4 Alasan Mengapa Kamu Harus Coba Solo Trip

0
2636
Solo Trip di Pulau Terpencil

“Hah? Solo Trip? Sendirian dong?”

“Emangnya kamu ga takut travelling sendirian gitu?”

“Ngga takut kesasar? Terus dirampok? Kan di daerah asing.”

“Loh? kenapa ga cari temen traveling aja?”

Ya begitulah respon orang kebanyakan ketika kita cerita tentang rencana untuk melakukan solo trip, banyak yang meragukan dan berspekulasi yang aneh aneh. Solo trip itu gampangnya travelling sendirian, tidak dengan sahabat atau pacar. Sendiri pokoknya. Tetapi hati hati, solo trip sebenarnya bisa membuat kita ketagihan dan ingin terus melakukannya. Berikut ini adalah 4 alasan mengapa kamu harus cobain solo trip. Yuk, mari disimak!

Banyak Mendapat Teman Baru.

Teman baru ketika solo trip


Ketika kamu solo trip, walaupun kamu benar benar sendiri, nyatanya kamu nggak akan pernah kesepian. Kesendirian kamu ketika travelling akan membuka kesempatan untuk mengenal lebih banyak orang lagi di jalanan, hotel, warung, air terjun, bahkan gunung. Maka, semakin kamu ramah dan supel akan semakin banyak juga teman yang kamu dapatkan. Intinya, walaupun kamu gak lagi travelling dengan sahabat sahabatmu, tapi kamu akan mendapat banyak teman teman baru.

Melatih Insting dan Keberanianmu

Keberanian dan Insting

Saya pertama kali mencoba solo trip ke Gunung Prau di Jawa Tengah. Saya memulai perjalanan dari Terminal Cicaheum, Kota Bandung. Ternyata, saya salah naik bis, saya malah naik bis jurusan Semarang. Bagaimana pun saya sudah keburu membayar tiket bus, tanggung sekali jika turun di tengah jalan. Akhirnya, saya membaca peta, bertanya ke orang Semarang yang kebetulan duduk bersebelahan, dan saya pun turun di Secang. Lalu melanjutkan perjalanan ke Temanggung dan Wonosobo, lalu berakhir di Desa Patak Banteng untuk mendaki Gunung Prau.

Secang, Semarang, Wonosobo, dan Temanggung adalah daerah yang asing bagi saya dan itulah pertama kalinya saya mencoba solo trip. Solo trip ternyata melatih insting dan penalaran saya tentang lokasi, peta, jalur bus, jalan provinsi, bahkan jalur truk sayur jika suatu saat saya kehabisan ongkos pulang.

Mendapat Pengalaman Super Berharga.
Ketika kamu sedang nyaman maka semua akan terasa baik baik saja, tetapi ketika kamu tertekan maka kamu akan berusaha mengendalikan situasi. Solo trip membuat kamu merasa tertekan, asing, dan bahkan kesepian. Tetapi rasa nyaman bisa diciptakan, tergantung bagaimana kamu mengendalikan situasi.

Ketinggalan kereta, berjalan sendirian tengah malam, ditodong, dan tersesat bisa saja terjadi ketika kamu sedang solo trip. Dan ingat, kamu sedang sendiri! Di saat saat itulah kamu benar benar diuji, dan caramu menyelesaikan masalah akan memproses cara berpikirmu. Masalah masalah seperti ini tidak akan kamu temui jika mengikuti paket tour dan open trip, tetapi toh usaha tak akan mengkhianati hasil. Kamu akan mendapat banyak pengalaman berharga yang tidak bisa dibeli dengan uang!

Jadi Ahli Kalkulasi dan Hitung-Hitungan.
Nah, dua hal ini pun akan kamu dapatkan ketika solo trip. Uang dan biaya perjalanan memang harus dihitung secara cermat, karena ketika kamu sedang solo trip ke pulau terpencil lalu kehabisan uang, mau minjem uang ke siapa? ATM biasanya terdapat di Kota, Kabupaten, atau Kecamatan. Kamu akan terbiasa menghitung dengan cermat dan hemat. Bukan hanya menghitung uang saja, menghitung waktu keberangkatan kapal laut yang akan kamu naiki, menghitung estimasi waktu ketika jalan jalan, bahkan menghitung jarak antar daerah yang kamu singgahi.

Resiko yang besar akan membuat kamu memperhitungkan segala hal dengan cermat, ya nggak lucu kan kalau terjebak di pulau terpencil karena ketinggalan kapal laut?

Itulah 4 alasan mengapa kamu harus coba solo trip, pengalaman dan pelajaran yang kamu dapat akan sangat berbeda dengan trip trip kamu yang lain. Jadi kapan mau berangkat solo trip?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.