Naik Kereta Api Gerbong Baru (Argo Parahyangan)

0
157

Saya kebetulan sekali berkesempatan mencoba gerbong kereta api Argo Parahyangan dari Jakarta – Bandung hari pertama (perdana. 1 Maret 2018). Karena kebetulan harus ke Jakarta lagi, padahal hari Rabu malamnya baru pulang bawa mobil. Maka malam-malam beli, semua tiket kebanyakan habis. Masih ketinggalan 1 tiket pulang yang jam 5 sore. Biasanya jam 5 sore tidak ada kereta api. Ini adalah kereta api baru.

Berikut adalah beberapa foto yang diambil di lokasi:

Gerbong Baru Kereta Api
Gerbong Baru Kereta Api
Gerbong Baru Kereta Api
Gerbong Baru Kereta Api
Gerbong Baru Kereta Api
Gerbong Baru Kereta Api

Kalau dari harga tiket, sama dengan tiket eksekutif sebelumnya… Rp 120.000. Di gerbong baru ini, semua kursi menghadap ke satu arah. Jadi kita bisa sama-sama menghadap ke arah maju. Di model gerbong sebelumnya, biasanya setengah-setengah. Setengah menghadap ke depan, setengah menghadap ke belakang.

Selain bersih dan baru, kerasa juga beberapa peralatan seperti meja yang ditarik keluar untuk makan (meja yang diselip ke dalam kursi) itu lancar abis. Untuk mengistirahatkan kaki, colokan listrik, kursi yang bisa dimiringkan (agar lebih nyaman). WC pun kerasa lebih enak dan bersih. Konon rangkaian kereta baru ini diproduksi oleh PT INKA. Bagian dari program 438 gerbong kereta baru. Buat saya, ini sangat menolong karena jumlah keberangkatan ditambah 4x dalam sehari, jumlah gerbong per berangkat juga ditambah. Sehingga setiap hari kapasitasnya bertambah menjadi 2000 orang. Fiuh berat… Semoga probabilitas ngga dapat tiket kereta berkurang.

Yu kita jaga kereta ini supaya tetap bersih dan tidak rusak.

-Mico Wendy-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here