Menikmati Sunrise Bukit Punthuk Setumbu – Yogyakarta

2
187
Best moment dengan background Candi Borobudur masih diselimuti awan tebal

Perjalanan kali ini dimulai pada November 2016, Dibulan itu saya memang sedang jenuh dengan setumpuk kerjaan di kantor, memang perlu mengambil cuti di sela sela bekerja dan mencoba me-refresh kembali pikiran kita (Agar tetap segar saat kembali ke kantor) , saya putuskan untuk berlibur ke Yogyakarta untuk beberapa hari, tak pikir panjang lebar saya pun sempat mencari dahulu tempat yang saya akan kunjungi pada saat di Yogyakarta dan tak lupa selalu siapkan buku catatan untuk list tempat yang di tuju (Oh iya selalu List ya tempat yang ingin kalian kunjungi saat travelling, ini penting). Dengan dibantu mesin pencarian di internet, saya tertarik dengan sunrise di Bukit Punthuk Setumbu. Hmmm.. awalnya saya akan menikmati sunrise di pantai namun saya pikir terlalu jauh dengan jarak dan akses jalanan kesana agak ragu melihat jam tiba saya mungkin tak sesuai. Lalu ada apa dengan tempat ini? Mengapa saya tertarik?

Berangkat dari Stasiun Bandung pukul 19:00 malam, memakai kereta malam kelas eksekutif karena sedang ada promo juga hehehe (worth it untuk menikmati perjalanan yang memakan waktu sekitar 8-9 jam) tak terasa jam tangan saya menunjukan pukul 03:00 pagi dan saya telah berada di stasiun Tugu Yogyakarta. Sekitar 20 menit saya menunggu rekan saya menjemput ke stasiun. bercakap sebentar dan memang cocok sekali melihat sunrise di tempat ini. kita putuskan untuk berangkat dan melihat situasi kita sangat bisa mengejar Sunrise. Memakan waktu sekitar 2 Jam dari stasiun Tugu Yogyakarta menuju Bukit Punthuk Setumbu yang bertempatan di Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3 , Kurahan – Karangrejo, Magelang Jawa Tengah. Melihat akses perjalanan kesana sangat memungkinkan juga untuk menggunakan kendaran roda 2 dan tata cahaya sepanjang jalanan pun masih aman .

Pukul menunjukan 04:49 akhirnya saya tiba di gerbang utama wisata alam Bukit Punthuk Setumbu , untuk masuk ke sini kita hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 15,000 (entah sekarang harga tiketnya berapa). Nah yang unik lagi, saya pikir agak berjalan sedikit sudah sampai karena melihat daerah datarannya saya pikir sudah tinggi dan perlu berjalan dikit. Ternyata salah…… saya harus menaiki anak tangga yang lumayan juga menguras tenaga (olahraga pagi dikit lah hehe) . Satu demi satu persatu anak tangga pun terlewati dan saya sudah merasakan hawa hawa beda nih, mengapa beda? kita berjalan naik anak tangga pun melihat kiri kanan atau pun ke belakang sudah sangat tinggi dan pasti di atas lebih menajubkan sekali. Karena mungkin habis hujan jalanan untuk bisa ke puncak ini sangat licin & agak berlumpur dikit.

Yup! hasil perjalanan menaiki anak tangga ini terbayar sudah, saya sudah berada di atas Bukit Punthuk Setumbu . melihat kondisi waktu pertama kali saya datang , ada beberapa warung yang menjual kopi & beberapa tempat duduk dari bambu. Didampingi dengan cuaca yang sangat dingin pada hari itu – Degradasi cahaya langit yang akan menyapa pagi hari sangat terlihat jelas. Matahari pun terbangun dari tidurnya dengan awan yang bergerak sangat lambat. Membuat mata kita sangat di manjakan oleh keindahan dari sang pencipta , rasa lelah pun hilang menghirup udara yang benar-benar segar. Yang paling menajubkan adalah ketika Candi Borobudur masih ditutupi oleh awan yang sangat tebal hanya terlihat bagian tekstur candi nya saja, dan ini adalah benar benar menajubkan & indah sekali!

Sunrise Bukit Punthuk Setumbu

Setelah Cukup lama berada di atas Bukit Punthuk Setumbu & langit pun sudah benar benar menyapa penghuni nya untuk memulai aktivitas nya. Saya pun berjalan kembali ke bawah dan melewati kembali anak tangga yang menguras keringat.

Awan yang tebal mulai menghilang

Memang banyak tempat yang ada di Yogyakarta untuk menikmati sunrise, sangatlah banyak. Namun jika diberi waktu kembali ke Yogyakarta mungkin saya akan menyapa Bukit Punthuk Setumbu. Cerita ini mungkin masih berlanjut , setelah dari sini saya pergi kemana lagi ya?…………… (Cari berkas berkas dulu sebelum melanjutkan cerita ini) hehehe

Alamat: Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, 
Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553
Jam buka: 
Monday : 4AM–5:30PM
Tuesday	:4AM–5:30PM
Wednesday : 4AM–5:30PM
Thursday : 4AM–5:30PM
Friday : 4AM–5:30PM
Saturday : Open 24 hours
Sunday : Open 24 hours

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.