuk outbound dan kolam renang.

Hm, gimana rekomendasi 5 kebun teh yang ada di Jawa Timur ini? Ga kalah seru dong dengan Puncak di Jawa Barat itu? Saya sendiri yang tinggal di Jawa Timur juga ingin sekali mengagendakan untuk berkunjung ke kebun teh yang ada di Jawa Timur ini dan merasakan sensasinya langsung. Kalau cuma dengerin cerita temen atau baca artikel kayak gini kan kurang seru ya? Hehe, selamat bikin travel bucket list untuk perjalanan di 2019 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.