Mampir ke Selasar Sunaryo Art Space Bandung

0
800

Galleri / Museum Selasar Sunaryo Art Space

.

Halo Sahabat Travelblogid, kali ini kami mengunjungi sebuah Art Space ( Galeri / Museum ), di kota Bandung. Namanya Selasar Sunaryo Art Space.
Menurut informasi yg ada, Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) adalah sebuah ruang dan organisasi nirlaba yang bertujuan mendukung pengembangan praktik dan pengkajian seni dan kebudayaan visual di Indonesia. Jadi bSSAS merupakan galeri seni yang terletak di bagian utara Bandung, Jawa Barat. Selasar Sunaryo dibangun oleh Sunaryo, seniman kontemporer sekaligus mantan dosen seni rupa Institut Teknologi Bandung dan diresmikan pada hari Sabtu, 5 September 1998.

Sebenarnya kita bisa masuk kedalam gedung Selasar Sunaryo Art Space tersebut, Gratis !!, hanya saja kita tidak di perkenankan menggunakan kamera apapun.
Oleh karena itu kami tidak dapat menampilkan foto atau video yg berada di dalam gedung Selasar Sunaryo Art Space tersebut. Tapi jangan khawatir, kami tetap meliput di area luar sekitar gedung yang masih dalam kompleks Selasar Sunaryo Art Space, yang ternyata banyak juga bangunan dengan arsitektur yang unik.

Sebelum kami membahas area luar gedung, Sedikit Gambaran dari kami tentang isi dalam gedung Selasar Sunaryo tersebut, yaitu didalamnya banyak karya yg Awalnya hanya menampilkan karya Sunaryo, namun kemudian memfasilitasi berbagai karya seniman lainnya, terutama dari seni kontemporer. Karya Sunaryo berfokus pada instalasi-instalasi multimedia sehingga mampu menampung gagasan yang sulit diungkapkan bila hanya melalui garis atau volume. Secara garis besar, karya-karya Sunaryo digolongkan dalam tiga wilayah pengungkapkan: sosial, religius, dan pengolahan bahan lokal. Disana terdapat berbagai puisi yg dicetak besar dalam wallpaper dinding-dinding di dalam gedung. Adapula karya yang menggunakan material dari batang pohon, batu, kaca, dan lainnya.

Dari sisi luar gedung, kita dapat melihat sebuah caffe Selasar Sunaryo, yang apabila kita jalan melewati caffe ini, dan menuju tangga lalu kebawah, kita dapat melihat sebuah bangunan unik tanpa atap, seperti tempat pertunjukan seni berbentuk hampir setengah lingkaran, dengan tempat duduk berunduk ke atas yang terbuat dari batu.

Selasar Sunaryo Art Space Bandung

Selain itu dibawah disediakan toko Souvenir, yang unik. Isinya berbagai macam souvenir seni kontemporer, ada pula buku dan sepatu.

Selasar Sunaryo Art Space Bandung

Jika kita terus menuruni tangga, maka kita akan melihat bangunan lumayan besar dan megah seperti panggung, yang menurut informasi biasanya ada pergelaran seni disana, bedanya, bangunan ini beratap, dan tersusun dari beberapa kayu kokoh yg membentuk bangunan, seperti rumah panggung di yogya joglo, atau mungkin seperti bangunan di bali. Walaupun menurut saya pribadi, ketika berada di dekat gedung ini, nuansa yg terasa memang seperti di Bali.

Selasar Sunaryo Art Space Bandung

Di sekitar bangunan bawah ini, juga terdapat beberapa tempat duduk berunduk terbuat dari batu. Tidak sampai disitu saja, beberapa pohon atau tumbuhan di area ini cukup bagus dan lumayan langka, setiap tumbuhan yg cukup unik akan di beri keterangan di depannya beserta nama latin-nya.

Selasar Sunaryo Art Space Bandung

Berikut ini merupakan Video Selasar Sunaryo Art Space Bandung :

Berikut Map Selasar Sunaryo Art Space Bandung :

Alamat: Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, 
Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198

Telepon: (022) 2507939

Jam buka: 
Senin	Tutup
Selasa	10.00–17.00
Rabu	10.00–17.00
Kamis	10.00–17.00
Jumat	10.00–17.00
Sabtu	10.00–17.00
Minggu	10.00–17.00

Provinsi: Jawa Barat

Website : selasarsunaryo.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.