Pantai Kejawanan – Cirebon

0
61

Senja Kala di Pantai Kejawanan Cirebon

Oleh Lutfie Royan

Sore hari di Kota Cirebon dan kamu engga punya rencana untuk mengunjungi tempat yang menarik. Apa yang akan dilakukan ? Berkunjung ke Mall tentu membosankan. Mengunjungi tempat wisata seperti kraton atau kuliner ? Mungkin sudah kamu lakukan. Lalu apa yang bisa dilakukan ?

Ada baiknya untuk mencoba mengunjungi Pantai Kejawanan. Ya yaa… biasanya orang berkunjung pada pagi hari. Karena matahari pada saat terbit akan terlihat cantik. Lagi pula pada saat pagi, banyak orang yang melakukan terapi. Ya benar, pasir pantai dijadikan tempat terapi untuk berbagai macam penyakit. Terkadang orang berendam atau sambil berjalan di garis pantai.

Namun, kenapa dikunjungi sore hari ? Ternyata banyak tontonan bagi orang yang sekadar menghilangkan penat atau sekadar menikmati turunnya matahari di pantai Kejawanan. Pantai yang terletak di jalan Yos Sudarso ini sudah berubah banyak. Tak hanya tempat terapi, namun mulai dibangun fasilitas untuk tempat makan atau penyewaan perahu. Ada perahu untuk anak-anak dan ada perahu nelayan yang bisa disewa oleh pengunjung.

Jika kamu dari kota Cirebon, bisa menjangkau dengan menggunakan angkutan kota berkode G1 atau AX. Lebih mudah lagi jika menggunakan kendaraan pribadi atau ojek online. Kamu cukup membayar uang masuk pada Gerbang Tempat Pelelangan Ikan. Setelah itu langsung ambil kanan untuk menuju Pantai Kejawanan. Mungkin akan kena parkir juga saat berada di pinggir pantai. Perlu diketahui, pada saat hari libur, banyak pengunjung dari luar Cirebon. Seperti dari Tegal atau Brebes.

Kamu akan menyusuri pinggir pantai yang menjadi pelabuhan kapal ikan. Model kapal yang banyak digunakan untuk mencari ikan pada malam hari. Penuh dengan lampu untuk menarik perhatian ikan atau sotong. Setelah itu, bebas untuk duduk-duduk menikmati sinar matahari yang mulai terbenam dari pelabuhan atau menuju ke pemecah ombak di ujung pantai. Boleh juga masuk ke tempat penjual seafood atau sekadar menikmati mie instan atau kopi di pinggir pantai.

Bosan duduk-duduk, segera aja ikut tour keliling pantai menggunakan perahu nelayan. Perahu biasanya diisi oleh beberapa orang penumpang. Akan dibawa keluar pantai dan berkeliling mengitari laut. Kalau naik pada sore hari, akan terlihat kelap kelip lampu kota Cirebon. Bahkan bertemu dengan pencari remis yang biasanya dalam perjalanan pulang.

Setelah puas menjajal kuliner dan berkeliling menyewa perahu, cobalah duduk di pinggir pelabuhan. Nikmatilah sore saat matahari terbenam. Ambil beberapa foto untuk kenangan. Kalau langit lagi bagus, akan terlihat matahari telor ceplok dengan bias warna merah oranye ditengah warna biru yang semakin menua. Terlebih akan terlihat dikejauhan gunung Ciremai. Indah untuk difoto.

Perlu diperhatikan pula, jangan lupakan lotion anti nyamuk. Pada saat sore menjelang, ribuan nyamuk dari rawa-rawa akan beraksi. Berhati-hatilah. Tanpa pandang bulu mereka akan menyerang tanpa ampun. Lebih baik segeralah pulang saat matahari sudah terbenam supaya aman dari serbuan mereka. Kecuali kamu akan mengambil foto saat blue hour, bersabarlah terhadap gigitan nyamuk.

 

Alamat: Pegambiran, Lemahwungkuk, Cirebon City, West Java
Jam buka: 
Senin	6AM–6PM
Selasa	6AM–6PM
Rabu	6AM–6PM
Kamis	6AM–6PM
Jumat	6AM–6PM
Sabtu	6AM–6PM
Minggu	6AM–6PM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.