5 Hal Yang Wajib Kamu Lakuin di Lasem

0
1485
Lasem daerah yang antik.

Lasem terkenal banget sama wisata sejarah dan budayanya, sayang banget kalau kamu traveling di Lasem dan cuma diem di hotel aja. Lasem emang keren banget buat dijelajahi, makanan, bangunan, alam, dan sejarahnya emang banyak banget! Dan, inilah 5 hal yang wajib kamu lakuin ketika lagi traveling di Lasem.

Jalan Jalan Ke Tiongkok Kecil

Tiongkok Kecil adalah ikon Lasem yang keren banget. Disini kamu bisa foto-foto dengan latar gedung gedung antik khas Lasem. Perpaduan unsur Tionghoa dan Belanda emang keren banget, bentuk dan arsitektur gedung gedung kuno itu jadi sangat unik. Di daerah daerah lain di Indonesia mungkin jarang banget spot unik kaya gini.

Gedung merah di Tiongkok Kecil.

Di daerah ini juga cukup sepi, jalanan lenggang, paling cuma ada andong sama becak. Jadi, suasana kuno dan antiknya bener-bener kerasa banget. Pokoknya, tiap langkah kaki di Tiongkok Kecil pasti punya makna deh!

Nikmatin Kelapa Muda di Pantai Caruban
Menikmati kelapa muda segar!

Nah, wisata alam Lasem juga gak kalah asik nih! Ada salah satu pantai yang terkenal, namanya Pantai Caruban. Pantai ini merupakan gugusan pantai utara Jawa, sehingga ombaknya cukup tenang dan gak besar. Pantai ini gak terlalu dalem, jadi kita bisa rendem-rendem kaki sambil menenangkan diri.

Pantai Caruban.

Di pinggir pantai, banyak banget warung dan saung (gazebo) dari bambu. Tempat ini cocok banget buat istirahat, nikmatin angin pantai, dan refreshing. Sambil makan es kelapa muda pasti mantap deh!

Naik Sepeda Onthel Keliling Lasem
Sewa Onthel keliling Lasem.
Naik sepeda onthel keliling Lasem.

Keliling-keliling daerah antik harus dengan cara yang antik dong! Daripada jalan kaki sampe kram otot, mending sewa sepeda onthel. Hanya dengan 20 ribu rupiah aja, kita bisa kelilingin banyak objek wisata ikonik di Lasem. Dari pagi sampai sore, suasana Lasem akan lebih kerasa, kalau kita kelilingin pake sepeda onthel. Lasem yang tenang bakal bikin kamu nyaman kok.

Hanya, kita harus hati-hati pas masuk ke jalan raya. Karena jalan di Lasem adalah jalur bis dan truk pantai utara, harus hati-hati dan waspada ya!

Nyobain Kuliner Lasem
Soto Kemiri.

Abis keliling-keliling, pasti bakal laper deh. Kita harus cobain makan makanan khas Lasem deh, masa jauh-jauh ke Lasem tapi gak nyobain makanan khasnya. Ada soto kemiri, nasi gandul, dan lontong tuyuhan.

Salah satu makanan khas daerah ini adalah Soto Kemiri. Walaupun aslinya dari Pati, tapi makanan ini mudah banget ditemui di Lasem. Soto Kemiri sepintas mirip-mirip sama soto Kudus, pake kuah dan nasi. Terus, ada sedikit potongan daging ayamnya. Biasanya disajikan dengan bakwan dan tempe goreng, penasaran gak sama kuliner khas Lasem?

Belajar Sejarah di Klenteng Gie Yong Bio
Klenteng Gie Yong Bio.

Salah satu objek wisata religi dan sejarah yang menarik adalah Klenteng Gie Yong Bio. Tempat ibadah ini adalah salah satu yang tertua di Lasem, bahkan daerah pulau Jawa. Klenteng ini dibangun pada tahun 1780, tujuannya untuk beribadah dan menghormati pahlawan Lasem. Tahun 1740, terjadi perang antara masyarakat Tionghoa Lasem dan VOC. Pertempurannya sangat sengit dan mengerikan, pertempuran itu disebut sebagai Geger Pacinan.

Altar Raden Pandji Margono.

Ada tiga pahlawan Lasem yang berjasa ketika melawan VOC, yaitu Oei Ing Kiat, Tan Kie Wee, dan Raden Pandji Margono. Ketiga pahlawan ini diperingati dan dihormati, ketiganya dibuatkan altar, dan dihormati oleh masyarakat Tionghoa Lasem. Termasuk Raden Pandji Margono, yang notabene merupakan seorang tokoh ningrat Jawa dan beragama Islam. Tetapi, Raden Pandji Margono tetap dibuatkan altar dan altarnya diperlakukan seperti altar lain di klenteng ini. Unik kan?

Jadi, itulah 5 hal yang harus kamu lakuin di Lasem. Yuk, menabung dan menjelajah, lihat betapa kayanya negeri kita! Lasem keren!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.