3 Wisata Kampung Tematik Dekat Stasiun Kota Malang, Bisa Ditempuh Hanya Dengan Jalan Kaki!

0
1701
Wisata Kampung Warna-warni

Kota Malang masih menjadi primadona tujuan wisata di Jawa Timur. Karena selain menyandang gelar Kota Pelajar, Kota Malang juga memiliki hawa sejuk karena berada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh pegunungan. Tak heran banyak wisatawan yang sengaja mampir ke Kota Malang untuk berlibur dan merasakan panorama serta keindahan kota ini.

Nah, buat kamu yang ingin berwisata di Kota Malang tapi tidak ingin berpergian jauh dari Stasiun Kota Malang, beberapa kampung tematik ini bisa jadi referensi untuk mengisi waktu liburanmu di Kota Malang. Atau bisa juga untuk mengisi waktu luangmu karena menunggu jadwal keberangkatan kereta api dari Stasiun Kota Malang. Apa aja sih?

1. Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung Warna-warni Jodipan
Kampung Wisata Jodipan.

Siapa yang tidak tahu kampung unik yang jadi primadona di Kota Malang ini? Ya, hampir semua wisatawan pasti sudah pernah mengunjungi kampung warna-warni jodipan ini saat berkunjung ke Malang. Kampung ini berada 600 meter dari Stasiun Kota Malang, dan hanya butuh waktu sekitar 7 menit saja menuju ke kampung ini dengan berjalan kaki.

Kampung Warna-warni Jodipan
Foto diambil dari Jembatan Brantas dengan background Kampung Warna-warni Jodipan.

Harga tiket masuk ke Kampung Warna-warni Jodipan ini hanya Rp. 3.000,- saja, dan pengunjung bebas berfoto di spot-spot unik yang ada di seluruh area kampung wisata. Salah satu spot yang paling menarik adalah Jembatan Brantas dengan latar belakang kampung warna-warni. Namun, kamu harus hati-hati karena lalu lintas di sepanjang jembatan ini selalu ramai dan padat. Tak hanya itu, ada pula Jembatan Kaca yang menghubungkan antara Kampung Warna-warni dengan Kampung Tridi yang ada di sisi utara kampung ini.

2. Kampung Tridi

Wisata Kampung Tridi
Wisata Kampung Tridi.
Wisata Kampung Tridi
Wisata Kampung Tridi.

Berada di sebelah utara Kampung Warna-warni Jodipan, Kampung Tridi ini tidak jauh berbeda dengan kampung sebelahnya. Namun, ciri khas yang ada di kampung ini adalah banyaknya spot-spot foto berada lukisan dinding yang memberikan kesan 3 dimensi (3D). Untuk menuju ke Kampung Tridi, kamu hanya perlu menyeberang dari Kampung Jodipan melewati Jembatan Brantas atau Jembatan Kaca. Dan harga tiket masuknya pun sama dengan tiket masuk Kampung Jodipan, dan juga pengunjung akan diberikan souvenir berupa gantungan kunci khas Kampung Tridi.

Wisata Kampung Tridi
Mural 3 dimensi di Kampung Tridi.

Pastikan kamu menjelajah Kampung Tridi dengan keseluruhan, karena di setiap sudut kampung banyak sekali lukisan atau mural 3 dimensi yang akan mewarnai feed Instagram kamu. Jarak menuju ke Kampung Tridi ini hanya 400 meter atau kurang lebih 4 menit berjalan kaki dari Stasiun Kota Malang.

3. Kampung Biru Arema

Kampung Biru
Kampung Biru Arema.
Kampung Biru
Kampung Biru Arema.

Wisata kampung tematik lain yang nggak kalah keren adalah Kampung Biru Arema. Kampung tematik dengan nuansa dominasi warna biru ini diresmikan setelah Kampung Warna-warni Jodipan dan Kampung Tridi sukses menarik para wisatawan. Letaknya berada di sisi barat Kampung Warna-warni Jodipan, dan hanya butuh waktu sekitar 2 menit untuk menyeberang ke Kampung Biru Arema ini.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Kampung Biru Arema ini adalah pagi dan sore hari. Di mana saat pagi hari matahari belum begitu terik, dan ketika sore hari kamu akan melihat keindahan matahari terbenam di langit sebelah barat Kampung Biru Arema. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh dan souvenir khas yang dijual warga setempat juga ya.

Nah, itu tadi beberapa kampung tematik yang lokasinya sangat dekat dengan Stasiun Kota Malang. Pastikan kamu mengunjungi salah satu atau bahkan semua Kampung Wisata tadi ya. Disarankan juga untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan dan jangan buang sampah sembarang ya. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.