Menjelajah Pantai Karangsong, Pantai Berhutan Mangrove di Indramayu

0
215
Hutan mangrove Karang Song

Ketika kamu berada di kota Indramayu, terkadang sering bingung, mau melakukan apa di kota kecil ini?

Ya, Indramayu memang kota kecil. Namun kota ini sarat dengan industri minyak dan gas.  Menjadi pangkalan dari Pertamina dan beberapa industri pendukung. Apakah cuma itu ?  Bagaimana kalau mau lihat dan rekreasi?

Sebenarnya ada banyak pantai. Ada pantai Tirtamaya, pantai Balongan Indah, pantai Lemah Abang, pantai Karang Song, pantai Glayem dan banyak lagi.  Namun, pantai Karang Song menarik perhatian.  Karena ada hutan Mangrove yang terawat.

Hutan mangrove biasanya dibuat untuk melindungi pantai dari terpaan ombak besar atau angin besar yang mengarah ke daratan. Juga untuk melindungi kapal dan perahu nelayan yang berlabuh. Selain itu, hutan mangrove biasanya menjadi tempat berlindung hewan-hewan seperti burung bangau, burung blibis atau bahkan biawak.

Jalur tracking di hutan Mangrove

Untuk mencapai pantai Karang Song, gunakan kendaraan pribadi atau menggunakan sewa kendaraan online. Cukup murah biayanya. Bagi perseorangan, sediakan tiket masuk Rp. 5.000,00 dan kamu bisa menelusuri pantai.

Nah, bagi pecinta lingkungan, jangan lewatkan hutan mangrove yang ada. Sewa perahu dengan biaya Rp. 15.000,00 maka kamu akan diantar ke hutan mangrove. Namun yang perlu diingat adalah pakai pelindung anti nyamuk.  Karena nyamuk disana ganas. Maklum, nyamuk rawa.

Perhatikan pula “jatah waktu kunjung” di hutan mangrove. Hanya dibatasi sampai pukul 17.00. Jika sudah batas waktu, segeralah kembali ke tempat berlabuh perahu dan kamu akan diantar kembali.

Didalam hutan mangrove tentu saja suasananya gelap dan suram. Pohon mangrove sudah lebat.  Suara-suara aneh dari penghuni mangrove akan terdengar bersahutan. Rada spoky bagi yang tidak terbiasa di dalam lebatnya mangrove sih.

Namun jangan khawatir, jalan setapak terbuat dari anyaman sudah ada. Kamu tinggal menyusuri santai dan memotret apa yang ada didalam hutan mangrove. Jalan setapak ini akan mengantar kamu menuju pantai.  Silahkan menikmati debur ombak dan bermain air.  Ada ayunan untuk menikmati udara pantai. Ada gazebo untuk duduk santai. Bahkan ada tulisan yang cukup instagramable untuk berselfi atau berwefie ria.

Gardu pandang Karang Song
Pantai dengan deretan tempat kuliner

Cobalah naik ke gardu pandang, kamu bisa melihat pemandangan hutan mangrove dari atas. Nikmatilah bersama teman-teman dan keluargamu. Cukup lumayan untuk menghilangkan kepenatan hati di Indramayu.

Kalau sekedar bermain di pantai dan menikmati kuliner, jangan khawatir.  Ada pantai yang cukup aman bagi anak-anak dengan perahu karet yang bisa disewa.  Tersedia juga puluhan warung makanan dengan fasilitas bilas dan toilet yang memadai.

Oh ya, bagi penggemar fotografi, pantai Karang Song bisa dinikmati untuk menanti sunrise.  Sunrise akan muncul dari lautan dan kalau mujur, akan melihat matahari dalam bentuk telur ceplok.  Keemasan.

Open Hours
Thursday  10AM–6PM
Friday	  10AM–6PM
Saturday  10AM–6PM
Sunday	  10AM–6PM
Monday	  10AM–6PM
Tuesday	  10AM–6PM
Wednesday 10AM–6PM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.