Tips: Perlukah Gimbal DJI Osmo Mobile?

0
415

Perlukah Gimbal DJI Osmo Mobile atau merk lainnya?
Saya baru sekitar 1-2 minggu menggunakan DJI Osmo Mobile. Saya mengkombinasikannya dengan Apple Iphone 6s Plus yang mana sudah memiliki image stabilizer secara fisik. Salah satu problem saya karena tangan saya agak gemetar. Sudah cukup lama tangan saya gemetar… Karenanya beberapa produk kamera, video, saya cari yang ada anti getar fisiknya (Olympus OMD EM-5 Mark II, Olympus TG Tracker). Tetapi saya masih belum mendapatkan cara yang terbaik menggunakannya.

DJI Osmo Mobile + Iphone 6s Plus

Beberapa minggu yang lalu salah satu teman saya di gereja membawa gimbal lain, merk feiyu. Karena promonya, dan lihat hasil videonya, saya jadi tertarik. Lalu mulailah hunting baca-baca di review, nonton youtube cari info. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli DJI Osmo Mobile ini. Saya juga sudah membaca di salah satu review bahwa kombinasi Image Stabilizer dari iphone 6s Plus (ke atas) bakal bikin video yang dihasilkan dengan DJI jadi problem. Nah setelah muter-muter cari produknya, saya akhirnya membelinya di salah satu toko online.

Datanglah produknya… saya membeli yang ada dudukannya, terus dengan tambahan batere (jadi total 2 batere yang ada). Dan memang enak, setelah membiasakannya terasa enak. Sayang untuk tripod harus dipasang yang merek sama. Saya sudah coba search, pada kosong barangnya. Agak aneh sih bentuknya, ngga bisa tripod doang, harus beli pegangannya lagi.. jadi perlu tambahan 2 accesories tambahan.

Betul setelah saya praktek jalan dengan appsnya DJI Go, ternyata memang jadi bentrok ama Image Stabilizationnya iphone 6s plus. Yah… tapi ada solusi sih, pas ngerekamnya kalau kerasa bermasalah kita bisa pakai yang aplikasi bawaan dari iphone. Sayang sih. Tapi bagus.

Nah, ini salah satu saran dari saya. Ternyata… batere tambahan DJI itu tidak diperlukan. Minimum untuk saya. Karena pada prakteknya, yang lebih cepat habis itu adalah batere handphone ketika kita menggunakannya untuk merekam. Hampir pasti yang duluan habis adalah batere handphone.

Kesimpulan

Untuk saat ini, saya puas dengan DJI Osmo Mobile. Fitur-fitur tambahan seperti tracking muka / object sudah saya coba, tapi hasilnya kurang memuaskan. Fitur panoramic, saya coba tapi belum berhasil optimum (bakal saya coba lagi). Tetapi secara keseluruhan saya suka dengan produk ini. Akan sering saya pakai untuk vlog yang lebih cepat. Tetapi jika ke tempat yang memang butuh persiapan lebih, saya akan membawa juga Kamera Mirrorless saya.

Tentang apakah saya akan invest ke tripod dan pegangannya, saya rasa untuk saat ini belum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.