3 Tempat Wisata Paling Menarik di Kecamatan Kupang Barat

Lopo-lopo Kupang Barat

Hi.. kawan-kawan semua, ini tulisan perdana saya menceritakan destinasi wisata di Travelblog.id. Saya akan berbagi cerita pengalaman saya menikmati 3 tempat wisata yang berada di Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Yang menarik bagi saya terkait tempat ini adalah Kecamatan Kupang Barat berbatasan langsung dengan Kota Kupang, yaitu ibu kota dari NTT. Jika kita berada di Kota Kupang, akses untuk berwisata ke kecamatan itu paling lama waktu tempuhnya cuma 1 jam perjalanan. 3 tempat tersebut apa saja?

Goa Kristal

Mulut Goa Kristal Kupang Barat
Mulut Goa Kristal.

Waktu tempuh paling lama 15 – 20 menit dari kota, lokasinya berada di Bolok dan tidak jauh dari Pelabuhan Tenau. Setibanya di lokasi, kita cukup membayar uang parkir kendaraan tanpa membayar tiket masuk ke lokasi wisata.

Dari parkir kendaraan yang berada di lingkungan perumahan, ada jalan setapak menuju mulut goa, 5 menit jalan kaki, kita sudah sampai dengan adanya lobang di bebatuan.

Lobang dari tumpukan batu-batu karang adalah mulut Goa Kristal, sedikit gelap saat memasukinya, perlu berhati-hati karena susunan batu yang terjal dan licin untuk menurun ke bawah.

Goa Kristal Kupang Barat
Telaga di dalam goa.

Sesampainya di dalam, terdapat sebuah telaga dengan air yang biru, bening, dan airnya payau. Di bawahnya terlihat ukiran bebatuan sehingga terlihat seperti bongkahan kristal. Rata-rata pengunjung datang untuk berenang dan mengambil gambar. Waktu yang tepat agar pemandangan di dalam goa ini terlihat sempurna adalah saat cuaca cerah dan sekitar jam 11 pagi,  karena sinar matahari sejajar untuk menerangi mulut goa.

Jadi cocok banget kalau ke sini mesti menjelang siang, lalu perhatikan juga cuacanya, biasanya antara April – Oktober di Kupang selalu musim panas dengan langit biru cerah.

Air Terjun Oenesu

Air terjun Kupang Barat
Air terjun yang bertingkat-tingkat ditambah rimbunnya dedaunan menambah sejuk suasana di tengah panasnya terik matahari.

Selanjutnya kita pergi ke Desa Oenesu yang terdapat Air Terjun Oenesu namanya. Waktu tempuh dari Goa Kristal antara 10 – 15 menit. Akses untuk mencapai air terjun tidak sulit, hanya sedikit jalan berbatu untuk sampai di tempat tujuan. Sangat cocok mandi di sini ditengah panasnya cuaca di Kupang. Apalagi antara siang menjelang sore.

Setibanya di sana, kami hanya cukup membayar 5.000 rupiah untuk motor kami ke penjaga parkir. Suara desiran air sudah terdengar, kami berjalan menuruni tangga ke bawah. Dan pesona air terjun sudah terlihat, nampak sebaran air turun terpisah-pisah di setiap tingkatan bebatuan.

Setelah mengambil foto, kami langsung mandi dan mendaki bebatuan. Segar sekali rasanya mandi di sini saat panasnya terik matahari siang di Pulau Timor.

Pantai Tablolong

Panorama pantai yang dibubuhi batu-batu karang.

Hanya memerlukan waktu tempuh sekita 10 – 15 menit lagi dari Air Terjun, kita sudah sampai di Pantai Tablolong yang berada di Desa Tablolong. Aksesnya juga sangat mudah, terdapat jalan berbatu hanya dari pintu gerbang saat memasukki area tempat wisata pantai.

Pantai Tablolong terdapat hamparan pasir putih dan pesonanya yang indah. Lokasi ini sangat diminati para wisatawan, baik lokal maupun wisatawan dari luar.

Lopo-lopo Kupang Barat
Lopo-lopo di hamparan pasir putih.

Bagi kalian yang ingin menginap, di sini juga  terdapat vila. Atau, bagi kalian yang ingin berlama-lama di sini untuk menunggu sunset, tenang, banyak lopo-lopo yang bisa kita sewa untuk berteduh. Tapi masih kurang afdol kalau bersantai di dalam lopo tanpa menikmati kelapa muda yang bisa kita beli di warung sekitar seharga cuma 5.000 rupiah per biji.