Setupatok – Cirebon

0
54

Setu Patok, Tempat Bersantai Menikmati Matahari Tenggelam

Oleh : Lutfie Royan

Menjelajah Cirebon tentu terasa hambar jika tak bisa menikmati sunset atau matahari tenggelam. Apalagi bagi para traveler yang suka keadaan alam yang asli. Dimana matahari tenggelam apa adanya. Ditingkah para penduduk sekitar menghabiskan sore. Bahkan ada yang masih sambil bekerja.

Nah, Setu Patok adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari tenggelam. Untuk menuju kesana, bisa dilakukan lewat jalan dari daerah Mundu, pinggiran Cirebon. Bisa juga melalui jalanan menuju Perumnas Gunung. Jika akan menggunakan angkutan umum, rasanya akan kesulitan. Daerah berada di pelosok dan tidak ada angkutan umum. Mungkin hanya ojek yang dijangkau dari Perumnas Gunung. Demi kenyamanan, ada baiknya untuk menggunakan kendaraan sendiri.

Bentuk Setu Patok sendiri seperti layaknya bendungan. Tempat untuk menampung air dan dialirkan kala musim kemarau datang. Sebuah kolam yang dibangun membentuk lingkaran. Ada gundukan bukit dan gunung Ciremai yang bisa dipandang. Indah kala langit pas cerah dan matahari tenggelam sambil membawa bayangan seperti telur ceplok.

Kalau mau menjelajah, kita bisa menemukan bangunan pengukur air dan pengatur air. Mungkin sudah dibangun sejak jaman Belanda. Masih berdiri kokoh dan kuat. Sebelah ujung bangunan ini, dulu ada penyewaan perahu bebek. Namun kelihatannya sudah tidak disewakan lagi. Menua bersama waktu.

Kalau pagi, wilayah ini sering dipakai berolahraga. Ada yang jalan mengelilingi kolam atau sekadar lari-lari kecil. Beberapa penduduk ada yang mulai mencari ikan dan bercocok tanam diseputaran kolam. Kalau musim kemarau, akan terlihat pengrajin batu bata membakar karyanya.

Saat sore menjelang, akan terlihat para pencari ikan mulai menepi. Para petani bersih-bersih siap untuk pulang. Anak-anak kecil bermain bola atau layangan di pinggir kolam. Teriakan gembira mereka menjadi penghantar menikmati sore.

Kita bisa duduk-duduk saja sambil menikmati matahari tenggelam. Bisa juga sambil melakukan hobby fotografi. Suasana indah ini bisa lebih syahdu kalau menemukan langit yang memerah kala matahari sudah tenggelam. Semburat biru juga terkadang ikut membuncah pelan. Duh.. romantis kata orang jaman dulu.

Mundu, Cirebon, Jawa Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.