4 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Mendaki Gunung Di Saat Musim Hujan

0
178
Gunung Sindoro dari Gunung Sumbing Setelah gerimis 0730 Wib.

Mendaki gunung bagi saya dan sebagian orang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun, saat musim hujan tiba seperti sekarang, akan lebih menantang. Pertanyaan yang muncul adalah amankah mendaki gunung saat hujan? Memang terasa lebih menantang, apalagi ditambah cuaca yang semakin dingin dan hujan yang membuat medan pendakian licin. Dan mungkin kabut yang bisa saja kapan pun turun dan mungkin akan lebih lama sehingga menutupi jalan.

Hujan juga akan membuat beban yang dibawa akan terasa lebih berat karena carrier dan pakaian yang kita pakai terkena air. Memang selayaknya melakukan pendakian saat musim hujan seperti tidak dilakukan menimbang risiko yang terjadi saat melakukan pendakian akan lebih meningkat.

Risiko terjadinya kecelakaan sewaktu pendakian memang meningkat ketika musim hujan. Apalagi bagi pemula akan lebih berbahaya lagi mendaki gunung saat hujan seperti ini Untuk yang masih ingin tetap melakukan pendakian di musim hujan, simaklah dengan seksama ulasan dari saya tentang hal yang harus dipersiapkan mendaki!

Carrier.
Melakukan Fisik/ Olahraga Sebelum Melakukan Pendakian

Di musim hujan seperti ini mendaki gunung akan lebih menguras tenaga yang lebih. Tentu dengan demikian, melakukan fisik/olahraga sebelum melakukan pendakian adalah hal yang paling utama. Disarankan makan makanan sehat dan perbanyak minum air putih. Agar daya tahan tubuh kita meningkat saat melakukan pendakian, dengan daya tahan tubuh yang baik, kita bisa menjelajahi dan menjamahi gunung dengan semangat walaupun cuaca kurang bersahabat dan membuat pendakian terasa lebih menantang.

Memakai peralatan yang sesuai SOP pendakian

Memakai atau membawa peralatan sesuai SOP pendakian memang sudah diwajibkan oleh seorang pendaki. Saat mendaki di musim hujan pastinya kita harus siap siaga jas hujan/ponco yang tentunya bisa membantu kita ketika turun hujan. Musim hujan seperti ini, bisa tiba-tiba saja hujan turun, gunakanlah sepatu adventure/boots yang anti selip dan kedap air untuk meminimalisir resiko yang terjadi saat melakukan pendakian. Bagaimana pun juga saat musim hujan jalan licin dan suatu saat akan menemukan kubangan lumpur di jalan. Pakailah pakaian yang berbahan polyester atau sintetis. Bahan-bahan seperti ini mudah menyerap keringat, dan yang terpenting sih memakai pakaian yang sesuai dengan SOP pendakian.

Ponco.
Disarankan Mencari Gunung yang Treknya Pendek

Di musim hujan, mendaki dengan cara tek-tok atau langsung turun usai mendaki memang sangat disarankan. Berkemah di gunung saat curah hujan sedang tinggi akan terasa tidak nyaman. Apalagi jika banyak perlengkapanmu yang basah, tubuhmu akan rentan terkena hipotermia. Pilihlah gunung yang jalur pendakiannya tidak terlalu panjang, dengan akumulasi jarak pergi dan pulang tak lebih dari 15 km. Kamu bisa memulai pendakian pagi-pagi dan pulang sebelum sore.

Membawa Logistik dan Pakaian Ganti Secukupnya dengan Dibungkus Kresek atau Plastik Kedap Air

Tasmu mungkin menggunakan bahan yang kedap air. Tapi, air hujan tetap bisa merembes melalui celah ritsleting atau jahitan. Makanya, selain melapisi bagian luar dengan rain cover, kamu juga perlu melapisi bagian dalam dengan kantong kedap air atau trash bag. Di setiap item yang kamu bawa disarankan agar dibungkus lagi memakai kantong plastik untuk menghindari air merembes masuk dan membasahi isi tasmu.

Mungkin sekian ulasan tentang hal yang harus pertimbangkan saat mendaki gunung saat musim hujan. Semoga bermanfaat dan dengan melakukan beberapa langkah yang dipaparkan di atas, mudah-mudahan teman traveller bisa menikmati pendakian meski sedang musim hujan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.