5 Air Terjun yang Indah dan Menyegarkan di Sumatera Selatan

0
1484
Air Terjun yang Indah dan menyegarkan di Sumatera Selatan

Sumatera Selatan merupakan salah satu Provinsi yang memiliki banyak tempat-tempat wisata. Tidak bisa dipungkiri bahwasannya Provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu primadona bagi wisatawan yang ingin menikmati air terjun. Bagi masyarakat Sumatera Selatan sendiri khususnya yang berada di Ibu Kota Palembang, wisata alam air terjun adalah daya tarik yang paling banyak di kunjungi. Maka dari itu, pada tulisan ini saya akan memberikan informasi tentang 5 air terjun yang harus dikunjungi wisatawan saat berada di Sumatera Selatan. Sebagai catatan bahwa ini baru di 3 Kota/Kabupaten di Sumatera Selatan.

1.    Air Terjun (Cughup) 7 kenangan

Air Terjun 7 Kenangan ini berlokasi di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Untuk mencapai lokasi ini tidalah terlalu jauh dari pusat kota, kurang lebih hanya 1 jam perjalanan. Disini air terjun nya tidak terlalu deras, namun pada saat musim hujan akan sangat deras sekali.

Air Terjun yang Indah dan menyegarkan di Sumatera Selatan
Harus banget kesini kalau berwisata ke Sumatera Selatan.

Pemandangan disini masih sangat asri, bahkan sebelum mencapai air terjun ini kita akan melewati area kebun kopi terlebih dahulu. Di air terjun ini terdapat kolam dengan arus yang tidak terlalu deras sehingga wisatawan bisa menikmati kesegaran air terjun ini dengan langsung berenang. Untuk masuk ke air terjun ini cukup dengan membayar Rp.10.000/ orang. Tidak terlalu mahal kan sahabat TravelBlog? Jadi, jangan sampai dilewatkan ketika hendak berlibur ke Sumatera Selatan.

2.    Air Terjun (Cughup) Embun

Air Terjun Embun ini masih berada di lokasi yang sama yaitu Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter yang terbagi menjadi 3 buah aliran air terjun yang berada di satu tempat. Aliran air yang cukup deras ini memantulkan percikan air dan menjadi embun ketika air berbenturan dengan kolam yang berada di bawahnya. Mungkin karena hal inilah masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Cughup Embun.

Air Terjun yang Indah dan menyegarkan di Sumatera Selatan
Udara segar dibawah air terjun.

Kolam yang berada di bawah air terjun ini juga tidak begitu luas, namun air yang berkumpul dikolam ini sangat jernih dan menyegarkan. Kedalaman dari kolam ini tidak begitu dalam, sehingga pengunjung bisa bermain dengan bebas di kolam ini. Air terjun dengan perpaduan warna batu dengan kehijauan tumbuhan lumut dan ilalang di dindingnya menjadikan tempat ini begitu mempesona.

Air terjun disini juga masih sangat alami, terbukti dari saat masuk ke air terjun, wisatawan akan melewati anak tangga yang disekeliling terdapat berbagai tumbuhan yang membuat udara disini terasa segar, dan terasa khas pegunungannya. Apalagi airnya yang amat sejuk, pasti akan membuat tubuh dan pikiran kita segar sehingga semangat kita akan segera kembali.

3.    Air Terjun (Cughup) Buluh

Air Terjun yang ketiga ini bernama cughup buluh atau lebih dikenal air terjun tujuh tingkat. Lokasi air terjun ini berada di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat. Disini udara nya tidak terlalu dingin seperti di Pagaralam, namun ketika mandi di air terjunnya masih terasa sejuk dan menyegarkan. Untuk sahabat TravelBlog, masukkan juga Air Terjun Buluh ini sebagai daftar yang mau dikunjungi ketika berada di Sumatera Selatan.

Menariknya disini ketika sudah lelah bermain air, dan ingin kembali naik ke tempat parkir, pengunjung bisa menggunakan jasa ojek dengan harga Rp.5.000/ orang. Dan untuk masuk ke air terjun ini pun terbilang murah cukup dengan Rp.10.000/ orang.

4.    Air Terjun (Cughup) Maung

Cughup Maung ini adalah tempat favorit bagi saya dan yang paling saya rekomendasikan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Sumatera Selatan atau bahkan masyarakat Sumsel sendiri yang belum pernah kesini. Memang tidak mudah untuk mencapai air terjun ini, tapi sensasinya sungguh luar biasa. Setelah mencapai tempat parkir, kita akan menuruni perbukitan dengan jalur trek yang lumayan tinggi dengan melewati kebun kopi. Namun bagi saya pribadi ini merupakan suatu sensasi dan juga bisa menjadi dokumentasi yang indah, kita bisa membuat suatu vlog yang indah di sini. Dan perjalanan yang melelahkan itu juga akan terbayarkan dengan keindahan air terjun ini.

Air terjun disini terbagi menjadi dua, ada sisi air terjun yang alirannya sangat deras, ada juga yang tidak terlalu deras. Sehingga wisatawan bisa menikmati sensasi berenang disini dan bisa pula mencapai ke bawah air yang turun dari atas. Sama seperti Cughup Buluh disini juga tidak terlalu dingin tapi cukup untuk membuat kesegaran di tubuh yang sudah kelelahan.

Untuk biaya masuk kesini juga tidak terlalu mahal cukup Rp.15.000/ orang sudah termasuk parkir motor. Disarankan bagi yang mau kesini, di waktu pagi sekitar pukul 08.00 sampai 14.00 siang. Karena perjalanan kesini terbilang cukup jauh dan curah hujan cukup tinggi.

5.    Air Terjun (Cughup) Bedegung

Air terjun yang terakhir adalah air terjun (Cughup) tenang atau lebih terkenal air terjun bedegung. Lokasi air terjun ini berada di Desa Bedegung Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Harga tiket disini cukup mahal yaitu Rp.30.000/2 orang sudah termasuk parkir motor. Namun kalau bisa nawar sahabat TravelBlog bisa mendapatkan harga Rp.25.000 hehehe…

Air Terjun yang Indah dan menyegarkan di Sumatera Selatan
Indahnya air terjun bedegung.

Air terjun ini sangatlah deras, namun terhalang oleh batuan besar jadi ketika berada di kolam airnya tidak berasa terlalu deras. Sehingga pengunjung bisa menikmati kesegaran dan kolam arus yang menjadi sensaasi sendiri. Disini sangat banyak yang membuat video dokumentasi karena banyak spot-spot pengambilan gambar yang indah. Sehingga para wisatawan tidak hanya sekedar menikmati pemandangan tetapi juga bisa membagikan hasil dokumentasi yang indah pada teman-teman sosial medianya.

Demikianlah tulisan saya tentang 5 air terjun di Sumatera Selatan yang menurut saya harus dikunjungi ketika hendak kesini. Sahabat Kontributor TravelBlog juga jika mau kesini, jangan sungkan menghubungi saya. Siapa tahu kita bisa bersama-sama kesana dan membuat cerita indah bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.