5 Hal Yang Harus Dilakukan di Karimun Jawa

0
1312
Hopping island ke Pulau Cemara.

Karimunjawa terkenal banget sebagai tempat wisata alam bawah laut, wisata pantai, dan wisata bukit. Ada banyak hal-hal asik yang bisa kamu lakuin ketika kamu traveling di Karimunjawa. Biar kamu enggak bosen diam dan berlibur di Karimunjawa, ada beberapa hal yang harus kamu lakuin ketika traveling di sana.

Nikmatin suasana Kapal Siginjai
Suasana pagi kapal Siginjai.

Kalau kita nyebrang ke Karimun Jawa dari pelabuhan Jepara, ada dua pilihan kapal yang bisa kita ambil. Yaitu Kapal Express atau kapal cepat dan kapal lambat atau KM Siginjai. Untuk kalian yang suka low budget traveling, tentu naik kapal Siginjai adalah hal yang menarik.

Selain harganya murah, Kita juga bisa bertemu banyak orang berbincang dan ngobrol dengan warga lokal di Kapal Siginjai. Perjalanan 5 jam ke laut tentu tidak akan terasa, jika kita mengobrol dan berkenalan dengan orang baru.

Jalan-jalan ke Pantai Ujung Gelam

Karimunjawa sebagai sebuah pulau memiliki banyak sekali pantai yang bisa kamu kunjungi. Salah satu pantai yang menurut saya paling indah adalah Pantai Ujung Gelam. Pantai ini terletak cukup jauh dari pusat Kota Karimunjawa, kurang lebih sekitar 15 menit menaiki motor.

Yang spesial dari Pantai Ujung Gelam adalah pasirnya yang halus, batuan yang besar di pinggir pantai, spot untuk menikmati Sunset, spot menikmati bawah laut, dan foto-foto di nyiur yang khas. Pantai ini adalah pantai yang ikonik, makanya nggak heran kalau pantai ini penuh dengan wisatawan.

Snorkeling di tengah laut Karimun Jawa
Snorkeling di Karimun Jawa.

Karimunjawa terkenal banget dengan keindahan bawah lautnya. Banyak banget spot snorkeling yang bisa kita nikmati di Karimun Jawa, contohnya Nemo Spot dan Pulau Cemara Besar. 2 spot itu adalah yang cukup terkenal di Karimunjawa.

Spot yang paling terkenal adalah Nemo Spot. Spot snorkeling ini terkenal karena banyaknya Nemo yang tinggal di anemon laut, sehingga kita bisa secara langsung melihat dan ngedeketin ikan Nemo. Bahkan kita bisa foto bareng ikan Nemo loh, keren kan?

Banyak pilihan paket tur yang bisa kita pilih untuk snorkeling di tengah laut Karimunjawa. Selain memakai paket tour, kita juga bisa memakai perahu nelayan. Pokoknya bagaimanapun caranya kamu harus banget nikmatin keindahan bawah laut di Karimunjawa.

Hopping Island di sekitar Karimun Jawa
Hopping island dengan kapal nelayan.

Hopping island adalah kegiatan berpindah-pindah pulau dengan sebuah perahu. Nah, kegiatan ini tujuannya mengeksplor dan menjelajahi pulau-pulau dengan perjalanan laut. Biasanya pulau-pulau yang di eksplorasi adalah pulau-pulau kecil yang memiliki spot spot snorkeling atau pantai indah.

Di sekitar Karimun Jawa ada 27 pulau yang bisa kita jelajahi, diantaranya ada Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan Besar, Pulau Cemara Kecil, dan pulau Cemara Besar. Pulau-pulau ini adalah Pulau-pulau yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang sedang traveling di Karimun Jawa.

Hopping island adalah salah satu kegiatan yang paling mengasyikkan kalau kamu traveling ke Karimunjawa. Bayangin aja, dalam sehari paling kamu cuma bisa mengunjungi empat pulau, padahal di seluruh komplek itu ada 27 pulau. Kebayangkan butuh waktu berapa lama untuk kita bisa mengunjungi semua pulau itu. Nah, pokoknya, keindahan pulau pulau di sekitar Karimunjawa ga boleh kamu lewati!

Motoran keliling Karimun Jawa

Pulau Karimunjawa itu sendiri adalah pulau yang luas, jadi kita susah ngelilingin seluruh pulau kalau cuma jalan kaki aja. Jadi, kita mau nggak mau harus memakai kendaraan, agar tenaga dan waktu kita nggak terbuang banyak.

Salah satu cara yang paling enak menikmati keindahan pulau Karimunjawa dari ujung ke ujung adalah memakai sepeda motor. Dengan sepeda motor kita menjadi lebih dekat dengan objek-objek wisata yang kita sentuh, begitu pula dengan semua suasana yang terasa dari objek-objek itu.

Mulai dari pantai, bukit, sampai pedesaan bisa kita nikmati dengan cara motoran, asik kan Jadi, gimana? Udah siap ngelakuin lima hal itu di Karimunjawa? Yuk berangkat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.